PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA INSTAGRAM MUMS GARDEN
Dwi Nurcahyani(1*), Dona Fitria(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh content marketing yang terdiri dari reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factor terhadap customer engagement pada Instagram Mums Garden. Populasi penelitian ini adalah followers atau pengikut Instagram Mums Garden dengan jumlaha 1.464 pengikut. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang dikumpulkana melalaui kuesioner, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda. Pengaruh ini terlihat dari bentuk persamaan regresi yang dihasilkan dalam penelitian adalah Y = 5,875 + 0,569 X1
+ 0,256 X2 + 0,709 X3 + 0,719 X4 + 0,404 X5. Koefisien determinasi menunjukan bahwa content marketing berpengaruh terhadap customer engagement sebesar 81% sedangkan sisanya 19 dipengaruhi oleh faktor lain. Darai hasil uji F dan uji t membuktikan bahwa content marketing yang terdiri dari reader cognition, sharing motivation, persuasion, decision making, dan life factor secara silmutan dan parsial berpengaruh terhadap customer engagement pada Instagram Mums Garden.
Kata Kunci: Content Marketing; Customer Engagement.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arum Janir, D. N. 2012. Semarang University Press S t a t i s t i k d e s k r i p t i f & r e g r e s i l i n i e r b e r g a n d a d e n g a n s p s S. Beatty, Sharon, and Robert M Morgan. 2012. “Customer Engagement: Exploring Customer Relationships Beyond Purchase.” Article in The Journal of Marketing Theory and Practice. https://www.researchgate.net/publication/259217400. Brodie, Roderick J., Linda D. Hollebeek, Biljana Jurić, and Ana Ilić. 2011. “Customer Engagement: Conceptual Domain, Fundamental Propositions, and Implications for Research.” Journal of Service Research 14(3): 252–71. Chandra, Christine Natalia, and Wulan Purnama Sari. 2021. “Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Engagement (Studi Pada Akun Instagram LazadaID).” Prologia 5(1): 191. Chindy Mutia Annur. “Jumlah Pengguna Internet Di Indonesia.” We Are Social. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia- tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023#:~:text=Menurut laporan We Are Social,juta orang per Januari 2023. Claesson, Amanda et al. The Confusion of Content Marketing A Study to Clarify the Key Dimensions of Con-Tent Marketing The Confusion of Content Marketing, A Study to Clarify the Key Dimensions of Content Marketing Co-Examiner. Cooper, Donald, and Pamela Schindler. 2014. The Twelfth Edition of Business Research Methods Reflects a Thoughtful Revision of a Market Standard. www.mhhe.com. Ghozali Imam. 2018. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan).” Semarang, Universitas Diponegoro: 490. Jacob, Joseph K, and Madhav Bindal. 2018. “The Impact of Brand Post Strategy and Social Media Engagement on Customer Loyalty.” International Journal of Management Studies V(3(8)): 48. Karr, D. 2016. “How To Map Your Content To Unpredictable Customer Journeys. 18. San Francisco: Meltwater.” San Francisco: Meltwater. http://learn.meltwater.com/Rs/486-VOS157/Images/Mapping Content Marketing Ebook.Pdf. Kotler Philip, Kartajaya Hermawan, Iwan Setiawan. 2017. Marketing 4.0. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Limandono, Johan Ardi, Diah Dharmayanti, and M Si. PENGARUH CONTENT MARKETING DAN EVENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT DENGAN SOSIAL MEDIA MARKETING SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI PAKUWON CITY. Mums Garden. “Instagram Mums Garden.” https://www.instagram.com/mums_garden_cibubur/. Pulizzi, Joe. More Praise for Epic Content Marketing. Sugiyono. 2007. Statistika Untuk Penelitian. Sya’idah, Evi Husniati, and Tontowi Jauhari. 2022. “PENGARUH CONTENT MARKETING TERHADAP CUSTOMER ENGAGEMENT PADA TESTOEFL.ID.” Jurnal Ecoment Global 7(2).
DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v5i2.3144
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.