Strategi Manajemen Keuangan dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Omset Penjualan Produk



Bayu Malikul Askhar(1*), Tri Winarsih(2), Maulidza Nur Fauzi(3),

(1) ITB Ahmad Dahlan Lamongan
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Strategi dalam manajemen keuangan dan pemasaran digital sangatlah penting. Kajian ini akan membahas pentingnya integrasi antara strategi manajemen keuangan yang efektif dan pemasaran digital yang inovatif bagi UMKM, khususnya produk KF Skin di Kabupaten Lamongan. Dalam persaingan pasar yang semakin ketat dan pengaruh digital yang signifikan, UMKM perlu memahami dan menerapkan strategi yang terintegrasi untuk meningkatkan omset penjualan mereka. Manajemen keuangan yang akan membantu UMKM dalam pengelolaan arus kas, biaya pengendalian, dan perencanaan keuangan, sementara pemasaran digital memungkinkan UMKM untuk mencapai target pasar yang lebih luas dan memperkuat visibilitas merek mereka. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui wawancara mendalam dengan manajer UMKM KF Skin dan observasi langsung. Dengan menggabungkan kedua aspek ini secara holistik, UMKM dapat meningkatkan daya saing, menjangkau pasar yang lebih luas, dan memperluas omset penjualan produk kecantikan mereka.


Keywords


Digital Marketing, Financial Management, Sales Turnover, MSMEs

Full Text:

PDF

References


Arfan, N. N. (2019). Pengaruh digital marketing terhadap pendapatan pelaku usaha mikro kecil dan menengah di kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar. Asse, R. A. A. (2018). Strategi Pemasaran Online (Studi Kasus Facebook Marketing Warunk Bakso Mas Cingkrank Di Makassar). KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 219-231. Elena and Apavaloaie I, (2014), The Impact on the business enviroment,Elsivier Hapsoro, B. B., Palupiningdyah, P., & Slamet, A. (2019). Peran digital marketing sebagai upaya peningkatan omset penjualan bagi klaster UMKM di Kota Semarang. Jurnal Abdimas, 23(2), 117-120. Harjito, A., & Martono, M. K. (2011). Edisi Kedua. Cetakan Pertama, Penerbit EKONISIA, Yogyakarta. Kannan, P. K. (2017). Digital marketing: A framework, review and research agenda. International journal of research in marketing, 34(1), 22-45. Kurniawan, N. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan UMKM di Kabupaten Siak (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau). Musarofah, S., Askar, B. M., & Sya'adah, U. (2022). Kualitas Layanan, Nilai yang Diterima, dan Loyalitas Pelanggan: Kepuasan Pelanggan sebagai Mediator: Quality of Service, Perceived Value, and Customer Loyalty: Customer Satisfaction as a Mediator. Media Komunikasi Ilmu Ekonomi, 39(2), 51-62. Musthafa. 2017. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: CV. Andi Offset Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. Sartono, A. (2011). Manajemen keuangan, teori dan aplikasi. BPFE Yogyakarta Sholicha, N., & Oktafia, R. (2021). Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan UMKM Desa Sumber Kembar, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), 1156-1165. Sunardi, N., Lesmana, R., Kartono, K., & Rudy, R. (2020). Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam upaya peningkatan omset penjualan bagi UMKM Pasar Modern intermoda BSD City Kota Tangerang Selatan di tengah pandemi covid-19. Jurnal Abdi Masyarakat Humanis, 2(1), 20-27. Tias, R. S. (2020). Pengaruh Kualitas Lqayanan, Fasilitas dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Dapur Kopi By Lyly Lamongan (Doctoral dissertation, Untag 1945 Surabaya). Winarsih, T., Yaumi, S., Fauzi, M. N., & Askhar, B. M. (2023). Moderasi Kepemilikan Institusional Pada Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 7(2), 986-998. Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168-172. Zhu, Y. Q., & Chen, H. G. (2015). Social media and human need satisfaction: Implications for social media marketing. Business horizons, 58(3), 335-345.




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v5i1.2897

Article Metrics

Abstract Views : 347 | PDF Views : 253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats