EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL “INSTAGRAM” YANG DILAKUKAN OLEH UMKM REFIZA



Elisa Ayu Saffitri(1), Endah Widati(2*),

(1) Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial, Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(*) Corresponding Author

Abstract


Media sosial merupakan suatu interaksi sosial antara individu untuk berkomunikasi, berpartisipasi, mencari informasi, saling berbagi bertukar informasi dan membentuk hubungan atau jaringan secara online. Instagram merupakan salah satu media sosial yang berfokus pada penggunaan gambar dan video selain itu, cara menggunakannya juga cukup mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar, maka dari itu Instagram dapat menjadi solusi yang tepat sebagai media pemasaran. Sudah banyak pebisnis atau penjual yang menggunakan wadah Instagram untuk berjualan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna profil bisnis Instagram di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui efektif atau tidaknya komunikasi pemasaran melalui media sosial Instagram yang dilakukan oleh UMKM produk Pakaian Wanita “Toko Refiza”. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis triangulasi untuk menguji keabsahan data yang diperoleh dan matriks aktivitas kegiatan pemasaran yaitu bauran pemasaran melalui media sosial. Narasumber dari penelitian ini adalah pemilik usaha Toko Refiza. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah belum efektifnya media sosial Instagram Toko Refiza karena hasil menunjukkan bahwa kontribusi penjualan yang didapat dari pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran (promosi) hanya sebesar 17,1% dari total penjualan.

Keywords


Efektivitas, Komunikasi Pemasaran, Media Sosial, Instagram, Insight.

Full Text:

PDF

References


Adhanisa, C., & Fatchiya, A. (2017). Efektivitas website dan instagram sebagai sarana promosi kawasan wisata berbasis masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat, Vol 1 No.4, Hal 451-466. Atmoko Dwi, Bambang. (2012). Instagram Handbook. Jakarta: Media Kita. Bisnis.com. (6 Mei 2019). kemenperin.go.id. 14 Juli 2020, https://kemenperin.go. id/artikel/20641/industri-pakaian-jadi-catatkan-pertumbuhan-paling-tinggi Fauziah, R., Ratnamulyani, I. A. dkk (2018). Efektifitas Promosi Destinasi Wisata Rekreasi Gunung Pancar Melalui Postingan Instagram Media Sosial. Jurnal Komunikation, Vol 4 No.1, Hal 32-35. Khairani, Z., Soviyant, E., & Aznuriyandi, A. (2018). Efektivitas promosi melalui instagram pada umkm sektor makanan dan minuman di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita: Ekonomi Pembangunan, Manajemen Bisnis & Akuntansi, Vol 3(2), Hal 239-247. Kotler, P dan Keller, L. (2016). Marketing Management Global Edition, Fifth teen Edition England: Pearson Education Limited. Martinus, H., & Chaniago, F. (2017). Analysis of Branding Strategy through Instagram with Storytelling in Creating Brand Image on Proud Project. Humaniora, Vol 8(3), Hal 201-210. Miyata, N. S. (2019). Efektivitas Penggunaan Instagram sebagai Media Promosi Perpustakaan Universitas Kristen Petra. Agora, Vol 7(2), Hal 1-4. NapoleonCat. (2019, November). NapoleonCat.com. 5 April 2020, https://napoleoncat.com/stats/instagram-users-in-indonesia/2019/11 Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial . Bandung: CV. Pustaka Setia. Purbohastuti, Arum Wahyuni. (2017). "Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi." Tirtayasa Ekonomika Vol 12(2), Hal. 212-213. Sembiring, E. B. dkk. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Kampung Rempang Cate Melalui Pelatihan Pemasaran Digital untuk Produk Unggulan Pasir Panjang Jurnal Pemberdayaan Masyarakat (AbdiMas), Vol 1(2), Hal 104. Setyowati, D. (5 Maret 2019). katadata.co.id. 15 Juni 2020, https://katadata.co.id/berita/2019/03/05/instagram-klaim-70-pengguna-akun-bisnisnya-serap-tenaga-kerja Sindo, M. W. (2019). Web Sindo Group. 16 Juni 2020, https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/ Sterne, J. (2010). Sosial Media Metrics. United Stated: John Wiley&Sons, inc. Ulfa, Maria, dan Musadad Musadad. (2018) Efektifitas Instagram dalam mempromosikan penjualan kamar Batiqa Hotel Pekanbaru. Diss. Riau University,Vol 5(1), Hal 6. We Are Social, H. (Januari 2019). lokadata.beritagar.id .16 Juni 2020, lokadata.beritagar.id.https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/10-negara-dengan-pengguna-instagram-terbanyak-1555736663




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v3i1.1105

Article Metrics

Abstract Views : 1365 | PDF Views : 1712

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats