Dirandra

Journal Details

Journal Title
Abbreviation
DOI

ISSN Online
Editor-in-Chief
Managing Editor
Area of Interest





First Published
Frequency
Publisher

City
Country
Latitude
Longitude
Contact



Dirandra

drndra
Prefix 10.xxxxx by 

3032-3274
Dewi Indah Susanti, M.Pd.
Nicky Rosadi, S.S., M.Pd.
Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat
dalam bidang:
1. Pendidikan
2. Bahasa
3. Seni

Januari 2024 (On Going)
Biannual (Januari & Juli)
Pusat Studi Bahasa Indonesia (Pustubi) Universitas Indraprasta PGRI
Jakarta
Indonesia  
-6.2979
106.8502
pustubi.unindra.pgri@gmail.com

Journal Homepage Image


PETUNJUK UNTUK PENULIS

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan oleh penulis:

Abstrak


Abstrak memuat hal-hal penting yang berhubungan dengan artikel, meliputi tujuan kegiatan, metode pelaksanaan, mitra kegiatan, instrumen kegiatan, serta hasil kegiatan. Abstrak harus ditulis sejumlah 150-250 kata dan diberikan kata kunci minimal 3 dan maksimal 5.

Pendahuluan

Bagian pendahuluan utamanya memuat alasan dilakukan kegiatan yang ditunjang dengan kajian literatur (teoritik). Bagian pendahuluan diharapkan memuat sebanyak mungkin kutipan dari jurnal-jurnal ilmiah (diutamakan dari jurnal internasional bereputasi).

Metode

Bagian metode harus dapat menjelaskan metode kegiatan yang dilaksanakan, termasuk bagaimana prosedur pelaksanaannya. Alat, bahan, media atau instrumen kegiatan harus dijelaskan dengan baik.

Hasil dan Pembahasan

Hasil
Bagian ini menjelaskan hasil kegiatan secara rinci, termasuk menampilkan hasil-hasil perhitungan, hasil analisis kebutuhan, dan lain sebagainya. Hasil kegiatan ini juga dapat ditampilkan dalam bentuk tabel atau gambar, dengan ketentuan bahwa tabel atau gambar tidak boleh terlalu panjang, terlalu besar, dan terlalu banyak. Penulis sebaiknya menggunakan variasi dalam penyajian tabel atau gambar, serta setiap tabel atau gambar yang disajikan harus dirujuk (tidak ditulis ulang) dalam teks.

Pembahasan

Pembahasan hasil kegiatan merupakan bentuk kecendekiawanan penulis. Untuk itu penulis diharapkan dapat mengungkapkan secara rinci dan mendalam hal-hal yang menjadi temuan dalam kegiatannya. Dalam bagian ini, penulis harus merujuk pada hasil-hasil kegiatan/penelitian sebelumnya yang telah terbit dalam jurnal ilmiah.

Berikut adalah beberapa contoh penulisan rujukan dalam tubuh artikel. Penulisan dapat seperti ini (Hidayat, 2023), atau juga ada dua penulis maka ditulis seperti ini (Rosadi & Hidayat, 2020). Jika terdapat empat atau lebih penulis, maka ditulis seperti ini (Rosadi et al, 2019). Lalu, dapat juga ditulis nama di luar tanda kurung, seperti Hidayat (2023), menyesuaikan dengan pernyataan yang ditulis. Penulisan rujukan TIDAK PERLU mencantumkan halaman dari sumber rujukan yang dikutip. Perlu dicatat bahwa semua penyebutan nama adalah mengikuti nama belakang dari setiap penulis yang dikutip.

Bagian pembahasan diharapkan dapat memberikan sumbangan dan warna baru bagi pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya di bidang sesuai artikel yang ditulis. Untuk itu, penulis diharapkan dapat benar-benar memberikan perhatian khusus untuk memastikan bahwa pembahasan yang dituliskan merupakan bagian penting dari keseluruhan isi artikel, yang dapat meningkatkan kualitas keilmuan.

Penutup

Penutup merupakan simpulan dari hasil kegiatan yang telah dilaksanakan dan merupakan jawaban dari rumusan masalah. Simpulan diselaraskan dengan rumusan masalah dan tujuan kegiatan. Dalam hal simpulan lebih dari satu, maka dituliskan menggunakan penomoran angka dan bukan menggunakan bullet. Dalam bagian penutup ini juga dapat ditambahkan prospek pengembangan dari hasil kegiatan dan aplikasi lebih jauh yang menjadi prospek kegiatan berikutnya.

Daftar Pustaka

Semua referensi yang dikutip dalam tubuh artikel wajib dituliskan dalam bagian daftar pustaka dan ditulis dalam 1 spasi secara alfabet, serta menggunakan standar penulisan American Psycological Association (APA).

Note: Tidak perlu dipisahkan referensi berbentuk buku, jurnal, dan lain sebagainya.

Vol 1, No 1 (2024): SEMPURNA: Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI

Salah satu tridarma bakti seorang dosen adalah menjalankan tugas berupa Pengabdian kepada Masyarakat. Oleh sebab itu, Pusat Studi Bahasa Indonesia (Pustubi) Universitas Indraprasta PGRI memberikan wadah untuk Bapak-Ibu ikut serta dalam pembuatan artikel ilmiah dengan tema Tren Pengabdian Masyarakat Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Digital

Table of Contents

Articles

| Abstract Views: 31 | Naskah Lengkap Views: 19
Leora Grahadila Andovita, Asih Wahyuni
1-6
| Abstract Views: 47 | Naskah Lengkap Views: 58
Musringudin Musringudin, Yulian Dinihari
7-13
| Abstract Views: 17 | Naskah Lengkap Views: 23
Efrianto Efrianto, Afnita Afnita
14-20
| Abstract Views: 30 | Naskah Lengkap Views: 22
Erwan Setiawan, Dinni Nurfajrin, Elsa Komala, Amira Zakia Khoerunisa, Aas Amelia
21-28
| Abstract Views: 35 | Naskah Lengkap Views: 32
Istiqlaliah Nurul Hidayati, Poppy Sofia Hidayati, Abdul Hamid Aly
29-35
| Abstract Views: 63 | Naskah Lengkap Views: 43
Ida Nuraida, Syaehurodji Syaehurodji, Halimah Halimah
36-40