Hasil Strategi Pemasaran yang Diterapkan Oleh Usaha Mikro Waroeng Dialog Kopi
Endah Widati
(1*), Umi Utami
(2),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Indonesia
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Kopi merupakan salah satu minuman yang paling populer di dunia. Budaya minum kopi juga telah begitu kuat mengakar di Indonesia. Berbagai varian rasa kopi juga hadir baik klasik maupun yang sudah di modifikasi untuk memenuhi selera konsumen. Selama hampir 10 tahun terakhir, tren kedai kopi atau warung kopi mulai meningkat secara signifikan. Berbagai jenis kedai kopi atau warung kopi hadir baik merek yang sudah terafiliasi maupun merek baru, dengan mengusung berbagai konsep. Persaingan yang ketat memaksa pemilik kedai untuk dapat bersaing dan menentukan strategi pemasaran yang tepat bagi keberlangsungan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang dilakukan usaha mikro Waroeng Dialog Kopi sudah efektif dan efisien. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara yang dilakukan kepada pemilik kedai. Selain itu, data juga didapat dari dokumen yang dimiliki kedai. Berdasarkan hasil analisis lingkungan dengan menggunakan analisis SWOT menunjukan bahwa Waroeng Dialog Kopi berada pada kuadran I yang menerapkan strategi agresif pada matriks IFAS dan EFAS. Sedangkan berdasarkan matriks IE Waroeng Dialog Kopi berada pada sel IV yang menunjukan strategi yang digunakan merupakan strategi stabilitas. Adapun strategi bauran pemasaran yang digunakan, Waroeng Dialog Kopi menggunakan strategi diversivikasi produk, strategi penerapan harga untuk meraih pangsa pasar, Words-of-Mouth Marketing, menggunakan keterlibatan konsumen dalam proses pemilihan menu, menggunakan karyawan sebagai inti pelaksana aktivitas, tempat selektif, sedangkan untuk pengukuran produktivitas menggunakan front stage effort dan kualitas rasa ditentukan oleh si pemilik.
Keywords
strategi pemasaran; analisis swot; matriks IFAS & EFAS; analisis profiabiliastt
References
Booms, B., & Bitner, M. (1981). Marketing strategies and organizational structures for service firms. Marketing of Services, 47–51. Cravens, D., & Piercy, N. (2012). Strategic Marketing (10th ed.). New York: McGraw-Hil Educcation. Kotler, P., & Armstrong, G. (2017). Principles of Marketing, Global Edition (Vol. 17th). Pearson. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th global ed.). England: Pearson. Rangkuti, F. (2017). Teknik membedah kasus bisnis Analisis SWOT. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama. Said, I. (2017). Warung kopi dan gaya hidup modern. Jurnal Al-Khitabah, 3(3). Tjiptono, F., & Chandra, G. (2017). Pemasaran strategik. Yogyakarta: Andi (Edisi 2). Yogyakarta: Andi Offset. Wirtz, J., & Lovelock, C. (2016). Services marketing: People, technology. World Scientific Publishing Company.
DOI:
https://doi.org/10.30998/juuk.v2i2.837
Article Metrics
Abstract Views : 1278
|
PDF Views : 1061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats