The Effect of Affiliate Promotion on Shopee User Student Purchase Decisions in Banjarmasin



Raisa Radhiati(1*), Rima Wahyu Putri Utami(2), Difi Dahliana(3), Filjah Aqmarina Shofwa(4), Sir liyana(5),

(1) UIN Antasari Banjarmasin
(2) 
(3) 
(4) 
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Keberadaan e-commerce sebagai bagian dari perkembangan teknologi digital telah mengubah pola konsumsi masyarakat, salah satunya pada platform Shopee. Berbagai strategi pemasaran, termasuk Program Afiliasi Shopee, dilakukan untuk menarik minat konsumen dalam proses pengambilan keputusan, terlebih konsumen di kalangan mahasiswa Universitas Islam merupakan segmen yang unik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Afiliasi Shopee memengaruhi keputusan berbelanja mahasiswa Universitas Islam di Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai instrumen pada 97 mahasiswa. Kemudian, teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi sederhana. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan promosi melalui program afiliasi terhadap keputusan pembelian di kalangan mahasiswa Universitas Islam di Banjarmasin. Dengan demikian, para influencer ini memberikan dasar yang kuat untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif.


Keywords


Keywords : Affiliate Promotion, E-commerce, Purchase Decisions

Full Text:

PDF

References


Amelia, R., Hou, A., Budiman, I., Tambunan, D., & Novirsar, E. (2023). The Effect of Online Customer Reviews and Affiliate Marketing on Impulsive Buying of Products in the Shopee Marketplace. ProBisnis : Jurnal Manajemen, 14(4), Article 4. https://doi.org/10.62398/probis.v14i4.230 Aydin, N. (2018). Moral economic axioms, preference formation and welfare in Islamic economics and business. Asian Journal of Business Ethics, 7(1), 21–36. https://doi.org/10.1007/s13520-017-0077-7 Daga, R., & Indriakati, A. J. (2022). Religiosity, Social And Psychological Factors On Purchase Decisions And Consumer Loyalty. Jurnal Manajemen, 26(3), Article 3. https://doi.org/10.24912/jm.v26i3.941 Dahliana, D., Mahfuzah, A., Fahruddin, F., Noval, M., Rimayanti, R., Nurhafiyanisa, N., Aziza, H., & Khoiri, I. (2024). Social Media Influencer Sebagai Instrumen Promosi Program Studi Baru. JEMMA (Journal of Economic, Management and Accounting), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.35914/jemma.v7i1.2681 Erifiyanti, R., Pane, S. R. N., Trijayanti, A., & Kevin Favian Simanjuntak. (2023). Pengaruh Content Marketing Shopee Affiliate terhadap Minat Pembeli. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), Article 4. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/76 Fitria, F., Adisti, D. T., Dea, D., Gumelar, A., & Setiawan, A. (2024). Exploration of the Role of Tiktok Content: Influencer Strategy, Affiliate Marketing, and Online Customer Reviews in Influencing Generation Z Purchasing Decisions at Shopee. Athena: Journal of Social, Culture and Society, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.58905/athena.v2i2.287 Guo, J., Wang, X., & Wu, Y. (2020). Positive emotion bias: Role of emotional content from online customer reviews in purchase decisions. Journal of Retailing and Consumer Services, 52, 101891. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2019.101891 Indrasari, D. A., & Annisa, F. (2023). Shopee Affiliates: How is the Pattern of Using Hashtags on Twitter in Promoting Sales Products. Dalam A. Coman & S. Vasilache (Ed.), Social Computing and Social Media (hlm. 520–529). Springer Nature Switzerland. https://doi.org/10.1007/978-3-031-35915-6_37 Lee, S. Y., Son, Y., & Oh, W. (2021). Effectiveness of Integrated Offline-and-Online Promotions in Omnichannel Targeting: A Randomized Field Experiment. Journal of Management Information Systems, 38(2), 484–516. https://doi.org/10.1080/07421222.2021.1912935 Muna, F. N. (2019). Pengaruh Pembelian Online dan Pembelian Offline Terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada 3Second Yogyakarta) [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/16201 Nadia, R., & Dahliana, D. (2023). Implementation of Promotion Mix at PT. Prudential Sharia Life Assurance. Asian Journal of Islamic Economics and Business, 1(2), 1–11. Nur, M. A., & Dahliana, D. (2023). Pengaruh Customer Review Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Shopee Di Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), Article 2. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.7102 Sharma, P., & Khanchandani, L. (2021). Influencer Marketing: Concept and Approaches. Supardi, S., Yusril, M., Zamri, A. T., & Ak, U. A. (2021). Analisis Bauran Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Kampar. Menara Ilmu : Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah, 15(1), Article 1. Valerry, M. C., & Moeliono, N. N. K. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Bradermaker. eProceedings of Management, 8(5), Article 5. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/16113 Zak, S., & Hasprova, M. (2020). The role of influencers in the consumer decision-making process. SHS Web of Conferences, 74, 03014. https://doi.org/10.1051/shsconf/20207403014




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v6i1.3745

Article Metrics

Abstract Views : 1 | PDF Views : 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats