Strategi Tiktok Live Streaming dan Celebrity Endorser dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Produk Erigo



Ali Amran(1*), Egi Rahmadi(2), Sri W K Dewi(3),

(1) ARS University
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh live streaming dan celebrity endorser dalam keputusan pembelian produk Erigo pada aplikasi tiktok. Data dikumpulkan dengan melakukan survei menggunakan kuesioner kepada 100 pengguna tiktok yang berdomisili di Kota Bandung dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Alat analisis data menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan live streaming secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dan terdapat pengaruh positif secara simultan antara live streaming dan celebrity endorser terhadap keputusan pembelian. Manfaat penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis cara tepat untuk menerapkan strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan melalui live streaming dan celebrity endorser pada media sosial.


Keywords


Live Streaming, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Angela, F. (2023). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser Rachel Vennya Di Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo Di Kota Palembang. Aqilah, A., Kresnamurti Rivai, A. P., & Edo Suryawan Siregar, M. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi oleh Citra Merek: Studi Pada Konsumen Produk Fashion Di DKI Jakarta (Vol. 3, Issue 3). Cindy Mutia Annur. (2023). Survei KIC-Kominfo: Pengguna TikTok di Indonesia Meroket Tajam Semenjak Pandemi Covid-19. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/01/survei-kic-kominfo-pengguna-tiktok-di-indonesia-meroket-tajam-semenjak-pandemi-covid-19 Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132 Dwi Santy, R., Si, M., Mayasari Buhari, R., & others. (2018). Pengaruh Strategi Promosi Midnight Sale terhadap Keputusan Pembelian (Survey pada Mall-Mall Besar di Kota Bandung). Fahmi, M. N. (2018). Endorse dan Paid Promote Instagram Dalam Perspektif Hukum Islam. In Jurnal Hukum Islam. https://id.wikipedia.org/wiki/Instagram Farera, A., Diarya, G., & Raida, V. (2023). Pengaruh Live Streaming TikTok terhadap Kepercayaan Konsumen Produk JIMS Honey di Surabaya dan Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(2). Ginanjar Saputra, G. (2022). The Influence of Live Streaming Shopping on Purchase Decisions through Customer Engagement on Instagram Social Media. https://doi.org/10.33258/birci.v5i2.5049 Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Indriyani, T., & Herlina, R. (2021). Makna Interaksi Live Streaming bagi Host UpLive. Intan Nirmala Sari. (2023). Sejarah TikTok dari Aplikasi Negeri Panda hingga Mendunia - Profil Katadata.co.id. https://katadata.co.id/intannirmala/ekonopedia/6404f5c3ce775/sejarah-tiktok-dari-aplikasi-negeri-panda-hingga-mendunia Khairunnisa Luthan, A., Xenia, Z., & Putri, A. (2021). Fenomenologi Aplikasi TikTok bagi Usaha Online Marica Farms (Vol. 8, Issue 2). Lusyana, E. (2020). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Citra Merek terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Wardah pada Mahasiswi HPMM Cabang Maiwa di Makassar. 2. http://journal.unifa.ac.id/index.php/manor/index Nawarendra, Z. A. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Iklan Instagram Terhadap Minat Pembelian. https://ojs3.unpatti.ac.id/index.php/manis/ Nuraini Arifianti, N. A. (2019). Pengelolaan Media Sosial pada Usaha XYZ. Oscar, B., Mb, S., Hilman, M. M., & Megantara, C. (2020). Penelitian Mengenai Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Muslim Army. www.kompas.com Osman, I. E., Mustika, A., & Budiono, A. (2020). Purchase Decision: Was It Affected By Product Innovation?(Purchases In Sour Sally Gandaria City South Jakarta). TRJ Tourism Research Journal, 4(2), 150–159. Pratama Putra, D., Suprihartini, L., & Kurniawan, R. (2021). Celebrity Endorser, Online Customer Review, Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Marketplace Tokopedia. Prince Clement Addo, J. F. A. O. A., & Kulbo, N. B. (2021). Customer Engagement and Purchase Intention in Live-Streaming Digital Marketing Platforms. The Service Industries Journal, 41(11–12), 767–786. https://doi.org/10.1080/02642069.2021.1905798 Qin, C., Zeng, X., Liang, S., & Zhang, K. (2023). Do Live Streaming and Online Consumer Reviews Jointly Affect Purchase Intention? Sustainability (Switzerland), 15(8). https://doi.org/10.3390/su15086992 Rahmawan, G., Hidayat, R., & Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, P. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Pengguna Tokopedia. JURNAL MANAJEMEN, 12(2), 227–232. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/JURNALMANAJEMEN Rahmawati, D. A., Kustiyah, E., & Marwati, F. S. (2023). Keputusan Pembelian Ditinjau dari Celebrity Endorser, Desain, dan Kualitas Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Le Minerale (Studi Kasus Pada Mahasiswa Aktif Prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta). www.topbrand-award.com, Ramadhani, I., & Samofa Nadya, P. (2020). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Fesyen Muslim Hijup. Ratika Zahra. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop MayOutfit di Kota Bandung. In JURNAL LONTAR (Vol. 6). Risnawati, R., & Chamidah, N. (2022). Pengaruh Word of Mouth mengenai Live Streaming TikTok Shop terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2). Sampurno, N. V., Ciakrawinata, C. P., & Jokom, R. (2019). Pengaruh Karakteristik Selebriti Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Kesadaran Merek Hotel di Instagram. Jurnal Manajemen Perhotelan, 5(1), 36–44. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.36-44 Satrio Manggala Putra Sahrub. (2019). Pemaknaan fashion: Studi gaya hidup pada komunitas Indonesia Sneakers Team Surabaya The use of fashion: Study of lifestyle in the Indonesian Sneakers Team Surabaya community. Sopiyan, P. (2020). Pengaruh strategi harga dan visual merchandising terhadap keputusan pembelian online. Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen, 3(2), 193–205. Suarna, I. F. (2022). Purchase Decision pada Live Streaming Shopping Pengguna Media Sosial Tiktok di Bandung. Ekono Insentif, 16(2), 138–152. https://doi.org/10.36787/jei.v16i2.942 Suci, R. H. Y. (2023). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Muslim Lozy Hijab. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. Alfabeta, Bandung. Svart, A. (2018). The Use of Live Streaming in Marketing. https://www.scirp.org/%28S%28lz5mqp453edsnp55rrgjct55%29%29/reference/referencespapers.aspx?referenceid=2634362 Wa Ode Musmiarny Nilammadi. (2021). Hubungan Celebrity Endorsement Terhadap Keputusan Pembelian pada Shopee dan Tokopedia. Wang, Y., Lu, Z., Cao, P., Chu, J., Wang, H., & Wattenhofer, R. (2022). How Live Streaming Changes Shopping Decisions in E-commerce: A Study of Live Streaming Commerce. Computer Supported Cooperative Work: CSCW: An International Journal, 31(4), 701–729. https://doi.org/10.1007/s10606-022-09439-2




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v5i2.2913

Article Metrics

Abstract Views : 1554 | PDF Views : 88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats