Keputusan Pembelian pada MR. DIY Lumajang yang dipengaruhi Oleh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi



Nur Latifa Isnaini Putri(1*), Fahim Amanatullah(2), Tri Palupi Robustin(3),

(1) Institut Teknologi dan Bisnis Widya Gama Lumajang
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author

Abstract


MR. DIY yang ada di Lumajang berdiri sejak 2022. MR.DIY bersaing dengan ACE Hardware dan IKEA dalam pasar perabotan rumah tangga dan perkakas di Indonesia. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah melalui peningkatan kualitas produk, penentuan harga yang tepat, dan strategi promosi yang efektif. Penelitian ini akan mencoba menguji bagaimana masing-masing variable seperti kualitas produk, harga, dan promosi akan mempengaruhi keputusan pembelian di MR. DIY Lumajang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian yang bersifat kuantitatif dengan menggali hubungan assosiatif. Teknik analisis yang dipakai dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Teknik sampling yang digunakan ialah accidental sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di MR.DIY Lumajang, (2) harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di MR.DIY Lumajang, (3) promosi secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen di MR.DIY Lumajang.


Keywords


Harga, Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, MR. DIY, Promosi

Full Text:

PDF

References


Ariyani, A., Harnida, M., & Purboyo. (2023). Pengaruh Kualitas produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Tusuk Koffe Banjarmasin. Peran Strategi Pemasaran Sebagai Keunggulan Dalam Persaingan Nasional, 2023(Senasekon), 289–296. CEIC. (2023). Indonesia Pertumbuhan Penjualan Ritel. https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/retail-sales-growth D’Souza, C., Taghian, M., Apaolaza, V., Hartmann, P., Brouwer, A., & Chowdhury, B. (2022). Consumer Self-Confidence in Green Foods: An Investigation of the Role of Ecolabels Using the Theory of Planned Behavior and Market Segmentation. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 34(5), 457–487. https://doi.org/10.1080/08974438.2021.1901826 Das Guru, R. R., & Paulssen, M. (2020). Customers’ experienced product quality: scale development and validation. European Journal of Marketing, 54(4), 645–670. https://doi.org/10.1108/EJM-03-2018-0156 Investing.com. (2023). Mr. DIY Group M Bhd (MRDI). https://id.investing.com/equities/mr-d-i-y-group-m-bhd-financial-summary Korowa, E., Sumayku, S., & Asaloei, S. (2018). Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), 27–34. Kuncoro, H. A. D. P., & Kusumawati, N. (2021). a Study of Customer Preference, Customer Perceived Value, Sales Promotion, and Social Media Marketing Towards Purchase Decision of Sleeping Product in Generation Z. Advanced International Journal of Business, Entrepreneurship and SMEs, 3(9), 265–276. https://doi.org/10.35631/aijbes.39018 Ma’arif, A. ., & Budiarti, A. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DIMEDIASI CITRA MEREK DI MR. DIY. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 11(6). Mardiana, A. (2023). Perilaku Konsumen, Pengertian, Faktor Pengaruh, dan Pendekatannya. https://katadata.co.id/ekonopedia/istilah-ekonomi/6572cb436ee06/perilaku-konsumen-pengertian-faktor-pengaruh-dan-pendekatannya Marlius, D., & Putra, M. R. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Semen Padang Pada Pt. Sumber Niaga Interindo (Distributor). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2), 1085–1104. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.146 Mowen, J. C., & Minor, M. S. (2002). Perilaku Konsumen. Erlangga. Putri, N. L. I. (2023). Analisis Studi Perilaku Konsumen Keputusan Pembelian Skincare dalam Menentukan. YUME : Journal of Management, 6(3), 145–151. Robustin, T. P. (2021). Kontribusi Kualitas Layanan Ritel di Toko Basmalah Kasiyan Kecamatan Puger dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Relasi : Jurnal Ekonomi, 17(2), 373–398. https://doi.org/10.31967/relasi.v17i2.492 Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis (N. W.K. (ed.)). CV. ANDI. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan r&d. PT.alfabeta. Sumarsid, & Paryanti, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Grabfood (Studi Wilayah Kecamatan Setiabudi). Jurnal Ilmiah M-Progress, 12(1), 70–83. https://doi.org/10.35968/m-pu.v12i1.867 Tsvakirai, C. Z., & Mosikari, T. J. (2022). The Influence of Product Quality on Export Performance: Eco-Efficient Value in South African Peach and Nectarine Fresh Exports. Journal of International Food and Agribusiness Marketing, 34(4), 389–409. https://doi.org/10.1080/08974438.2021.1900017




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v4i1.2904

Article Metrics

Abstract Views : 331 | PDF Views : 331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats