EVALUASI STRATEGI PEMASARAN DALAM USAHA MIKRO SOTO MIE BOGOR



Novi Dianti(1*), Endah Widati(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) 
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif dan efisien strategi pemasaran yang telah dijalankan oleh pemilik usaha mikro Soto Mie Bogor. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluasi kualitatif. Setelah melakukan analisis dan evaluasi strategi pemasaran yang diterapkan pada usaha mikro soto mie bogor akhirnya dapat ditarik simpulan  bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh usaha mikro soto mie Bogor yang dimiliki oleh Pak Jaja di daerah Munjul belum efektif. Hal ini karena dari hasil perhitungan penjualan selama berdiri sejak tahun 2013 dan 2014 mengalami peningkatan, tetapi ditahun berikutnya yaitu 2015 sampai tahun 2018 hasil penjualan menunjukkan penurunan signifikan. Berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa harga yang ditetapkan tidak sesuai dengan total biaya setiap produk yang ditawarkan. Analisis VRIO dengan kinerja diatas normal yaitu sumber daya letak geografis dan sumber daya produk. Analisis PESTL yang menjadi peluang dilihat dari segi ekonomi dan sosial, sedangkan yang menjadi ancaman adalah legalitas.


Full Text:

PDF

References


Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Barney, J. B. (1991). Firm resources and sustained competitive advantage. Journal of Management, 17: 99-120.

Booms B. H. dan Bitner M. J. (1981). Marketing Strategies and Organizational Structures for Services Firms. Dalam J. Donnelly dan W. George (Eds), Marketing Services. Chicago. American Marketing Association

Creven, David W. and Piercy, Nigel F. (2013). Strategic Marketing. Tenth Edition. International Edition. New York. McGraw Hill Education

Elsandara, Y dan Yulianto, A.A. (2015). Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Usaha Kecil Menengah Berbasis Industri Kreatif Melalui ICT. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis, 2 (1) hlm.31-42.

Flick, U., Steinke, I. dan Kardoff, E.V. (2017). Buku Induk Penelitian Kualitatif: Paradigma, Teori, Metode, Prosedur, dan Praktik. Yogyakarta. Cantrik Pustaka.

Heriyoga, R. (2014). Analisis Strategi Pemasaran UMKM Menggunakan Pendekatan Kualitatif Fenomenologi dalam Era MEA. Prosiding Seminar Nasional Psikologi UMG, hlm 277-296.

Huberman, A. M dan Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. California. Sage Publications, Inc

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. 15th Ed. Global Edition. England. Pearson Education Limited

Lovelock, C.H dan Lauren K.W. (2002). Principles of Services Marketing and Management. USA. Prentice Hall International

PESTLEAnalysis.com (2018). What is PESTLE Analysis? A tool for business analysis. [online]. Diakses di http://pestleanalysis.com/whataispestleanalysis?atoolforbussinessanalysis Pada 14 Mei 2018 jam 5:41

Solihin, Ismail. (2012). Manajemen Strategik. Jakarta. Erlangga

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi empat. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2015). Pemasaran Strategik. Jakarta: CV Andi Offset.

Undang-undang Nomer 20 Tahun 2008 pasal 6 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Wibowo, D.H dan Sunarti. (2015) Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Asing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 29 (1) hlm 59-66

Wirtz, J. dan Lovelock, C. (2018). Essential of Services Marketing. 3rd Edition. England. Pearson Education Limited.




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v1i1.287

Article Metrics

Abstract Views : 2635 | PDF Views : 3341

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats