MODEL PLATFORM e-COMMERCE DALAM MENDUKUNG KESUKSESAN UMKM DI INDONESIA



tedy ardiansyah(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian mengenai kesuksesan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di Indonesia masih sangat jarang terutama yang menyangkut mengenai e-commerce terkhusus pada platform atau aplikasi, bukan itu saja, namun dukungan dan model bisnis dari UMKM menjadi bagian pokok dari kesuksesan UMKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Model platform e-commerce pemain digital bisnis dalam mendukung kesuksesan UMKM di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dimana pendekatan yang dilakukan melalui studi literatur yaitu penelitian yang mengkaji secara kritis pengetahuan, gagasan atau temuan serta memberikan kontribusi teoritis dan metodologis terhadap objek kajian. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk dari model yang tepat untuk kesuksesan UMKM di Indonesia melalui platform e-commerce dari berbagai pemain digital bisnis.


Full Text:

PDF

References


Bandur, A. (2016). Penelitian kualitatif Metodologi, Desain dan Teknik Analisis Data dengan Nvivo 11 plus. jakarta: Mitra Wacana Media.

Bungin B. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. jakarta: rajawali pers.

Deddy mulyana. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif (Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Imu Sosial lainnya). Bandung: PT Remaja Rosmadakarya,.

Elsi anismar et al. (2019). Platform Pemberdaya UMKM. SWA, 22–47.

Espitia et al. (2016). Systematic Literature Review of the Implementation of Knowledge Codification Process. In European Conference Knowledge Management (p. 1111). Passau: Academic Conferences International Limited.

Maksoud, S.S.A., & Youssef, M. A. (2003). Information and Communication Technology for Small and Medium Enterprises in Egypt (Case Study).Cairo: SME Development Unit Ministry if Foreign Trade Egypt.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. jakarta: Ghalia Indonesia.

Pramdia Arhando Julianto. (2020). Tahun 2020 Ditargetkan 80 Persen Produk UMKM Kuasai Pasar E-commerce. Retrieved from https://ekonomi.kompas.com/read/2017/10/02/220000826/tahun-2020-ditargetkan-80-persen-produk-umkm-kuasai-pasar-e-commerce.

Rainer, R.K.,& Cegielski, C. (2011). Introduction to Information Systems: Supporting and Transforming Business (3rded.). USA: John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: alfabeta.

Sutaryo. (2004). Pengaruh Karakteristik Inovasit terhadap Adopsi Teknologi Internet oleh UMKM. Journal Ekonomi Dan Keuangan, II(2), 290.

Widianto, S. (2019). Butuh Trik Jika UMKM Berdagang di Marketplace. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01319017/butuh-trik-jika-umkm-berdagang-di-marketplace




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v1i1.286

Article Metrics

Abstract Views : 4570 | PDF Views : 3982

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats