Pengaruh Higher Order Thinking Skill (HOTS) terhadap Minat Kewirausahaan Siswa SMA JAKARTA



Maryati Maryati(1*), Haliza Aulia(2), Wanda Amelia(3), Florist Mauristhie(4), Tedy Ardiansyah(5),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(5) 
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Higher Order Thinking Skills (HOTS) terhadap minat kewirausahaan siswa SMA Jakarta. Fokusnya adalah pada bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti analisis, sintesis, evaluasi, dan kreativitas mempengaruhi minat seseorang dalam memulai atau mengembangkan usaha. Metode penelitian ini menggunakan metode pendekatan eksperimen, sampel diambil dari populasi SMA Jakarta dengan jumlah sample sebanyak 60 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas (kelas kontrol dan kelas eksperimen).

 

Hasil penelitian menunjukan nilai rata – rata tersebut yaitu rata – rata kelompok kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kelas kontrol. Kelas Kontrol memiliki Median = 69,1, Modus = 69,5, dan Simpang baku = 115,15. Sedangkan kelompok eksperimen memiliki Median 67,16, Modus = 81.1, dan Simpangan baku = 88,53. Pengujian persyaratan analisis pada uji normalitas eksperimen menggunakan uji Liliefors diperoleh nilai tertinggi pada Lh = 0,160715 sedangkan nilai Lt = 0,161. Jelaslah bahwa Lh < Lt maka disimpulkan variabel penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Pada uji normalitas kontrol nilai Lh = 0,15659, sedangkan nilai Lt= 0,161. Jelaslah bahwa Lh > Lt maka disimpulkan variabel penelitian berasal dari populasi yang berdistribusi normal.

 

Kata kunci: HOTS, Fokus, Kewirausahaan, Kreativitas.

 

 

ABSTRACT

This research aims to determine the influence of Higher Order Thinking Skills (HOTS) on the entrepreneurial interest of Jakarta high school students. The focus is on how higher-level thinking skills such as analysis, synthesis, evaluation, and creativity influence a person's interest in starting or developing a business. This research method uses an experimental approach, samples were taken from the Jakarta high school population with a sample size of 60 students divided into 2 classes (control class and experimental class).

 

The results of the research show that the average value of the experimental class group is higher than that of the control class group. The Control Class has Median = 69.1, Mode = 69.5, and Standard Deviation = 115.15. Meanwhile, the experimental group had a Median of 67.16, Mode = 81.1, and Standard Deviation = 88.53. Testing the analytical requirements in the experimental normality test using the Liliefors test obtained the highest value at Lh = 0.160715 while the value for Lt = 0.161. It is clear that Lh < Lt, it can be concluded that the research variables come from a normally distributed population. In the control normality test, the Lh value = 0.15659, while the Lt value = 0.161. It is clear that Lh > Lt means it can be concluded that the research variables come from a normally distributed population.

 

Keywords: HOTS, Focus, Entrepreneurship, Creativity.


Keywords


HOTS, Focus, Entrepreneurship, Creativity.

Full Text:

PDF

References


Nila Maylani, Muhyani Attadib, 2020: Journal of Elementary Education, Vol. 4 (2), Desember Bagus Muhamad Jihad, 2019 Pengaruh Permainan Target Terhadap Kecerdasan Emosional Dalam Pembelajaran Penjas. Universitas Pendidikan Indonesia |ypi.isu.yrorisoper |perpustakaan.upi.edu Khoiriah Khoiriahm Tri Jalmo, Abdurrahman Abdurrahman, 2020 – 177, Implementasi Assessment fot Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Untuk Menumbuhkan Minat Baca. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6 (2) Esi Rosita1 , Wahyu Hidayat2 , Wiwin Yuliani3Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6 (2), 2020 - 177 Esi Rosita , Wahyu Hidayat & Wiwin Yuliani .Juli (2021) Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan. Henry J. Tamboto (2023), Perbandingan Hasil Belajar Matakuliah Kewirausahaan Menggunakan Model Pembelajaran Berorientasi HOTS Mahasiswa FEB Universitas Negeri Manado. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Muhammad Jufri, H.W. (2017). Internalisasi Jiwa Kewirausahaan pada anak. Jakarta: KENCANA Muhyani. (2019). Metodologi Penelitian. Bogor: UIKA PRESS. Nugroho, R. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Skirman. (2017). Jiwa Kewirausahaan dan nilai kewirausahaan meningkatkan kemandirian usaha melalui perilaku kewirausahaan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 123. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Evaluasi. Bandung: ALFABETA,CV. Vivi Setiya Anggraini, Tedy Ardiansyah, Vol 4, No 1 (2023) Pengaruh Pengembangan Karir dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT KNA. Jurnal Usaha Unidra. FRYDA AULIA WARDANI, Tedy Ardiansyah, Vol 4, No 1 (2023). Peran Kepuasan Kerja dan Faktor Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Bank MTP. Jurnal Usaha Unindra.




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v5i1.2817

Article Metrics

Abstract Views : 29 | PDF Views : 26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats