ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PROPERTI KHUSUSNYA BAGI PEGAWAI MILENIAL



Mohamad Burman Ardiansyah(1*), Tedy Ardiansyah(2),

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini dimaksudkan untuk menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian properti, khususnya di kalangan pegawai milenial. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi dampak variabel budaya, sosial, dan psikologi pada keputusan pembelian properti. Data primer dikumpulkan dari 35 responden melalui penyebaran kuesioner. Analisis deskriptif dilakukan untuk memahami karakteristik empat variabel utama: budaya, sosial, psikologi, dan keputusan pembelian. Hasilnya menunjukkan variasi yang signifikan dalam variabel-varibel tersebut. Uji t dilakukan untuk menilai dampak setiap variabel pada keputusan pembelian. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa budaya, sosial, dan psikologi memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian.

 

ABSTRACT

This research is intended to investigate the factors influencing consumer behavior in property purchases, especially among millennial employees. The main objective of this research is to evaluate the impact of cultural, social, and psychological variables on property purchasing decisions. Primary data was collected from 35 respondents through questionnaire distribution. Descriptive analysis was conducted to understand the characteristics of four main variables: culture, social, psychological, and purchasing decisions. The results indicate significant variations in these variables. A t-test was conducted to assess the impact of each variable on purchasing decisions. The findings of this research show that culture, social, and psychology have a significant partial impact on purchasing decisions.



Keywords


Budaya, Sosial, Psikologi dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Cakra, Gilang Paradis. 2015. Peranan Karakteristik Dan Psikologis Konsimen Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Pakaian Melalui Instagram. Jurnal E-Proceeding Of Management. ISSN:2355-9357.

Kurniawan, Cahya, et al. "Factors influencing housing purchase decisions of millennial generation in Indonesia." International Journal of Management 11.4 (2020).

Nugraha, Yhance Adi dan Asminah Rachmi. 2017. Pengaruh Faktor Sosial Dan Faktor Pribadi Terhadap keputusan Pembelian Sepatu Adidas (Studi Pada Mahasiswa Administrasi Niaga Politeknik Negeri Malang). Jurnal Aplikasi Bisnis Vol.3. ISSN:2407-3741.

Puspitarini, 2013.Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Dan Pribadi Terhadap Keputusan Mengambil Kredit PadaKp-RiBinaMandiri

Rahadi, Dedi Rianto, and Yosua Stevanus. "Persepsi Dan Pengambilan Keputusan Milenial Terhadap Instumen Investasi Masa Depan: Studi Literatur." INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia 3.2 (2020): 162-177.

Saraswati, Henny. "Kesadaran investasi generasi milenial di DKI Jakarta Indonesia." AKUNTABEL 19.2 (2022): 357-365.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Wijaya, Desy Delvina, and Njo Anastasia. "Pertimbangan Generasi Milenial Pada Kepemilikan Rumah Dan Kendala Finansial." Jurnal Manajemen Aset Dan Penilai 1.2 (2021).

Yerikho, Bobby, Jani Rahardjo, and Christiono Utomo. "PERAN PERILAKU SPEKULATIF DALAM MEMODERASI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN RUMAH GENERASI MILENIAL." Dimensi Utama Teknik Sipil 10.2 (2023): 285-300.




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v4i2.2520

Article Metrics

Abstract Views : 259 | PDF Views : 206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats