ANALISIS SWOT PADA UMKM SATE AYAM DAN SATE KAMBING MADURA CAK ABDUL



Alfiyan Syahrotus Sa'adah(1*), Rita Ningsih(2), Dellia Mila Vernia(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaplikasian analisis SWOT pada sebuah UMKM di bidang makanan, yaitu Sate Ayam dan Sate Kambing Madura Cak Abdul yang berlokasi di depan Stasiun Gongdangdia, Jakarta Pusat. Wawancara langsung dilakukan untuk mendapatkan informasi primer mengenai UMKM yang dimiliki oleh Pak Abdul yang sudah berdiri sejak 2012 silam. Dengan pengalaman berdagang belasan tahun, Pak Abdul banyak menemui rintangan dan halangan dalam menjalankan usahanya. Oleh karena itu, peneliti menganalisis bagaimana pemakaian analisis SWOT dalam strategi dagang yang dilakukan Pak Abdul selama menjalankan UMKMnya. Dengan menggunakan kajian literatur dan hasil wawancara langsung, besar harapan penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi lanjutan.


Full Text:

PDF

References


Andriani, F., Tasa, N. N., Nurhasanah, S., Oktaviani, S., & Putri, A. M. (2021). Penerapan Analisis Swot Terhadap Penentuan Strategi Pemasaran (Studi Kasus Seblak dan Baso Aci Wak Acan Pekanbaru). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 2904–2910.

David, F. R.. (2006). Strategic Management. Jakarta: Salemba Empat.

Dewi, C., Putra, R. A., Habibah, R. N., Luthfiyah, R. Z., Lalistya, S. A., Nafisa, S., & Ningsih, R. (2023). Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Usaha “Donatochi” Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm. JURNAL USAHA, 4(1), 39–45.

Fuadi, D. S., Akhyadi, A. S., & Saripah, I. (2021). Systematic Review: Strategi Pemberdayaan Pelaku UMKM Menuju Ekonomi Digital Melalui Aksi Sosial. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i1.37122.

Gerrits, M., Remetwa, K., Tomo Ardianto, Y., & Sisharini, N. (2018). Analisis Strategi Dan Sistem Informasi Manajemen dengan Menggunakan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT) Pada Kantor Pos Malang 65100. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(1), 38–45.

Merdekawati, E., Rosyanti, N., Kunci, K., Akuntansi, P., Pemasaran, S., & Keberhasilan, U. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan UMKM (Studi Kasus Pada Umkm di Kota Bogor). JIAFE (Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi), 5(2), 165–174. https://journal.unpak.ac.id/index.php/jiafe.

Noor, S. (2014). Penerapan Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Daihatsu Luxio di Malang (Studi Kasus Pada PT. Astra International Tbk.-Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA, 2, 102–209.

Sarfiah, S., Atmaja, H., & Verawati, D. (2019). UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa. Jurnal REP (Riset Ekonomi Pembangunan), 4(2), 1–189. https://doi.org/10.31002/rep.v4i2.1952.

Tamara, A. (2016). Implementasi Analisis Swot Dalam Strategi Produk Mandiri Tabungan Bisnis. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 4(3), 395–406.

Wiyono, H. D., Ardiansyah, T., Rasul, T. (2020). Kreativitas dan Inovasi dalam Berwirausaha. JURNAL USAHA, 1(2), 19-25.




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v5i1.2497

Article Metrics

Abstract Views : 117 | PDF Views : 382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats