Pengaruh Influencer, Media Sosial (TikTok dan Instagram) terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Bakso Putro Solo



Tania Nurul Salsabilah(1*), Tedy Ardiansyah(2),

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dampak dari influencer (X1), sosial media (TikTok dan Instagram) (X2) terhadap keputusan pembelian konsumen (Y) di Bakso Putro Solo. Studi ini mengaplikasikan pendekatan kuantitatif, dengan menghimpun informasi melalui metode kuesioner skala likert terhadap 97 responden. Teknik analisis data lainnya mencakup uji validitas dan reliabilitas, uji hipotesis, uji asumsi klasik, dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil pengujian hipotesis uji T juga menunjukkan bahwa kedua faktor independent memiliki dampak signifikan pada variabel dependen. Uji F mengungkapkan pengaruh bersama-sama variabel influencer dan variabel (Tiktok dan Instagram) sebagai media promosi terhadap keputusan pembelian. Dengan nilai R square sebesar 0,555, maka dua variabel independent yang dimasukkan dalam persamaan regresi menjelaskan 55,5% variasi dalam keputusan pembelian. Sementara itu, faktor-faktor di luar lingkup penelitian ini mempengaruhi 44,5% sisanya.


Keywords


Influencer, media sosial, keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Byrne, E., Kearney, J., & MacEvilly, C. (2017). The Role of Influencer Marketing and Social Influencers in Public Health. Proceedings of the Nutrition Society, 76(OCE3), E103. https://doi.org/10.1017/S0029665117001768 Cengiz, H. (2017). Effect of the need for popularity on purchase decision involvement and impulse-buying behavior concerning fashion clothing. Journal of Global Fashion Marketing, 8(2), 113–124. https://doi.org/10.1080/20932685.2016.1257358 Citra, T., Suryono, D., & Santoso, B. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Cetakan Continuous Form melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Percetakan Jadi Jaya Group, Semarang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 5(2), 1–12. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr Darma, B. (2021). STATISTIKA PENELITIAN MENGGUNAKAN SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linier Sederhana, Regresi Linier Berganda, Uji t, Uji F, R2). GUEPEDIA. Purnomo, R. A. (2017). Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS (P. C. Ambarwati, Ed.). WADE GROUP. Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. www.weforum.org Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). ANALISIS PENGARUH CONTENT MARKETING, INFLUENCER, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang). DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT, 11(1). http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr Sona, B. A. (2018). ANALISIS FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMILIH JASA PENDIDIKAN SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA). Manajemen Bisnis, 8(2). https://doi.org/10.22219/jmb.v8i2.7060 Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.). Alfabeta. We Are Social. (2023, October). DIGITAL 2023 OCTOBER GLOBAL STATSHOT REPORT. We Are Social. https://wearesocial.com/id/blog/2023/10/digital-2023-october-global-statshot-report/




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v4i2.2379

Article Metrics

Abstract Views : 1608 | PDF Views : 721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats