Analisis Pengaruh Kreativitas dan Inovasi Terhadap Kesuksesan Wirausaha di Indonesia



Selti Sephia(1*), Tedy Ardiansyah(2),

(1) Universitas Terbuka
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengetahui pengaruh kreativitasdan inovasi terhadap kesuksesan wirausaha di Indonesia agar dapat membantumengembangkan ide atau inovasi baru wirausahawan di Indonesia. Metode dalamPenelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan sumber data primer yangdiperoleh dari survei dengan menyebarkan kuisioner ke media sosial. Hasil dariPenelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar responden melakukan pertunjukanpositif terhadap peran kreativitas dan inovasi dalam kesuksesan wirausaha.Kreativitas dianggap sangat penting, tingkat kreativitas responden dalamberwirausaha cukup tinggi, dan penerapan inovasi sering dilakukan. Kontribusiinovasi terhadap kesuksesan wirausaha juga dianggap tinggi. Sebagian besarresponden menganggap diri mereka cukup sukses dalam berwirausaha.Responden dalam penelitian ini adalah wirausahawan yang ada di Indonesiadengan jumlah responden 34 orang. Penyedia wirausaha di Indonesia mampumembangun kreativitas dan inovasi yang lebih lagi, sehingga wirausahawan diIndonesia dapat mengembangkan usahanya untuk mencapai kesuksesan.

Keywords


Kreativitas, Inovasi, Kesuksesan Wirausaha.

Full Text:

PDF

References


Alkachvi, MD (2019). Pengaruh Kreativitas dan Inovasi produk terhadap Keberhasilan Usaha (Survei pada Pengusaha Sentra Sangkar Burung Sukahaji Bandung). Universitas Komputer Indonesia.


Ardiansyah, T. (2020). Kreativitas dan inovasi dalam berwirausaha. Jurnal Usaha, 1(2), 19–25.


Danny, FG, & Utama, L. (2020). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Kapasitas Inovasi terhadap Kesuksesan Proyek pada Bidang Fashion. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 2(3), 690–699.


Hidayat, T., & Nawawi, ZM (2022). Strategi Menumbuhkan Jiwa Kreatif dan Inovatif dalam Kewirausahaan. Literasi Penelitian Tindakan (ARL), 6(1), 62–69.


Jayusman, I., & Shavab, OAK (2020). Studi Deskriptif kuantitatif tentang aktivitas belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran edmodo dalam pembelajaran sejarah. Jurnal Artefak, 7(1).


Kalil, K., & Aenurohman, EA (2020). Dampak kreativitas dan inovasi produk terhadap kinerja UKM di kota Semarang. Jurnal Penelitian Humaniora, 21(1), 69–77.


Lai, A., & Widjaja, OH (2023). Pengaruh Pengetahuan Kewirausahaan, Kreativitas, dan Inovasi terhadap Keberhasilan UMKM Kedai Kopi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 5(3), 576–584.


Rohman, PS, & Kusnaendar, D. (2021). Membangun Usaha Kreatif dan Inovatif dalam Berwirausaha di Masa Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Akamigas Balongan. Jurnal Migasian, 5(1), 64–69.


Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.


Virdianasari, NMA (2021). Analisis Pengaruh Kreatif Dan Inovatif Di Dunia Bisnis Kewirausahaan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Niqosiya: Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 1(1), 37–47.


Safitri, SAYA, & Maryanti, E. (2022). Buku Ajar Kewirausahaan.




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v4i2.2357

Article Metrics

Abstract Views : 754 | PDF Views : 1008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats