ANALISIS PENGELOLAAN USAHA PRODUK KECANTIKAN PADA LADY BEAUTY HOUSE



Annisa Nada Nabilah(1), Burhanudin Burhanudin(2), Dona Fitria(3*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Lady Beauty House memulai, mengelola dan mempertahankan usahanya ditengah persaingan bisnis kosmentik, skin care dan body care di Indonesia Penelitan ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara serta studi dokumentasi untuk mengumpulkan datanya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis triangulasi dan analisis deskriptif. Hasil penelitia Manajemen pengelolaan usaha yang dilakukan oleh pemilik usaha Lady Beauty  House masih sangat sederhana dan juga belum memperhatikan praktik bisnis yang semestinya walaupun pemanfaatan internet sebagai aktivias digital marketing sudah dilakukan melalui media sosial dan juga platform marketspace seperti shopee. Hasil juga menunjukkan bahwa saat ini usaha Lady Beauty House rata-rata penjualan kotor naik sebesar 50% sedangkan rata-rata pendapatan bersih mencapai 38%


Keywords


SMEs, Beauty Product, Business Strategic

Full Text:

PDF

References


Izzul, A. (2022). 11 Produk Terlaris di Marketplace 2022. Retrieved April 19, 2023, from https://asiacommerce.id/11-produk-terlaris-di-marketplace-2022/ Karnadi, A. (2021). 8 Kategori Produk Paling Laris di Marketplace Tahun 2020. Retrieved April 19, 2023, from https://dataindonesia.id/internet/detail/8-kategori-produk-paling-laris-di-marketplace-tahun-2020 Kemp, S. (2020). Digital Report 2020: Global Overview Report. London. Retrieved from https://wearesocial.com/uk/blog/2020/01/digital-2020/ Kemp, S. (2021). Digital Report 2021: Global Overview Report. London. Retrieved from https://wearesocial.com/uk/blog/2021/01/digital-2021-uk/ Kemp, S. (2022). Digital Report 2022: Global Overview Report. London. Retrieved from https://wearesocial.com/uk/blog/2022/01/digital-2022/ Kemp, S. (2023). Digital Report 2023: Global Overview Report. London. Retrieved from https://wearesocial.com/uk/blog/2023/01/digital-2023/ Pahlevi, R. (2022). Ini Produk yang Paling Banyak Dibeli di E-Commerce. Retrieved April 19, 2023, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/03/ini-produk-yang-paling-banyak-dibeli-di-e-commerce Shalahuddin, I., Maulana, I., & Eriyani, T. (2018). Prinsip-prinsip dasar kewirausahaan. Deepublish. Widati, E. (2022). Peran Marketing Dalam Sustainability. In A. Sudirman (Ed.), Business Sustainability: Concept, Strategies and Implementation (p. 206). Jakarta: Media Sains Indonesia. Zhafira, A. N., & Muhiddin, A. H. (2022). Riset: Merek kecantikan lokal kuasai pasar e-dagang Indonesia. Retrieved April 19, 2023, from https://kaltim.antaranews.com/berita/157829/riset-merek-kecantikan-lokal-kuasai-pasar-e-dagang-indonesia




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v4i1.1847

Article Metrics

Abstract Views : 424 | PDF Views : 1043

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Web Analytics

View My Stats