STRATEGI BISNIS DENGAN PENDEKATAN BUSINESS MODEL CANVAS (BMC) DAN ANALISIS SWOT PADA WARUNG MAKAN BEBEK NANO-NANO
Ali Muktarom(1*), Dhio Rezky Budheci(2), Nuraini Habibah(3), Siti Dewi Afriliani(4), Pascal Hendrawan Wahyudi(5), Rita Ningsih(6), Agus Supandi(7),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(4) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(5) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(6) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(7) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini berfokus kepada Busines Model Canvas (BMC) dan Analisis SWOT. Strategi BMC memberikan banyak kemudahan dan kelebihan dalam menentukan strategi bisnis yang harus dilakukan dalam meningkatkan kesuksesan bisnis. Diantaranya memberikan semua kemudahan informasi yang diinginkan konsumen agar dapat diakses dengan lebih mudah, detail dan efektif. Sehingga dengan penerapan sistem ini akan sangat mempermudah dan lebih menguntungkan banyak pihak, baik pihak produsen maupun konsumen. Warung Makan Bebek Nano-Nano adalah bisnis yang berlokasi di Jl. Semanan Raya RT 10, RW 08, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Dengan penawaran produk kuliner makanan berbasis bebek dan demi meningkatkan keutungan usaha serta kepuasan konsumen. Metode yang digunakan adalah analisis SWOT yang disusun berdasarkan informasi yang diperoleh dari hasil wawancara Busines Model Canvas bisnis Warung Bebek Nano-Nano dalam melayani dan memberikan kepuasan kepada konsumen penikmat makanan berbasis olahan utama dari bahan Bebek. Serta memberikan kemudahan bagi produsen dalam menentukan strategi-strategi pemasaran yang lebih mudah, efektif dan efisien.
Kata Kunci : Busines Model Canvas , Analisis SWOT, Warung Bebek Nano-Nano.
Full Text:
PDFReferences
Bismala, Lila. (2016). Model Manajemen Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Efektivitas Usaha Kecil Menengah. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship Volume 5 Nomor 1 Maret. Sitio, Vera Sylvia Saragi. (2017). Strategi Bisnis Model Canvas dengan Pendekatan Business Model Canvas (Studi Kasus di Industri Kecil dan Menengah/IKM Bir Pletok Bu Lina di Kelurahan Ciracas, Jakarta Timur). Journal of Economics dan Business Aseanomics (JEBA) Volume 2 Nomor 1 Januari-Juni. Warnaningtyas, Hartirini. (2020). Desain Bisnis Model Canvas (BMC) Pada Usaha Batik Kota Madiun. Jurnal Manajemen, Ilmu Ekonomi Kreatif dan Bisnis Volume 9 Nomor 2 September. Boedianto, Laurentia Priska dan Dhyah Harjanti. (2015). Strategi Pengembangan Bisnis pada Depot Selaris dengan Pendekatan Business Model Canvas. AGORA Volume 3 Nomor 2. Mahdi, Ammar Fathin dan Lukman Mohammad Baga. (2018). Business Model Canvas Perusahaan Pengolah Rumput Laut. Forum Agribisnis Volume 8 Nomor 1, 1-16.
DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1558
Article Metrics
Abstract Views : 1294 | PDF Views : 3644Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.