Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Bisnis Busana Muslim Merk Zoya Di Rawamangun Jakarta
ida Hendarsih(1*), Diana Tambunan(2),
(1) Universitas Bina Sarana Informatika
(2) Universitas Bina Sarana Informatika
(*) Corresponding Author
Abstract
ABSTRAK
Fashion baju muslim wanita sekarang ini sedang mengalami perkembangan sangat baik karena wanita Indonesia mayoritas beragama Islam. Banyak peluang melakukan usaha bisnis dibidang busana muslim. Karenanya banyak berdiri bisnis atau usaha dibidang pakaian muslim, salah satunya PT. Shafco Multi Trading yang mendirikan usaha waralaba produk busana muslim dengan nama Zoya. Riset ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian pada bisnis busana muslim zoya di Rawamangun Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah para pengunjung Outlet Zoya bisnis busana muslim di Rawamangun dengan sampel sebanyak 100 orang responden. Data-data dikumpulkan pada penelitian menggunakan kuesioner dibagikan kepada para responden menggunakan teknik insidental sampling. Hasil penelitian dari data menunjukan bahwa tingkat brand awareness merek Zoya berada pada tingkat kedua top of mind dan termasuk kedalam kategori tinggi dan keputusan pembelian bisnis busana muslim di Outlet Zoya berada pada posisi tinggi. Berdasarkan data hasil pengujian regresi sederhana menunjukan brand awareness mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian busana muslim di Outlet Zoya sebesar 75,9%. Berdasarkan perhitungan statistic dari koefisien determinasi variabel brand awareness mampu mempengaruhi keputusan pembelian terhadap bisnis penjualan busana muslim merek Zoya sebesar 57,4 %.
Kata kunci : Brand Awareness, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Aaker. (2018). Manajemen ekuitas merek. Mitra Utama.
Andry, W. (2019). Brand Zoya-Shafira Optimistis Penjualan Digital Naik Lima Kali Lipat. Https://Infobrand.Id/. https://infobrand.id/brand-zoya-shafira-optimistis-penjualan-digital-naik-lima-kali-lipat.phtml
Astuti, N. L. G. S. D., Widhyadanta, I. G. D. S. A., & Sari, R. J. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Lazada Terhadap Keputusan Pembelian Online. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 897. https://doi.org/10.24843/eeb.2021.v10.i10.p07
Durianto, D. Sugiarto & Sitinjak, T. (2017). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. PT Gramedia Pustaka Utama.
Morrison. (2015). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu (4th ed.). Prenada Media Group.
P Kotler, & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran (12th, Jilid ed.). PT. Indeks.
Pratiwi, Y. (2020). Teknologi Antivirus dalam Koleksi Busana Muslim Zoya Terbaru. Tempo.Co. https://cantik.tempo.co/read/1358757/teknologi-antivirus-dalam-koleksi-busana-muslim-zoya-terbaru
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Tariq, M., & Abbas, T. (2017). EWOM and brand awareness impact on consumer purchase intention: Mediating role of brand image. Pakistan Administrative Review, 1 ,No.1., 84–102. https://nbn-resolving.org/ urn:nbn:de:0168-ssoar-51876-8
Top Brand Indonesia. (2022). Top Brand Indonesia. Top Brand Awward. https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=zoya
DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1361
Article Metrics
Abstract Views : 850 | PDF Views : 1021Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.