PENGARUH PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHOPEE FOOD DI JAKARTA SELATAN



Intan Puji Astuti(1), Vella Anggresta(2*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap  keputusan pembelian pada Shopee Food. Populasi penelitian ini adalah masyarakat di wilayah Jakarta Selatan yang menggunakan aplikasi Shopee Food. Jumlah responden yang peneliti ambil sebanyak 110 responden dengan menggunakan Teknik  purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di sebar secara online maupun secara langsung. Hasil penelitian koefesien korelasi  sederhana sebesar 0,668 menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Shopee Food . Koefesien determinasi sebesar 0,447 yang artinya 44,70% variabel promosi mempengaruhi keputusan pembelian sedangkan sisanya 55,30% adalah kontribusi faktor lainnya. Hasil yang diperoleh dari pengujian hipotesis yang menunjukan nilai t hitung > t tabel (9,340 > 1,982) dan nilai signifikannya 0,00 < 0,05 yang menyatakan adanya pengaruh signifikan antara promosi terhadap keputusan pembelian konsumen  pada Shopee Food di daerah Jakarta Selatan.

 


Keywords


Promosi, Keputusan Pembelian, Shopee Food

Full Text:

PDF

References


Ardianti, A. N., & Widiartanto, M. A. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee . Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 1–11.

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Qiara Media, 336.

Hariyanti, D. (2021). Survei KIC: Ada Tiga Layanan Digital yang Semakin Banyak Dipakai Gen Z. Www. Katadata.Co.Id.

Ichwanda Ayu Hamida, & Amron. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Menggunakan Layanan Pesan-Antar Shopee Food (Studi Pada Pengguna Shopee Food Di Kota Semarang). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 01(Maret), 33–42.

Irwansyah, R., Listya, K., Setiorini, A., Hanika, I. M., Hasan, M., Utomo, K. P., Bairizki, A., Lestari, A. S., Rahayu, D. W. S., Butarbutar, M., Nupus, H., Hasbi, I., Elvera, & Triwardhani, D. (2021). Perilaku Konsumen. In Widina.

Izella, V., & Remista, S. (2021). Pengaruh Promo Shopeefood Terhadap Minat Beli Pengguna Shopee (Di Daerah Tangerang Selatan). Fakultas Ekonomi Universitas Advent Indonesia, 46–58.

Kusumawardhani, S. (2022). Survei Persepsi & Perilaku Konsumsi Online Food Delivery (OFD) di Indonesia 15.

Liputan6.com. (2022). Transaksi E-Commerce Indonesia Rp 108,54 Triliun di Kuartal I-2022.

Mujiyana, & Elissa, I. (2013). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian via internet pada toko online. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma, VIII(3), 143–152.

Putra, E. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Sosial Media Dan Review Produk Pada Marketplace Shopee Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa STIE Pasaman ). Jurnal Apresiasi Ekonomi, 8(3), 467–474.

Tulangow, S. G., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia Di Kota Manado. Jurnal Administrasi Bisnis, 9(3), 35.

Widiastuti, H., & Widowati, S. Y. (2014). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian (Studi Kasus Pada Mie Jakarta 69, Jl. MT. Haryono No. 914B, Semarang). Fokus Ekonomi, 9(1), 1–10.

Yoeliastuti, Y., Darlin, E., & Sugiyanto, E. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Aplikasi Penjualan Online Shopee. Jurnal Lentera Bisnis, 10(2), 212.




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v3i2.1230

Article Metrics

Abstract Views : 2739 | PDF Views : 2516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats