MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN BAKSO ACI MAS JAY BANDUNG MELALUI SOCIAL MEDIA MARKETING DAN BRAND AWARENESS



Ani Solihat(1*), Alghani Maulana(2), Andry Trijumansyah(3), Ridwan Ridwan(4), Djunarto Djunarto(5),

(1) Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
(2) Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
(3) Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
(4) Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
(5) Universitas Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap minat beli konsumen pada Bakso Aci Mas Jay. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey dengan mengambil objek penelitian 100 responden. Kesuksesan marketing melewati social media yang semakin berkembang akhir-akhir ini membuktikan dalam pentingnya kehadiran social media dalam proses marketing yang membuat konsumen menjadi lebih mudah serta dimanjakan dalam bentuk apapun. Di Indonesia sendiri, proses marketing pada social media menggambarkan suatu perkembangan yang pesat dikarenakan mudah, serta terjangkau dan akan menghemat dalam segi biaya dan waktu bagis semua kalangan. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu menganalisis tentang pengaruh social media marketing dan brand awareness terhadap minat beli konsumen bakso aci mas jay baik secara silmultan maupun secara parsial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian yaitu masyarakat kota bandung yang mengetahui bakso aci mas jay sedangkan sampelnya menggunakan teknik non probabilitas sampling. Data dikumpulkan dengan perangkat kuesioner, menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel social media marketing dan brand awareness berpengaruh signifikan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap minat beli konsumen bakso aci mas jay bandung. Variabel yang dominan memengaruhi minat beli konsumen Bakso Aci Mas Jay adalah variabel brand awareness.


Keywords


Social Media Marketing, Brand Awareness, Minat Beli Konsumen

Full Text:

PDF

References


Ani Solihat. (2019). Analisis Kepercayaan dan Kualitas Situs pada Minat Beli Produk E-Commerce Bukalapak. Business Inovation & Enterpreunership Journal. Dahmiri. (2020). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Brand Equity terhadap Minat Beli. Kinerja, 17(2), 194–201. Indika, D. R., & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(01), 25–32.https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296 Mustolih, P. R. (2018). Hubungan Antara Kualitas Produk Dengan Minat Beli Produk Bloods Industries Yogyakarta Pada Pengunjung Kawasan Distro Demangan Baru. Journal of Chemical Information and Modeling, 2006, 16–40. http://eprints.mercubuana- yogya.ac.id/3022/ Ronoprasetyo, T. (2018). PENGARUH WORD OF MOUTH DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ( Studi Kasus Pada Bjong Ngopi Di Sleman ) UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA TAHUN 2018. Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1). Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITAS DAN R&D. ALFABETA, CV. Wasil, M. (2018). Pengaruh Brand Awareness, Brand Association, dan Percieved Quality. Forum Ekonomi, 19(2), 137. https://doi.org/10.29264/jfor.v19i2.2120 Widjaja, Y. R. (2020). THE ROLE OF SOCIAL MEDIA MARKETING AND WORD OF MOUTH IN BUILDING BRAND AWARENESS AT BROWNIES VANNISA. Jurnal Ilmiah Manajemen, vol.8.




DOI: https://doi.org/10.30998/juuk.v3i1.1031

Article Metrics

Abstract Views : 1001 | PDF Views : 1375

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Web Analytics

View My Stats