Efektivitas Story Telling dalam Upaya Peningkatan Keterampilan Simak Peserta Didik AUD



Indah Kunaah(1*),

(1) Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
(*) Corresponding Author

Abstract


AbstrakPenelitian ini mengeksplorasi metode bercerita efektif dalam upaya peningkatkan menyimak anak-anak usia dini, yang meliputi aspek perkembangan fisik, mental, dan intelektual. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis tinjauan pustaka, penulis menganalisis data sekunder dari jurnal-jurnal yang relevan. Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan efektivitas metode bercerita, menekankan inti utama artikel, serta mengidentifikasi perbedaan di antara berbagai artikel yang tersedia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa metode bercerita mampu meningkatkan keterampilan mendengarkan, meskipun masih ada anak-anak yang belum sepenuhnya menguasainya. Oleh sebab itu, perlu penerapan metode lain yang super efektif dalam proses belajar 

Keywords


Anak Usia Dini; Keterampilan Menyimak; Efektivitas; Metode Bercerita

References


Aini, I. Q., Nasution, F., & Sitorus, A. S. (2024). Penerapan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun di TK Pembina Pegasing, Kec. Pegasing, Kab. Aceh Tengah. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 5(4), 136-146.

Annisa, A., Musi, M. A., & Amal, A. (2022). Dampak Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Pop-Up Book terhadap Keterampilan Menyimak Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Mentari, Kabupaten Takalar. Al Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 001-012.

Aziz, A. S., Najimah, N., Yusran, Y., & Islamadina, R. (2024). Perancangan Media Pembelajaran Materi Matriks Berbasis Animasi Interaktif Dengan Metode MDLC. J-SIGN (Journal of Informatics, Information System, and Artificial Intelligence), 2(1), 11-24.

Azminah, S. N., Purbandari, M., & Citrasukmawati, A. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita pada Anak. Jambura Early Childhood Education Journal, 5(2), 319-328.

Febriani, E. S., Arobiah, D., Apriyani, A., Ramdhani, E., & Millah, A. S. (2023). Analisis data dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 140-153.

Juhadi, M., Hidayat, A., & Rianti, W. (2024). Pengaruh Manajemen Dan Etika Kerja Kepala Sekolah Terhadap Profesionalisme Guru. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(8), 3984-3992.

Lestari, S. I., & Lubis, Z. (2024). Penerapan Metode Bercerita untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak Usia 5-6 Tahun. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 203-214.

Muslihin, H. Y., Loita, A., & Nurjanah, D. S. (2022). Instrumen penelitian tindakan kelas untuk peningkatan motorik halus anak. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 99-106.

Nainggolan, N. V., Dewi, F., & Wulandari, H. (2023, February). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Video Interaktif Terhadap Keterampilan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun. In Prosiding Seminar Nasional PGPAUD UPI Kampus Purwakarta (Vol. 2, No. 1, pp. 156-160).

Pramestiani, V., & Nirmala, I. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Boneka Tangan. Jurnal Syntax Admiration, 5(5), 1490-1496.

Rahayu, R. A., Ratmiati, R., & Andriyani, Y. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Boneka Tangan di Taman Kanak Kanak. Jurnal Pendidikan Terintegrasi, 3(2).

Rezekina, M. (2024). Efektivitas metode bercerita melalui ritatoon terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun tk it permata sunnah banda aceh (Doctoral dissertation, Universitas Bina Bangsa Getsempena).

Rosalia, R., Wigati, I., & Putri, Y. F. (2023). Pengaruh Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Citra Bangsa Desa Kedaton Timur. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(2), 2845-2853.

Widasari, M., & Cahyati, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Buhuts Al Athfal: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(1), 103-117.

Wildawati, W., Saodi, S., & Rusmayadi, R. (2022). Dampak Metode Bercerita dengan Media Animasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Anak. Wisdom: Jurnal PAUD, 3(1), 43-60.




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v3i1.4010

Article Metrics

Abstract Views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2025 Indah Kunaah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Office:
Lembaga Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (LRPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

 --------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0)


Nitisara Statecounter