Penerapan Hukum Adat sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Budaya dan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Fadlliyah



Yulian Dinihari(1*), Ajeng Radyati(2), Nur Rizkiyah(3),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip-prinsip hukum adat dalam meningkatkan literasi budaya dan karakter santri di Pondok Pesantren Al-Fadlliyah Tasikmalaya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan santri dan pengajar serta observasi terhadap interaksi dan kebiasaan di lingkungan pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai hukum adat, seperti penghormatan kepada guru (duduk sebelum berbicara, berjalan mundur setelah berbicara, dan mencium tangan), diterapkan secara konsisten dalam kehidupan sehari-hari santri. Penerapan nilai-nilai ini tidak hanya memperkuat karakter disiplin, sopan santun, dan rasa hormat, tetapi juga berkontribusi pada pengembangan literasi budaya santri, yang mencakup pemahaman dan penghargaan terhadap nilai-nilai budaya lokal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi prinsip-prinsip hukum adat dalam kehidupan pesantren memiliki peran penting dalam membentuk karakter santri yang bermoral, serta meningkatkan literasi budaya mereka sebagai bagian dari pendidikan karakter yang berbasis pada kearifan lokal.

Keywords


hukum adat; literasi budaya; pendidikan karakter; pondok pesantren; kearifan lokal

References


Alfadhil, D. M., Anugrah, A., & Alfidhin Hasbar, M. H. (2021). Budaya Westernisasi Terhadap Masyarakat. Jurnal Sosial-Politika, 2(2). https://doi.org/10.54144/jsp.v2i2.37

Arifin, Z., & Turmudi, M. (2019). Character of Education in Pesantren Perspective: Study Of Various Methods of Educational Character at Pesantren In Indonesia. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(2).

Ferihana, F., & Rahmatullah, A. S. (2023). Pembentukan Adab Santri Berbasis Keteladanan Guru di Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(5). https://doi.org/10.35931/aq.v17i5.2689

J, J. (2019). Menjaga Eksistensi Budaya Lokal Dengan Pendekatan Komunikasi Lintas Budaya. Sadar Wisat: Jurnal Pariwisata, 2(1). https://doi.org/10.32528/sw.v2i1.1825

Manshuruddin, M., Tumiran, T., & Yunan, M. (2021). Application Values of Character Education in the Modern Pesantren System and Culture (Study at Pondok Pesantren Modern Ar-Raudlatul Hasanah Medan). International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 8(12). https://doi.org/10.18415/ijmmu.v8i12.3241

Morudu, N. L., & Maimela, C. (2021). The indigenisation of customary law: Creating an indigenous legal pluralism within the South African dispensation: possible or not? De Jure, 54. https://doi.org/10.17159/2225-7160/2021/v54a4

Setyawan, M. A. (2019). UU Pesantren: Local Genius dan Intervensi Negara terhadap Pesantren. MANAGERIA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1). https://doi.org/10.14421/manageria.2019.41-02

Tobing, H. F. L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Kemampuan Matematik Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Stoikiometri. digilib.unimed.ac.id. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/26874

Toomey, L. T. (2010). A Delicate Balance: Building Complementary Customary and State Legal Systems. The Law and Development Review, 3(1). https://doi.org/10.2202/1943-3867.1084

Ulumuddin, A., & Wismanto, A. (2014). Bahan ajar Bahasa Indonesia ranah sosial budaya bagi penutur asing (BIPA). In Sasindo. journal.upgris.ac.id. http://journal.upgris.ac.id/index.php/sasindo/article/viewFile/917/836

Yuliatin, Y., Haslan, M. M., & Sawaludin, S. (2023). Customary Law as The Basis of Character Education (Study on Indigenous Peoples in Bayan Village, North Lombok). Journal of Nonformal Education, 9(1). https://doi.org/10.15294/jne.v9i1.42720




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v2i2.3672

Article Metrics

Abstract Views : 19 | PDF Views : 12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Yulian Dinihari, Ajeng Radyati, Nur Rizkiyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Office:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

 --------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Nitisara Statecounter