Analisis Semiotik Buku Cerita Bergambar “Sagu Pertama Maria”: Peranan Anak dalam Budaya Lokal Papua



Chykita Gebby Nabella(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Peranan anak dalam kehidupan bermasyarakat merupakan bagian dari tujuan pembelajaran aplikatif. Pembelajaran aplikatif adalah kegiatan belajar yang menuntut anak untuk melakukan pembelajaran secara langsung. Pembelajaran aplikatif dianggap penting karena dapat menjadikan anak lebih berkontribusi aktif di masyarakat dan dapat membantu memperbaiki karakter generasi muda. Salah satu metode pembelajarannya dapat menggunakan buku cerita bergambar. Buku cerita bergambar adalah jenis buku yang menggabungkan teks dan ilustrasi untuk menyampaikan sebuah cerita. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis semiotik terhadap buku cerita bergambar “Sagu Pertama Maria,” yang mengeksplorasi representasi dan penggambaran peran anak dalam budaya lokal Papua, Indonesia. Kajian ini akan menggali berbagai elemen simbolik dan naratif yang terdapat dalam buku ini, mengkaji bagaimana kontribusinya terhadap pemahaman dan pelestarian praktik budaya tradisional Papua, Indonesia,  khususnya yang melibatkan anak-anak. Pentingnya penelitian ini terletak pada potensinya untuk menjelaskan bagaimana anak-anak diposisikan dan dihargai dalam lanskap budaya Papua, sebuah wilayah yang terkenal dengan tradisi adatnya yang kaya dan beragam. Dengan menganalisis elemen visual dan tekstual dari buku cerita, studi ini akan menjelaskan bagaimana narasi dan ilustrasi menyampaikan nilai dan hak yang melekat pada anak-anak dalam komunitas lokal, serta bagaimana partisipasi mereka terbentuk dan dibentuk oleh praktik budaya. Melalui lensa teoritis semiotika, peneliti akan menyelidiki makna simbolik dan asosiasi budaya yang tertanam dalam narasi, karakter, dan gambaran visual buku cerita, dengan tujuan mengungkap narasi budaya yang mendasari dan implikasinya terhadap pemahaman Papua, Indonesia.

Keywords


semiotik; buku cerita bergambar; peranan anak; budaya lokal

References


Adipta, H., Maryaeni, dan Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Sebagai Sumber Bacaan Siswa SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, vol. 1, no. 5, pp. 989-992.

Afnida, M., Fakhriah, dan Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar dalam Pengembangan Bahasa Anak pada TK A di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 52-59.

Anisah, N., Sartika, M., dan Kurniawan, H. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Literasi Kesehatan pada Mahasiswa. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi Islam, vol. 4, no. 2, pp. 94-107.

Batumenyan. (16 November 2023). Menjaga Kearifan Lokal: Peran Generasi Muda dalam Melestarikan Budaya.

Chaer, A. Rasyad, dan Sirulhaq, A. (2022). Ontologi Huruf Nun Menuju Titik Semiotik. Paradigma Jurnal Kajian Budaya, vol. 12, no. 2, pp. 195-212.

Maureen, Y., van der Meij, H., dan de Jong, T. (2020). Enhancing Storytelling Activities to Support Early (Digital) Literacy Development in Early Childhood Education. International Journal of Early Childhood, vol. 52, no. 1, pp. 55-76.

Mawardani, M., Rapi, dan Anshari. (2021) Penanda dan Petanda dalam Cerita Anak ‘Kisah Samariona’ Karya Dahri Dahlan dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Sastra Indonesia pada Sekolah Dasar. Wahana Literasi: Journal of Language Literature and Linguistic, vol. 1, no. 1, pp. 1-15.

Munthe, A.P., & Halim, D. (2019). Pendidikan Karakter bagi Anak Usia Dini Melalui Buku Cerita Bergambar. Satya Widya, vol. 35, no. 2, pp. 98-111.

Safitri, M., dan Laksono, K. (2021) Pengembangan Buku Berjenjang Teks Eksplanasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa SMP. Bapala, vol. 8, no. 3, pp. 21-30.

Suwandari, K. (Desember, 2020). Peran Keluarga dalam Penanaman Nilai-nilai Budaya Lokal. Kompasiana. 19 Desember 2020.

Tanti, S., dan Khaerunnisa. (2022). Penanda dan Petanda pada Cerpen Anak ‘Ke Hutan’ Karya Yosep Rustandi Pendekatan Semiotik Ferdinand de Saussure. Metamorfosis Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, vol. 15, no. 1, pp. 19-25.




DOI: https://doi.org/10.30998/ntsr.v2i2.3510

Article Metrics

Abstract Views : 29 | PDF Views : 23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2024 Chykita Gebby Nabella

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Office:
Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. 

 --------------------------------------

Nitisara is licensed under Creative Commons - Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International (CC BY-NC-SA 4.0)


Nitisara Statecounter