Cover Image

Pemeriksaan Jamur Aspergillus Sp. dengan Metode Semai pada Sambal Terasi Kemasan dan Sambal Terasi Ulek



Dinda Nila Pratiwi(1*), Deby Rezy Riana(2), Tri Rushandayani(3), Reizky Juliadhi(4),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(4) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Sambal merupakan makanan penyedap atau kondimen yang sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Jenis sambal juga sangat beragam, salah satunya adalah sambal terasi yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat. Sambal terasi merupakan jenis sambal yang dibuat dengan bahan tambahan terasi, yang berasal dari hasil fermentasi. Sambal terasi ini juga semakin berkembang dan sudah banyak diproduksi untuk bisa langsung dikonsumsi.  Apabila disimpan dalam waktu yang cukup lama di dalam kulkas, sambal terasi kemasan dan sambal terasi ulek juga bisa terkontaminasi oleh jamur Aspergillus flavus, yaitu jamur yang biasanya mengontaminasi makanan selama proses penyimpanan. Pengamatan secara mikroskopis dan makroskopis terhadap terasi yang sudah melalui proses penyimpanan menunjukkan adanya kontaminasi jamur Aspergillus flavus dengan persentase sebesar 66,67% (2 medium PDA), dibandingkan dengan kontrol (1 medium PDA) yang  tidak terkontaminasi jamur Aspergillus flavus dengan persentase sebesar 33,33%.


Keywords


Jamur Aspergillus sp; Sambal Terasi; Medium PDA

Full Text:

PDF

References


Agnis, F. R., & Wantini, S. (2017). Gambaran Jamur Aspergillus flavus pada Bumbu Pecel instan dalam Kemasan Tanpa merek yang dijual di Pasar Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran. Jurnal Analis Kesehatan, 4(2): 456-460.

Wantini, S., & Octavia, A. (2018). Perbandingan pertumbuhan jamur Aspergillus flavus pada media PDA (Potato Dextrose Agar) dan media alternatif dari singkong (Manihot esculenta Crantz). Jurnal Analis Kesehatan, 6(2): 625-631.

Sampelalan, G. (2018). Identifikasi Jamur Aspergillus sp. Pada Terasi Dengan Penambahan Ekstrak Buah Naga Merah (Hylocereus polyrhizus) Sebagai Pewarna Alami (Studi pada Produksi Terasi Rumahan di Desa Pakong Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan Madura) (Doctoral dissertation, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang).

Nuraini, S. (2018). Identifikasi Jamur Aspergillus sp. Pada Sambal Pecel Yang Disimpan Di Kulkas Pada Hari Ke-7 (Doctoral dissertation, STIKES Insan Cendekia Medika Jombang).




DOI: https://doi.org/10.30998/jpmbio-sains.v3i1.2375

Article Metrics

Abstract Views : 182 | PDF Views : 144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains (JPMBio-Sains) managed by Biology Education Department, FMIPA
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Raya Tengah  No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, 13760 <p\div> 
Published by
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Jl. Nangka No. 58 C, Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, 12530

 

Creative Commons License

Jurnal Pengabdian Masyarakat Biologi dan Sains is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

   

Web Analytics Made Easy - Statcounter

View My Stats