Pembelajaran fisika tentang “sumber energi terbarukan” berbantuan prototipe konverter sistem reduksi ganda untuk meningkatkan hasil belajar siswa



Hamidun Hamidun(1), Muhammad Satriawan(2*), Muhammad Subhan(3),

(1) STKIP Bima
(2) STKIP Bima
(3) STKIP Bima
(*) Corresponding Author

Abstract


Keterbatasan peralatan laboratorium dan alat bantu ajar sebagai media pembelajaran fisika dan pemahaman konsep membutuhkan penerapan pembelajaran yang efektif terhadap bahan sumber energi dengan bantuan alat peraga untuk mengembangkan prototipe pembangkit listrik tenaga gelombang laut (PLTGL) dengan sistem reduksi ganda yang dapat membantu siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memotivasi antusiasme siswa untuk belajar dengan bantuan prototipe alat bantu mengajar sebagai media pembelajaran yang kreatif, inovatif, menyenangkan dan berlaku. Materi sumber energi terbarukan dengan model pembelajaran dan pembelajaran kontekstual (CTL). Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimental, yang dilakukan di salah satu SMA di Kota Bima kelas XII MIPA untuk tahun akademik 2021/2022 dengan 50 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan dokumentasi dan pertanyaan tentang penggunaan teknik uji statistik parametrik t-test varians yang disurvei. Hasil yang diperoleh adapun perbandingan data kelas eksperimen dengan kelas kontrol adalah nilai rata-rata 91,46 : 67,73, varians 46,36 : 117,34 dan tingkat signifikan P (T< = t< = t) satu pihak = 1,406 x 10 - 12 : P (T< = t) dua pihak = 2,812 x 10 -12. Pemahaman siswa sangat baik setelah menggunakan alat peraga pengembangan prototipe, sehingga berdampak pada hasil belajar.

Keywords


Prototype, Contextual teaching and learning (CTL), Quasi-eksperimental

Full Text:

PDF

References


Aminulloh, A. M., & Widodo, W. (2018). Keefektifan Alat Peraga Bunyi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02).

Arifin, Z. (2017). Mengembangkan instrumen pengukur critical thinking skills siswa pada pembelajaran matematika abad 21. Jurnal Theorems, 1(2), 301758.

Huda, C., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2017). Analisis Buku Ajar Termodinamika dengan Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguatan Kompetensi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).

Mufidah, I., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Development of Learning Media for Video Audio-Visual Stop Motion Based on Contextual Teaching and Learning in Science Learning Water Cycle Material. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 449-462.

Munir, A., Lubis, M. R., & Ginting, R. L. (2019). Design and development of interactive learning media based on contextual teaching learning (CTL) in the subject of Evaluation and Supervision of Guidance and Counseling. Journal of Community Research and Service, 3(1), 1-4.

Nafisah, D., Sulhadi, S., & Yulianti, D. (2018). Pembelajaran fisika berbantuan alat peraga proyektor smartphone untuk meningkatkan pemahaman konsep optik pada siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 74-80.

Nurvitasari, S. (2019). Pengembangan Alat Peraga Viskositas Sebagai Media Pembelajaran Fisika Dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Di Sma. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2).

Sarwinda, K., Rohaeti, E., & Fatharani, M. (2020). The development of audio-visual media with contextual teaching learning approach to improve learning motivation and critical thinking skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 98-114.

Satriawan, M., Liliasari, S., & Setiawan, W. (2019, February). Wave energy concept mastery relate on creative thinking skills of the pre-service physics teachers in environmental physics lectures. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032044). IOP Publishing.

Singgih Hutomo Aji, S. (2018). Pengembangan Media belajar mandiri berbasis aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fisika kelas XI SMA N 1 Purwokerto. E-Journal Pendidikan Fisika, 7(1), 29-37.

Sugiyono, P. D. (2006). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta, 21.

Wijayanto, T. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media Planetary Orbit Simulator. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3).




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v4i1.773

Article Metrics

Abstract Views : 912 | PDF Views : 396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 hamidun midun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License