Pembelajaran fisika tentang “sumber energi terbarukan” berbantuan prototipe konverter sistem reduksi ganda untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Hamidun Hamidun(1), Muhammad Satriawan(2*), Muhammad Subhan(3),
(1) STKIP Bima
(2) STKIP Bima
(3) STKIP Bima
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminulloh, A. M., & Widodo, W. (2018). Keefektifan Alat Peraga Bunyi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Siswa. PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS, 6(02).
Arifin, Z. (2017). Mengembangkan instrumen pengukur critical thinking skills siswa pada pembelajaran matematika abad 21. Jurnal Theorems, 1(2), 301758.
Huda, C., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2017). Analisis Buku Ajar Termodinamika dengan Konsep Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) untuk Penguatan Kompetensi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 8(1).
Mufidah, I., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Development of Learning Media for Video Audio-Visual Stop Motion Based on Contextual Teaching and Learning in Science Learning Water Cycle Material. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(3), 449-462.
Munir, A., Lubis, M. R., & Ginting, R. L. (2019). Design and development of interactive learning media based on contextual teaching learning (CTL) in the subject of Evaluation and Supervision of Guidance and Counseling. Journal of Community Research and Service, 3(1), 1-4.
Nafisah, D., Sulhadi, S., & Yulianti, D. (2018). Pembelajaran fisika berbantuan alat peraga proyektor smartphone untuk meningkatkan pemahaman konsep optik pada siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(1), 74-80.
Nurvitasari, S. (2019). Pengembangan Alat Peraga Viskositas Sebagai Media Pembelajaran Fisika Dengan Model Pembelajaran Guided Discovery Di Sma. Inovasi Pendidikan Fisika, 8(2).
Sarwinda, K., Rohaeti, E., & Fatharani, M. (2020). The development of audio-visual media with contextual teaching learning approach to improve learning motivation and critical thinking skills. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 2(2), 98-114.
Satriawan, M., Liliasari, S., & Setiawan, W. (2019, February). Wave energy concept mastery relate on creative thinking skills of the pre-service physics teachers in environmental physics lectures. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1157, No. 3, p. 032044). IOP Publishing.
Singgih Hutomo Aji, S. (2018). Pengembangan Media belajar mandiri berbasis aplikasi WhatsApp untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Fisika kelas XI SMA N 1 Purwokerto. E-Journal Pendidikan Fisika, 7(1), 29-37.
Sugiyono, P. D. (2006). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta, 21.
Wijayanto, T. A. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Menggunakan Media Planetary Orbit Simulator. Inovasi Pendidikan Fisika, 5(3).
DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v4i1.773
Article Metrics
Abstract Views : 912 | PDF Views : 396Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 hamidun midun
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|