Pemanfaatan canva design sebagai media pembelajaran mata kuliah fisika listrik statis
Siwi Puji Astuti(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Fisika merupakan materi yang mengajarkan berbagai pengetahuan tentang alam. Fisika memerlukan pemahaman daya nalar dan analisa dalam setiap permasalahan yang berkaitan dengan alam. Maka dari itu diperlukan suatu media pembelajaran yang benar-benar cocok untuk pembelajaran fisika listrik statis yang dilakukan secara daring. Salah satu media pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran menggunakan Canva Design. Materi yang akan dibuat video pembelajaran menggunakan Canva Design adalah materi listrik statis.
Kata kunci: Fisika, Media pembelajaran, Canva Design
Full Text:
PDFReferences
Astuti, I. A. D., Dewati, M., Okyranida, I. Y., & Sumarni, R. A. (2019). Pengembangan media smart powerpoint berbasis animasi dalam pembelajaran fisika. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 1(1), 12-17.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117.
Fauzi, L. A., Inzani, D. A., AR, S. A., Syukur, M., Rahmat, M., Sofyan, M., & Halisa, N. (2021). Webinar Pelatihan Media Pembelajaran di Masa Covid 19. Journal of Lepa-Lepa Open, 1(1), 143-151.
Fitrian, A., & Noor, I. (2020). Pengembangan Model Miniatur Kereta Magnetic Levitation Sebagai Media Pembelajaran Fisika Pada Materi Gaya Magnetik. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 2(2), 90-97.
Parwatiningtyas, Diyan., dkk. (2018). Fisika Dasar. Jakarta: Unindra press.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo UNPAM, 8(2), 79-96.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317-327.
Rahmayanti, D., & Jaya, P. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Canva dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 8(4), 107-113.
Siahaan, S. M., Sudirman, S., Ariska, M., Desti, M. A., & Sari, M. (2020). Analisis Pendampingan Pembelajaran Inspiratif Secara Online Melalui Media Presentasi Canva Untuk Guru-Guru Mgmp Fisika Kab. Musi Rawas. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 29-36.
Subhan, S., & Kurniadi, D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Komputer Dan Jaringan Dasar. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(1), 74-80.
Sumarni, R. A., Bhakti, Y. B., Astuti, I. A. D., Sulisworo, D., & Toifur, M. (2020). Analisis Kebutuhan Guru SMP Mengenai Metode Pembelajaran Flipped Classroom. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(2), 236-242.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(2), 79-85.
DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v3i1.563
Article Metrics
Abstract Views : 2401 | PDF Views : 1534Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Siwi Puji Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|