Perspektif Bronowski Terhadap Relevansi Filsafat Ilmu dalam Mendesain Media Pembelajaran Fisika



Ria Asep Sumarni(1*), Winanda Amilia(2), Suyitno Muslim(3), Wisnu Djatmiko(4),

(1) Universitas Negeri Jakarta
(2) Universitas Negeri Jakarta
(3) Universitas Negeri Jakarta
(4) Universitas Negeri Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi di Era Revolusi 4.0 dan Society 5.0 telah mengubah sistem pembelajaran dari manual menjadi digital, dengan banyaknya pilihan media pembelajaran fisika yang tersedia, yang seringkali membingungkan pelajar dalam menentukan media terbaik untuk digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi relevansi filsafat ilmu, khususnya pandangan Jacob Bronowski, dalam mendesain media pembelajaran fisika. Dengan pendekatan holistik, penelitian ini menekankan pentingnya integrasi antara aspek teknis dan pengembangan pemikiran kritis siswa. Melalui analisis bibliometrik dan visualisasi konsep, penelitian ini mengidentifikasi tren dalam penggunaan media pembelajaran fisika, termasuk teknologi interaktif seperti simulasi dan augmented reality. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dirancang dengan mempertimbangkan nilai-nilai kemanusiaan dan etika dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep fisika dan relevansinya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan media pembelajaran yang lebih efektif dan bermakna. 


Keywords


media pembelajaran fisika; filsafat ilmu; Jacob Bronowski, The Ascent of Man

Full Text:

PDF

References


Affandi, M. R., & Widyawati, M. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika/article/view/2910 Andari, R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika. https://journal.ummat.ac.id/index.php/orbita/article/view/2069 Astuti, S. P. (2021). Pemanfaatan Canva Design Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Fisika Listrik Statis. Navigation Physics: Journal of Physics Education. https://journal.unindra.ac.id/index.php/jpeu/article/view/563 Bronowski, J. (2011). The Ascent of Man. Random House. Dasmo, D., & Lestari, A. P. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. SINASIS (Seminar Nasional Sains). https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/3979 Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android. Information Management For Educators And Professionals :Journal of Information Management, 5(1), 15. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411 Indini, D. P., Mesran, M., & Triayudi, A. (2023). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan dalam Penentuan Alat Bantu Media Pembelajaran Fisika Terbaik Menggunakan Metode PSI. Journal of Computer. http://ejurnal.seminar-id.com/index.php/josyc/article/view/3466 Rahma, A. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Virtual Lab Phet Sebagai Media Pembelajaran Fisika Terhadap Hasil Belajar Siswa. Pedagogy: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://ejournal.upm.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/808 Rahmawati, A. S., & Dewi, R. P. (2019). Penggunaan Multimedia Interaktif (MMI) Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(1), 50–58. Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/103 Taufik, M., & Doyan, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Google Sites Untuk Meningkatkan Kemampuan Penguasaan Konsep Dan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. http://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/743




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v6i2.3489

Article Metrics

Abstract Views : 11 | PDF Views : 20

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Ria Asep Sumarni, Winanda Amilia, Suyitno Muslim, Wisnu Djatmiko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License