Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 85 Jakarta
Purwono Subagiyadi(1), Yoga Budi Bhakti(2*), Neng Nenden Mulyaningsih(3),
(1) SMA Negeri 85 Jakarta
(2) - Scopus ID: 57208630882 - Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, Muhamad. Dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Anjani, Yullida Ferry. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Karthwohl Pada Peserta Didik kelas XI Bilingual Class System MAN 2 Kudus Pada Pokok Bahasan Program Linier. UIN Walisongo Semarang: 2017) skripsi
Arantika, Jane. Dkk. (2014). Pengaruh inkuiri Berbentuk Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Koloid di SMA.jurnal.untan.ac.id
Ardi, Bahrudin. (2013). Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 5 Mayong Lor Kabupaten Jepara. https://lib.unnes.ac.id/18238/1/1402908125
Budiyono. (2018).”Pengantar Penilaian Hasil Belajar”. Solo: UNS Press
Burhanudin, Afif. (2014). Teori Belajar. https://afidburhanuddin.wordpress.com
Chusni, Mainan, M. Dkk. (2016). Penerapan Pendekatan Inquiry Terbimbing dengan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Ojs.fkip.ummetro.ac.id
Dewati, Maria. (2012). Pengaruh Metode Belajar dan Tingkat Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA. www.nekti.cm/publication/234937/
Duwi. (2011). Uji Homogenitas. 27 November 2011. Duwiconsultant,blogspot.com
Dwiradyan, Bagus. (2014). Kerucut Pengalaman Belajar. Wordpress.com
Febriana, Maghfira dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. http://e-journal.unipma.ac.id
Gantini, Pipit. (2017). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Esensi
Hanifah, Nani dkk. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir soal, dan Reliabilitas Tes. https//.journal.lppm unindra.ac.id
Imelda. dkk. (2013). Pengembangan Perangkat pembelajaran IPA Fisika Melalui Model Pembelajaran Inquiry dengan metode pictorial riddle. https://ppjp.ulm.ac.id
Jihad dan Abdul, H .(2010). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.
Kamajaya, Ketut. (2016). Aktif dan Kreatif Belajar Fisika. Bandung: Grafindo Media Pratama.
Kuswiandi, Wendy. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Belajar. 4 Maret 2019. whendikz.blogspot.com/2013/10/.
Mulyana, Aina. (2015). Mengenal Berbagai Jenis Teori Belajar. 4 Maret 2019. https://ainamulyana.blogspot.com
Mundilarto. (2010).”Penilaian Hasil Belajar Fisika”. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Instruksional Sains.
Nurhasanah, Siti. Dkk (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. ejournal.upi.edu/index.php/jpmamper/articel/32412338 journal
Nurpratiwi, Rahma Tisa. Dkk. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture Dengan Media Audio Visual Pda Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS@ SMA Negeri 1 Bantar Kawung. https://media.neliti.com/media/publication/55632
Prihantini, Effiyati. dkk. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal Formatis.
Pujianto, Agus. Dkk. (2017). Pembelajaran Inkuiri Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPS.Journal.fkip.unila.ac.id
Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasai pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Roida. Dkk. (2012). Metode Pembelajaran Inkuiri dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar. journal.lppm unindra.ac.id.
Rusyan, Tabrani. H.A. (2012). Membangun Guru Berkualitas. Jakarta: PT. Pustaka Dinamika.
Sanjaya, W (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sugiarti, E. dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Metode Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Ilmiah Siswa SMP. http://journalunnes.ac.id.
Sugiyono (2010). “Statistik Untuk Penelitian”. Bandung: Alfa Beta.
Sumiyarsih, Nur, A. (2017)’ Tiga Jenis Teori Belajar. 6 Maret 2019, https://nursbio.wordpress.com.
Supardi U.S. 2011. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.
Supardi U.S. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication
Susanto, Hadi. (2017).Teori Belajar. 5 Maret 2019. https://bagawan abiyasa.wordpress.com.
Susilawati. Dkk. (2015), Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Metode Pictorial Riddle dengan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VIII SMPN 19 Palu. journal untad.ac.id.
Suyatno. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.
Tabrani. (2017). Empat Pilar Pendidikan Sepanjang Hayat. 20 Februari 2019. www.tabraniza.com.
Thohir, Anas. (2018). Kesulitan Belajar dan Cara Mengatasinya. Jakarta: Media Press.
Wibowo, Dwi Cahyadi. (2013). Taksonomi Anderson. 24 Februari 2013. dwicahyadiwibowo.blogspot.com.
Winataputra, Udin. S. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, repository ut.ac.id/4035/1/MK DK 4004-M1.pdf.
Yunita. Dkk. (2016). Perbedaan Hasil Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Inquiry dan Model Pembelajaran dengan metode Pictorial Riddle Bagi Siswa SMPN I Guning Sari Tahun Ajaran 2015/2016. jurnal. fkip.unram.ac.id.
DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i1.306
Article Metrics
Abstract Views : 766 | PDF Views : 417Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Purwono Subagiyadi, Yoga Budi Bhakti, Neng Nenden Mulyaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|