Pengaruh Metode Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Sekolah Menengah Atas Negeri 85 Jakarta



Purwono Subagiyadi(1), Yoga Budi Bhakti(2*), Neng Nenden Mulyaningsih(3),

(1) SMA Negeri 85 Jakarta
(2) - Scopus ID: 57208630882 - Universitas Indraprasta PGRI
(3) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Many factors influence the outcome of learning physics. One factor is considered to be very important is the learning methods and early skills of learners. Then this research aims to know the influence of the method of enquiries pictorial Riddle and Inquiry learning method of learning results of physics by controlling the initial ability of learners in class X IPA SMAN 85 Jakarta. The research methods used are experimental methods with ANAKOVA analysis.  The samples used were students of the X IPA class as many as 72 students spread in X IPA Class 1 and X IPA 2. The research Data used to test hypotheses comes from the daily value document of the results of physics learning outcomes at Law Newton. The instruments used in the test have passed validity tests, reliability, difficulty levels, and differentiation power. From the results of the study came the conclusion that by controlling/controlling the influence of the original ability, there are significant differences in physics learning outcomes among learners who use the Methods enquiries Pictorial riddle (Fcount < ftable = 0.88 < 3.28) and Learning method of inquiry (Fcount < ftable = 0.65 < 3.28).

Keywords


Inquiry Pictorial Riddle, Hasil Belajar Fisika

Full Text:

PDF

References


Afandi, Muhamad. Dkk. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Press.

Anjani, Yullida Ferry. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Menurut Teori Anderson dan Karthwohl Pada Peserta Didik kelas XI Bilingual Class System MAN 2 Kudus Pada Pokok Bahasan Program Linier. UIN Walisongo Semarang: 2017) skripsi

Arantika, Jane. Dkk. (2014). Pengaruh inkuiri Berbentuk Pictorial Riddle terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Koloid di SMA.jurnal.untan.ac.id

Ardi, Bahrudin. (2013). Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V SDN 5 Mayong Lor Kabupaten Jepara. https://lib.unnes.ac.id/18238/1/1402908125

Budiyono. (2018).”Pengantar Penilaian Hasil Belajar”. Solo: UNS Press

Burhanudin, Afif. (2014). Teori Belajar. https://afidburhanuddin.wordpress.com

Chusni, Mainan, M. Dkk. (2016). Penerapan Pendekatan Inquiry Terbimbing dengan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Ojs.fkip.ummetro.ac.id

Dewati, Maria. (2012). Pengaruh Metode Belajar dan Tingkat Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika SMA. www.nekti.cm/publication/234937/

Duwi. (2011). Uji Homogenitas. 27 November 2011. Duwiconsultant,blogspot.com

Dwiradyan, Bagus. (2014). Kerucut Pengalaman Belajar. Wordpress.com

Febriana, Maghfira dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. http://e-journal.unipma.ac.id

Gantini, Pipit. (2017). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Esensi

Hanifah, Nani dkk. (2014). Perbandingan Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda Butir soal, dan Reliabilitas Tes. https//.journal.lppm unindra.ac.id

Imelda. dkk. (2013). Pengembangan Perangkat pembelajaran IPA Fisika Melalui Model Pembelajaran Inquiry dengan metode pictorial riddle. https://ppjp.ulm.ac.id

Jihad dan Abdul, H .(2010). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Press.

Kamajaya, Ketut. (2016). Aktif dan Kreatif Belajar Fisika. Bandung: Grafindo Media Pratama.

Kuswiandi, Wendy. (2013). Faktor yang Mempengaruhi Belajar. 4 Maret 2019. whendikz.blogspot.com/2013/10/.

Mulyana, Aina. (2015). Mengenal Berbagai Jenis Teori Belajar. 4 Maret 2019. https://ainamulyana.blogspot.com

Mundilarto. (2010).”Penilaian Hasil Belajar Fisika”. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Instruksional Sains.

Nurhasanah, Siti. Dkk (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. ejournal.upi.edu/index.php/jpmamper/articel/32412338 journal

Nurpratiwi, Rahma Tisa. Dkk. (2015). Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Melalui Metode Picture and Picture Dengan Media Audio Visual Pda Mata Pelajaran Geografi Di Kelas XI IPS@ SMA Negeri 1 Bantar Kawung. https://media.neliti.com/media/publication/55632

Prihantini, Effiyati. dkk. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. Journal Formatis.

Pujianto, Agus. Dkk. (2017). Pembelajaran Inkuiri Untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar IPS.Journal.fkip.unila.ac.id

Purwanto, Ngalim. (2010). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasai pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roida. Dkk. (2012). Metode Pembelajaran Inkuiri dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kreativitas Belajar. journal.lppm unindra.ac.id.

Rusyan, Tabrani. H.A. (2012). Membangun Guru Berkualitas. Jakarta: PT. Pustaka Dinamika.

Sanjaya, W (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiarti, E. dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Metode Pictorial Riddle Terhadap Kemampuan Berkomunikasi Ilmiah Siswa SMP. http://journalunnes.ac.id.

Sugiyono (2010). “Statistik Untuk Penelitian”. Bandung: Alfa Beta.

Sumiyarsih, Nur, A. (2017)’ Tiga Jenis Teori Belajar. 6 Maret 2019, https://nursbio.wordpress.com.

Supardi U.S. 2011. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Press.

Supardi U.S. 2013. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication

Susanto, Hadi. (2017).Teori Belajar. 5 Maret 2019. https://bagawan abiyasa.wordpress.com.

Susilawati. Dkk. (2015), Perbandingan Hasil Belajar Fisika Antara Metode Pictorial Riddle dengan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VIII SMPN 19 Palu. journal untad.ac.id.

Suyatno. (2013). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Esensi.

Tabrani. (2017). Empat Pilar Pendidikan Sepanjang Hayat. 20 Februari 2019. www.tabraniza.com.

Thohir, Anas. (2018). Kesulitan Belajar dan Cara Mengatasinya. Jakarta: Media Press.

Wibowo, Dwi Cahyadi. (2013). Taksonomi Anderson. 24 Februari 2013. dwicahyadiwibowo.blogspot.com.

Winataputra, Udin. S. Hakikat Belajar dan Pembelajaran, repository ut.ac.id/4035/1/MK DK 4004-M1.pdf.

Yunita. Dkk. (2016). Perbedaan Hasil Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Inquiry dan Model Pembelajaran dengan metode Pictorial Riddle Bagi Siswa SMPN I Guning Sari Tahun Ajaran 2015/2016. jurnal. fkip.unram.ac.id.




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i1.306

Article Metrics

Abstract Views : 766 | PDF Views : 417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Purwono Subagiyadi, Yoga Budi Bhakti, Neng Nenden Mulyaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License