Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa melalui Pendekatan Kontekstual pada Model Problem Based Learning



Rina Sardiana Sari(1*), I Gede Purwana Edi Saputra(2), Dwi Puji Rahmawati(3),

(1) Pendidikan Fisika Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(2) Pendidikan Fisika Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(3) Pendidikan Fisika Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author

Abstract


Observasi dilakukan melalui wawancara dengan guru fisika di SMA Negeri 1 Wundulako bahwa beberapa siswa masih belum terbiasa dengan soal pemecahan masalah, sehingga mengakibatkan kesulitan dalam menganalisis masalah yang disajikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana keterampilan pemecahan masalah fisika siswa melalui penerapan model PBL dengan pendekatan kontekstual, mengevaluasi efektivitas PBL dalam meningkatkan keterampilan ini, dan memeriksa hubungan dua arah antara kedua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan menggunakan desain pra-eksperimental. Kami memberikan pretest dan posttest kepada subjek untuk mengumpulkan data. Temuan pretest penelitian menghasilkan skor rata-rata 57,096, sedangkan hasil posttest menunjukkan rata-rata 77,096, yang mengarah pada kesimpulan bahwa penerapan PBL menggunakan pendekatan kontekstual secara efektif meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika. Akhirnya, melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan metode uji-t, nilai-p ditemukan kurang dari 0,05, yang menunjukkan signifikansi statistik; Oleh karena itu, kami menolak hipotesis nol H0 dan menerima hipotesis alternatif H1 yang menyatakan pentingnya penerapan model pembelajaran ini dalam konteks kelas untuk mengajarkan kurikulum Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner.


Keywords


Problem Based Learning (PBL); Pendekatan Kontekstual; Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika (KPM).

Full Text:

PDF

References


Agusni, H.P., Abdurrahman, & Wahyudi, I. (2017). Pengaruh Skill Argumentasi Menggunakan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Lampung, 3(1): 97-104

Anggraeni, A. A. A., Veryliana, P., & Fatkhu, R, I. F. R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 218. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18552

Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112

Djonomiarjo, T .(2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, 5(1):39-46.

Fauzan, M., Gani, A., dan Syukri, M. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning PadaPembelajaran Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), hal 27-35

Hasanah, U., Sarjana &Hariyadi, A. (2021). Pengaruh Model PBL terhadap Prestasi Belajar Siswa. AKSARA, 7(1):43-52.

Herdiawan, H., Langitasari, I., & Solfarina. (2019). Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Koloid. EduKimia: Jurnal Kimia dan Pendidikan,4(1). https://doi.10.30870/educhemia.v4il.4867.

Marwah, H.S., Suchadi, Y., & Mahajani, T. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Subtema Manusia dan Benda di Lingkungannya. Journal of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 1(1):42-45.

Misla dan Mawardi. (2020). Efektivitas PBL dan Problem Solving SD Ditinjau dari Kemampuan Berfikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1): 2549-6174

Nuryadi, Astuti, T.D., Utami, E. S., & Budiantara, B. 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media:Yogyakarta.

Ningsih, S.A., Rahman, N.A., & Muhammad, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Ternate Pada Konsep Gerak. Saintifik:Jurnal Pendidikan MIPA, 4(2): 37-42

Pabenteng, A., Fihrin, H., & Ali, H. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Desain Kreatif terhadap Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas X SMA Negeri 7 Palu. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 6(3):35-39

Sari, Y., Rokhmat, J., & Hikmawati. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kausalitik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. GeoScienceEdu Journal, 1(1):11–16.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Rineka Jaya

Supardi, U.S., Leonard, Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 2(1):71-81

Widyastuti, R. T., & Airlanda, G. S. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3):1120–1129. https://jbasic.org/index. php/basicedu/article/view/896

Wiyanti dan Leonard. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Universitas Indraprasta PGRI Jakarta:Jakarta

Yunarni, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Pangkajene. Jurnal Mosharafa, 7(1). https://e-mosharafa.org/index.php/mosharafa




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v6i2.2713

Article Metrics

Abstract Views : 95 | PDF Views : 98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rina Sardiana Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License