Pengembangan e-modul fisika berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi suhu dan kalor untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA
Hanifa Nurahmi Hanifa(1*), Desy Hanisa Putri(2), Dedy Hamdani(3),
(1) Universitas Bengkulu
(2) Universitas Bengkulu
(3) Universitas Bengkulu
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, A., & Sulistiyono, S. (2021). Pengembangan Handout Fisika Berbasis Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 11(1), 29. https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i1.33436
Arianti, A. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181
Avania, W. F., & Sholikhah, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2531–2538. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/885
Dalilah, K., Rusnayati, H., & Kaniawati, I. (2023). PEMANFAATAN KOMIK BERBASIS BRAIN BASED LEARNING SEBAGAI SUMBER PEMAHAMAN KONSEP. 2, 81–88.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan MedFebrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.ia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 0812(2019), 181–188.
Kirana, R. W. candra. (2020). Pengembangan Bahan Ajar E-Book Praktikum Akuntansi Perusahaan Dagang Berbasis Scientific Approach Sebagai Sumber Belajar Alternatif. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 18(1), 80–90. https://doi.org/10.21831/jpai.v18i1.32292
Latifah, N., Ashari, & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-modul fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(01), 1–7. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/570
Liana, Y. R., Ellianawati, & Hardyanto, W. (2019). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Menggunakan Sigil Software pada Materi Listrik Dinamis. Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 926–932.
Mansur, N. R., Ratnasari, J., & Ramdhan, B. (2022). Model STEAM terhadap kemampuan kolaborasi dan kreativitas peserta didik. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(4), 183–196. https://online-journal.unja.ac.id/biodik
Nesti, E. W., Medriati, R., & Purwanto, A. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Aplikasi Lectora Inspire. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 379. https://doi.org/10.20527/jipf.v6i2.5144
Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH
Putri, R. H., Rini, C. P., & Perdiansyah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ensiklopedia IPA Berbasis Pendekatan Contextual Teaching & Learning (CTL) pada Materi Energi dan Perubahannya untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Fondatia, 6(3), 751–766. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i3.2087
Ramadayanty, M., Sutarno, S., & Risdianto, E. (2021). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Multiple Reprsentation Untuk Melatihkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Kumparan Fisika, 4(1), 17–24. https://doi.org/10.33369/jkf.4.1.17-24
Sanjoyo, B. M., Susila, A. B., & Nasbey, H. (2023). E-Modul Gerak Melingkar Beraturan Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Siswa Inklusif Slow Learner Berbantuan Flip PDF Professional. Lontar Physics Today, 2(1), 9–17. https://doi.org/10.26877/lpt.v2i1.14439
Sitompul, K. G., Sutarno, S., & Hamdani, D. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Gelombang Bunyi. DIKSAINS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains, 2(1), 37–48. https://doi.org/10.33369/diksains.2.1.37-48
Taufiq, M., Susilo, H., Irawati, M. H., & Saptasari, M. (2018). Profil Motivasi Belajar Siswa Sma Kelas X Dengan Kelas Xi Ipa Pada Pelajaran Biologi Di Kota Surabaya. Natural Science Education Research, 1(2), 214–222. https://doi.org/10.21107/nser.v1i2.4830
Yusuf, Y. H. M. (2023). Sejarah Perkembangan Fisika. In Tangguh Denara Jaya. https://repository.tangguhdenarajaya.com/media/publications/559013-sejarah-perkembangan-fisika-315d1d52.pdf
DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v6i1.2453
Article Metrics
Abstract Views : 85 | PDF Views : 53Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hanifa Nurahmi Hanifa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|