Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android berbentuk Moduldroid: Materi Hukum III Newton



Elfrida Tampubolon(1*), Supardi Uki Sajiman(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Revolusi Industri 4.0 menuntut guru untuk menggunakan media pembelajaran yang variatif dan sesuai dengan perkembangan zaman. Salah satunya dengan membuat animasi bergerak beserta materi dan penjelasannya yang dinamakan Moduldroid dengan menggunakan Adobe Flash Professional CS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran fisika berbentuk Moduldroid tentang Hukum III Newton sebagai alternatif bagi media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan konsep Hukum III Newton. Pengujian dilakukan di salah satu sekolah di Kota Salatiga dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan data penilaian observer terhadap penggunaan Moduldroid oleh siswa, didapatkan bahwa siswa dapat dengan mudah mengoperasikan dan paham dengan penjelasan materi pada Moduldroid. Selain data tersebut, ada juga data penilaian siswa terhadap Moduldroid  yang menunjukkan Moduldroid layak untuk digunakan dan dapat menjadi solusi belajar alternatif peserta didik dengan tingkat ketercapaian 93%. Berdasarkan data tersebut, Moduldroid dapat membantu guru untuk membuat pembelajaran menjadi lebih kreatif, inovatif.

Keywords


physics learning media, Android application, moduldroid, Newton's Third Law

Full Text:

PDF

References


Antwi, V., Hanson, R., & Savelsbergh, E. R. (2011). Students ’ Understanding of Some Concepts in Introductory Mechanics Course : A Study in the First Year University Students , UEW. 1(1), 55–80.

Astuti, L. I. N. S. (2017). Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri. 7(1), 40–48.

Daryanto. (2005). Evaluasi Pendidikan: Komponen MKDK. Rineka Cipta.

Docktor, J. L., & Mestre, J. P. (2014). Synthesis of discipline-based education research in physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 10(2), 1–58. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.10.020119

Indriana Mei Listiyani, A. W. (2012). Pengembangan Komik sebagai Media Pembelajaran Akuntansi untuk Siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia , Vol . X , No . 2 , Tahun 2012, X(2), 80–94.

Kristiyanto. (2013). Bagaimana Menerapkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di dalam Kelas. Widiya Sari Press.

Kristiyanto, W. (2019). Prospects of Physics Learning Media Based on Android: Strategic Studies Entering the Industrial Era in The 21st Century. 330(Iceri 2018), 195–199. https://doi.org/10.2991/iceri-18.2019.39

Kristiyanto, W. H. (2016). Sebuah Kritik : Animasi Fisika yang Tidak Sesuai Fisika A Criticism : Physics Animations Which Violate Physics Laws A . Penyimpangan terhadap konsep fisika dari paket animasi yang diproduksi oleh lembaga. 8, 49–56.

Mulyatiningsih, E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Alfabeta.

Muslina, M., Halim, A., & Khaldun, I. (2018). Kelayakan Media Animasi Hukum Newton Ii Tentang Gerak Pada Bidang Miring Dan Katrol Di Sma Kabupaten Aceh Besar. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 1(1), 64–72. https://doi.org/10.24815/jipi.v1i1.9568

Nuriyah, R., Yuliati, L., & Supriana, E. (2017). Eksplorasi Penguasaan Konsep Hukum Newton Siswa. 2(2016), 264–270.

Rosyadi, S. (2018). Revolusi industri 4.0 : Peluang dan Tantangan Bagi Alumni Universitas Terbuka. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2, 1–10.

Supardi, Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Formatif.

Sutikno, M. S. (2007). Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. NTP Press.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Umam, A., Masithoh, D. F., Studi, P., Fisika, P., Maret, U. S., & Umam, A. (2015). Pengembangan Mobile Pocket Book Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Professional Cs 5 . 5 Pada Materi Fluida Statik Sma Kelas X. 6, 185–188.

Yektyastuti, R., & Ikhsan, J. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Kelarutan untuk Meningkatkan Performa Akademik Peserta Didik SMA Developing Android-Based Instructional Media of Solubility to Improve Academic Performance of High School Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(1), 88–99.

Yusuf, A. M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Flash untuk Mata Kuliah Fisika Modern Materi Radiasi Benda Hitam Pemanfaatan komputer sebagai media dalam proses pembelajaran telah banyak dilakukan dan dikembangkan dalam bentuk media pembelajaran berbasis k. 2015(April), 57–71.




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v5i2.2282

Article Metrics

Abstract Views : 69 | PDF Views : 32

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elfrida Tampubolon, Supardi Uki Sajiman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License