Perancangan Aplikasi Konversi Satuan Berbasis Matlab
Alhidayatuddiniyah T W(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author
Abstract
Besaran merupakan ilmu dasar dari Fisika yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya besaran dibagi menjadi dua, yakni besaran pokok dan besaran turunan. Besaran ini mempunyai masing-masing ukuran, dimana ukuran-ukuran tersebut dapat dikonversi. Guna membantu menyederhanakan proses perhitungan dan pengenalan sistem konversi, maka dirancanglah sebuah aplikasi Konversi Satuan dengan menggunakan Matlab. Peneliti menggunakan software Matlab versi R2018a dan aplikasi yang dibuat disesuaikan dengan RPS Fisika Gerak. GUI dirancang untuk menampilkan proses penginputan dan hasil perhitungan konversi. Aplikasi ini menggunakan tombol proses pushbutton. Aplikasi yang dirancang dan dibuat ini sangat mudah digunakan, sehingga dapat menjadi alternatif media pembelajaran dalam menggabungkan ilmu Fisika dengan Pemrograman.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alhidayatuddiniyah, T. W., Sumarni, R. A., & Astuti, S. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pro CS6 untuk SMA pada Pokok Bahasan Kinematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(1), 6-11.
Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan media komik berbasis android pada pokok bahasan gerak lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 149-153.
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., & Prasetya, R. (2021). Four Tier-Magnetic Diagnostic Test (4T-MDT): Instrumen Evaluasi Medan Magnet Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 110-115.
Astuti, I. A. D., Bhakti, Y. B., Prasetya, R., & Rahmawati, Y. (2023). Four Tier-Relativity Diagnostic Test (4T-RDT) to Identify Student Misconception. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 8(1), 75-84.
Atmaja, D. Y. S. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 61-72.
Chodijah, S., Fauzi, A., & Ratnawulan, R. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model guided inquiryyang dilengkapi penilaian portofolio pada materi gerak melingkar. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JPPF), 1(1).
Gustina, G., Kamaluddin, K., Ali, M., & Syamsuriwal, S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Fisika pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UNTAD. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 8(1).
Hutagalung, S. N. (2018). Pembelajaran fisika dasar dan elektronika dasar menggunakan aplikasi matlab metode simulink. Journal Of Science and Social Research, 1(1), 30-35.
Kurniawan, A., Ashari, A., & Maftukhin, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Lectora Inspire untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Fisika Siswa Kelas X MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2016/2017. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 10(1), 35-40.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109.
Nugroho, I. R., & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Media Sosial Instagram sebagai Sumber Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(6), 460-470.
Parwatiningtyas, Diyan. dkk. (2018). Fisika Dasar. Jakarta: Unindra Press.
Sumarni, R. A., Astuti, S. P., & Alhidayatuddiniyah, T. W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Macromedia Flash Pro Cs6 Untuk Kelas X SMAN 115 Jakarta. J. Pendidik. Fis., 6(1), 12-20.
Suryani, N. (2016, January). Pengembangan media pembelajaran berbasis IT. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v5i1.1823
Article Metrics
Abstract Views : 359 | PDF Views : 175Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Alhidayatuddiniyah T W
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|