Lesson Study Pembelajaran IPA Materi Tekanan Zat Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar



Andista Candra Yusro(1*), Nur Aini Purwaningrum(2),

(1) Scopus ID: 57200986502 - Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilaksankan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan lesson study melalui model problem based learning. Dengan menerapkan lesson study ini diharapkan mampu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study dengan subjek peserta didik kelas VIIIA di SMPN 10 Madiun berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket/kuesioner, dan tes (hasil belajar peserta didik). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 81% peserta didik mendapatkan nilai di atas nilai ketuntasan minimal maka, dapat dikatakan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learing (PBL) berbasis Lesson Study mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.


Keywords


son Study; Problem Based Learning; Tekanan Zat

Full Text:

PDF

References


Almujab, S., Yogaswara, S. M., Novendra, A. M., & Maryani, L. (2018). Penerapan lesson study melalui metode project based learning untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran di FKIP UNPAS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/viewFile/2352/1351

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/viewFile/20116/12073

Anisah, I., Piscayanti, K., & Yudana, I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Think-Pair-Share. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2), 52-57. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/download/40413/19784

Cerbin, W., & Kopp, B. (2006). Lesson study as a model for building pedagogical knowledge and improving teaching. International journal of teaching and learning in higher education, 18(3), 250-257. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1068058.pdf

Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150-159. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/download/11581/6959

Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253-265. https://doi.org/https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/download/497/492

Güçlüer, E., & Kesercioğlu, T. (2012). The Effect Of Using Activities Improving Scientific Literacy on Students’achievement in Science and Technology Lesson. International Online Journal of Primary Education, 1(1), 8-13. https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/2416877

Hudha, M., Hakim, A., Aji, S., Tasi, M., Sundaygara, C., Laksana, E., Fajaruddin, S., Andi, T., Yusro, A., & Chaeruman, U. (2018). Scientific performance e-rubric-assisted problem-based learning for improving learning effectiveness. International Journal of Engineering & Technology, 7.

Isoda, M. (2010). Lesson study: Problem solving approaches in mathematics education as a Japanese experience. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 17-27. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042810021087/pdf

Juano, A., Ntelok, Z. R., & Jediut, M. (2019). Lesson Study sebagai Inovasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 126-136. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jrt/article/download/389/268

Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (Jpfk), 2(1), 48-55. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/viewFile/24/24

Mujib, M. (2015). Membangun kreativitas siswa dengan teori schoenfeld pada pembelajaran matematika melalui lesson study. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 53-62. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/viewFile/53/47

Mustofa, Z., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan kontekstual berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 885-889. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6298/2688

Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/download/2015/2129

Robinson, N., & Leikin, R. (2012). One teacher, two lessons: The lesson study process. International Journal of Science and Mathematics Education, 10, 139-161. https://link.springer.com/article/10.1007/s10763-011-9282-3

Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26-32. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/32188/18716

Salasiah, S., Hariyanto, D., Ahini, T., Widhiastuti, A., Adawiyah, R., Erdiningsih, E., Hermansyah, M. A., & Haryono, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Secara Daring Melalui Lesson Study. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1), 20-32. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/download/23726/15480

Sarjani, T. M. (2020). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 62-68. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/viewFile/2808/2197

Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD. Journal of Primary Education, 1(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/download/785/811

Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: jurnal pendidikan, 8(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/6232/3809

Widyaningrum, D. A. (2016). Penerapan model problem based learning (PBL) dipadu student team achievement division (STAD) melalui lesson study (LS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Man 3 Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 27-34. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/download/1357/1531

Winarsih, A., & Mulyani, S. (2012). Peningkatan profesionalisme guru IPA melalui lesson study dalam pengembangan model pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/viewFile/2012/2126

Yusro, A. C., Nadia, P., Lukesi, L., Insan, O. N., Mahendra, D., & Adam, M. (2022). Utilization of online learning media in learning physics in the Madiun residency during the covid19 pandemic. Proceeding International Conference on Digital Education and Social Science,




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v5i1.1763

Article Metrics

Abstract Views : 243 | PDF Views : 221

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andista Candra Yusro, Nur Aini Purwaningrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License