Lesson Study Pembelajaran IPA Materi Tekanan Zat Melalui Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
Andista Candra Yusro(1*), Nur Aini Purwaningrum(2),
(1) Scopus ID: 57200986502 - Universitas PGRI Madiun
(2) Universitas PGRI Madiun
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini dilaksankan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan menerapkan lesson study melalui model problem based learning. Dengan menerapkan lesson study ini diharapkan mampu dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis lesson study dengan subjek peserta didik kelas VIIIA di SMPN 10 Madiun berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket/kuesioner, dan tes (hasil belajar peserta didik). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 81% peserta didik mendapatkan nilai di atas nilai ketuntasan minimal maka, dapat dikatakan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learing (PBL) berbasis Lesson Study mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Almujab, S., Yogaswara, S. M., Novendra, A. M., & Maryani, L. (2018). Penerapan lesson study melalui metode project based learning untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam proses pembelajaran di FKIP UNPAS. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE/article/viewFile/2352/1351
Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpip/article/viewFile/20116/12073
Anisah, I., Piscayanti, K., & Yudana, I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Think-Pair-Share. Indonesian Gender and Society Journal, 2(2), 52-57. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IGSJ/article/download/40413/19784
Cerbin, W., & Kopp, B. (2006). Lesson study as a model for building pedagogical knowledge and improving teaching. International journal of teaching and learning in higher education, 18(3), 250-257. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1068058.pdf
Dewi, R. S. (2018). Kemampuan Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Mengajar Guru Sekolah Dasar. Jurnal Administrasi Pendidikan, 25(1), 150-159. https://ejournal.upi.edu/index.php/JAPSPs/article/download/11581/6959
Diarini, I. G. A. A. S., Ginting, M. F. B., & Suryanto, I. W. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Lesson Study Melalui Pembelajaran Daring Untuk Mengetahui Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar. Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 253-265. https://doi.org/https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/ganaya/article/download/497/492
Güçlüer, E., & Kesercioğlu, T. (2012). The Effect Of Using Activities Improving Scientific Literacy on Students’achievement in Science and Technology Lesson. International Online Journal of Primary Education, 1(1), 8-13. https://dergipark.org.tr/en/download/article-file/2416877
Hudha, M., Hakim, A., Aji, S., Tasi, M., Sundaygara, C., Laksana, E., Fajaruddin, S., Andi, T., Yusro, A., & Chaeruman, U. (2018). Scientific performance e-rubric-assisted problem-based learning for improving learning effectiveness. International Journal of Engineering & Technology, 7.
Isoda, M. (2010). Lesson study: Problem solving approaches in mathematics education as a Japanese experience. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 8, 17-27. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042810021087/pdf
Juano, A., Ntelok, Z. R., & Jediut, M. (2019). Lesson Study sebagai Inovasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 126-136. https://unikastpaulus.ac.id/jurnal/index.php/jrt/article/download/389/268
Mayasari, T., Kadarohman, A., Rusdiana, D., & Kaniawati, I. (2016). Apakah model pembelajaran problem based learning dan project based learning mampu melatihkan keterampilan abad 21? Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (Jpfk), 2(1), 48-55. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPFK/article/viewFile/24/24
Mujib, M. (2015). Membangun kreativitas siswa dengan teori schoenfeld pada pembelajaran matematika melalui lesson study. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 53-62. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/viewFile/53/47
Mustofa, Z., Susilo, H., & Al Muhdhar, M. H. I. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning melalui pendekatan kontekstual berbasis lesson study untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah dan hasil belajar kognitif siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 885-889. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/download/6298/2688
Rahayu, P., Mulyani, S., & Miswadi, S. (2012). Pengembangan pembelajaran IPA terpadu dengan menggunakan model pembelajaran problem base melalui lesson study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/download/2015/2129
Robinson, N., & Leikin, R. (2012). One teacher, two lessons: The lesson study process. International Journal of Science and Mathematics Education, 10, 139-161. https://link.springer.com/article/10.1007/s10763-011-9282-3
Sairo, M. I. (2021). Pelaksanaan Lesson Study Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(1), 26-32. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/download/32188/18716
Salasiah, S., Hariyanto, D., Ahini, T., Widhiastuti, A., Adawiyah, R., Erdiningsih, E., Hermansyah, M. A., & Haryono, A. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi dan Keterlaksanaan Pembelajaran IPA Secara Daring Melalui Lesson Study. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 6(1), 20-32. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JIPI/article/download/23726/15480
Sarjani, T. M. (2020). Penerapan Lesson Study Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di MGMP Biologi Langsa. Best Journal (Biology Education, Sains and Technology), 3(2), 62-68. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/best/article/viewFile/2808/2197
Susanto, J. (2012). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis lesson study dengan kooperatif tipe numbered heads together untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA di SD. Journal of Primary Education, 1(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/download/785/811
Utami, I. H., & Hasanah, A. (2020). Kompetensi profesional guru dalam penerapan pembelajaran tematik di SD Negeri Maguwoharjo 1 Yogyakarta. Pionir: jurnal pendidikan, 8(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Pionir/article/download/6232/3809
Widyaningrum, D. A. (2016). Penerapan model problem based learning (PBL) dipadu student team achievement division (STAD) melalui lesson study (LS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Man 3 Malang. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 27-34. https://pedagogia.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/download/1357/1531
Winarsih, A., & Mulyani, S. (2012). Peningkatan profesionalisme guru IPA melalui lesson study dalam pengembangan model pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/viewFile/2012/2126
Yusro, A. C., Nadia, P., Lukesi, L., Insan, O. N., Mahendra, D., & Adam, M. (2022). Utilization of online learning media in learning physics in the Madiun residency during the covid19 pandemic. Proceeding International Conference on Digital Education and Social Science,DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v5i1.1763
Article Metrics
Abstract Views : 243 | PDF Views : 221Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Andista Candra Yusro, Nur Aini Purwaningrum
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Department of Physics Education Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
|