Penggunaan Media Peraga Ayunan Bandul Sederhana Pada Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar



Sudiro Sudiro(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Hasil belajar yang tidak optimal ini diakibatkan oleh beberapa factor, antara lain proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru, kurangnya pemanfaatan media belajar, dan kurangnya keterlibatan pengalaman  dan atensi siswa  dalam  mengkonstruksi  pengetahuannya.  Untuk  mengatasi  hal tersebut peneliti memanfaatkan media pembelajaran berupa media peraga ayunan bandul sederhana  yang  diseting  pada  pembelajaran  inquiry  dengan  harapan  terjadinya  peningkatan  hasil belajar siswa. Penelitian ini dibatasi pada materi Getaran Harmonis untuk pelajaran Fisika di Kelas X SMAN 83 Jakarta dengan model penelitian tindakan kelas. Target pencapaian peningkatan hasil belajar adalah 75 % nilai ketuntasan klasikal dengan ketuntasan minimal 77. Pelaksanaan penelitian berlangsung dalam 2 (dua) siklus dengan perubahan hasil belajar yang bervariasi. Pada siklus I hasil belajar yang dicapai 52,78 % nilai ketuntasan klasikalnya dengan rata-rata capaian 71,09, sedangkan pada siklus II hasil belajar yang dicapai 77,78 % nilai ketuntasan klasikalnya dengan rata-rata capaian 80,40. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media peraga ayunan sederhana pada model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar Fisika siswa kelas X SMAN 83 Jakarta

Keywords


Ayunan Bandul Sederhana, Pembelajaran Inquiry, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A. Y., Wardani, S., & Hidayah, A. N. (2020). Profil peningkatan kemampuan literasi kimia siswa melalui pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis kontekstual. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1), 2512-2523.

Bhakti, Y. B. (2017). Evaluasi program model CIPP pada proses pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75-82.

Humairah, E. (2022). Media Pembelajaran Berbasis Power Point Guna Mendukung Pembelajaran IPA SD. Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 249-256.

Khairiah, K., Wati, M., & Hartini, S. (2015). Hubungan kepercayaan diri dengan hasil belajar siswa kelas VIII MTsN Mulawarman Banjarmasin pada mata pelajaran IPA. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 200.

Maesaroh, S. (2013). Peranan metode pembelajaran terhadap minat dan prestasi belajar pendidikan agama Islam. Jurnal kependidikan, 1(1), 150-168.

Mamuaja, H., & Bawues, P. (2020). Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Realistic Matematic Education (Rme) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas V SD Katolik Sta. Maria Rurukan. Dinamika Pembelajaran, 1(1).

Minsih, M. (2018). Peran guru dalam pengelolaan kelas. Profesi pendidikan dasar, 5(1), 20-27.

Noviatika, R., Gunawan, G., & Rokhmat, J. (2019). Pengaruh Model pembelajaran berbasis masalah berbantuan mobile pocket book fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 240-246.

Nugraha, S. A., Sudiatmi, T., & Suswandari, M. (2020). Studi pengaruh daring learning terhadap hasil belajar matematika kelas iv. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 265-276.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Fisika Siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-180.

Saregar, A., Sunarno, W., & Cari, C. (2013). Pembelajaran Fisika kontekstual melalui metode eksperimen dan demonstrasi diskusi menggunakan multimedia interaktif ditinjau dari sikap ilmiah dan kemampuan verbal siswa. Inkuiri, 2(02).

Sastrawan, K. B. (2016). Profesionalisme guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran. Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 65-73.

Setiawan, B. (2019). Penggunaan Media Peraga Bandul Magnetik Pada Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII SMAN 5 Kota Bima. GRAVITY EDU: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika, 2(1), 5-10.

Suhardi, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XII Menggunakan Media Peraga Bandul Magnetik Pada Model Pembelajaran Inquiry. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 30-37.

Susanti, Y. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat Asam dan Basa dengan Menggunakan Metode Praktikum. utile: Jurnal Kependidikan, 2(1), 94-100.




DOI: https://doi.org/10.30998/npjpe.v4i1.1114

Article Metrics

Abstract Views : 1970 | PDF Views : 866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sudiro Sudiro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Department of Physics Education
Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Navigation Physics: Journal of Physics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License