TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESADARAN MASYARAKAT DALAM MELAKSANAKAN PEMBANGUNAN DI DESA NGEMBAT PADAS SRAGEN



Kristiningsih Kristiningsih(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author

Abstract


Antara Pendidikan dan pembangunan memiliki hubungan yang saling menunjang dan saling memberikan input karena baik pendidikan maupun pembangunan dituntut untuk dapat menaikkan mutu hidup manusia dan mewujudkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri dan bersama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Mengingat pentingnya kedua unsur ini maka penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh tingkat Pendidikan formal terhadap kesadaran masyarakat dalam melaksanakan pembangunan di desa Ngembat Padas, Sragen. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan statistic korelasi serial sebagai teknik analisis datanya. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa nilai rxy sebesar 0,736 dan angka tersebut lebih besar dari rtabel 0,330 pada taraf kepercayaan 99% dan 0,254 pada taraf kepercayaan 95%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif antara tingkat Pendidikan formal terhadap kesadaran masyarakat dalam melaksanakan pembangunan

Keywords


Pendidikan Formal, Kesadaran Masyarakat, Pembangunan Desa

Full Text:

PDF PDF

References


Ace, Suryadi. (2002). Pendidikan, Investasi SDM, dan Pembangunan. Balai Pustaka: Jakarta.

Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Basrowi dan Siti Juriyah. (2010). Analisis Kondisi Sosial Ekonomi Dan Tingkat Pendidikan Masyarakat Desa Srigading Kecamatan Labuhan Maringgai Kabupaten Lampung Timur. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, Vol. 7 No 1 (59) http://DOI:10.21831/JEP.V7I1.577

Daljoeni, N, A. Suyitno. (2004). Pedesaan, Lingkungan dan Pembangunan. Bandung: Alumni

Endah, Kiki. (2020). Pemberdayaan masyarakat: menggali potensi lokal desa. Jurnal MODERAT, Volume 6(1), hal. 135-143

Nuruddin. (2019). Sosiologi Pendidikan: Pendidikan, Budaya dan Kepribadian. Lombok: CV. Elhikam Press Lombok

Prayetno, Sugeng. (2017). Strategi human capital: sebuah paradigma baru bagi para eksekutif? Majalah Manajemen & Bisnis Ganesha, Volume 1(2) hal. 97-113

Putra, M.Umar Maya, Parimin. (2015). Peranan pendidikan dalam esensi pembangunan ekonomi di kabupaten Asahan (studi kasus: beberapa sekolah di Kisaran Barat). Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, Vol 5(2), hal. 121-131

Ramayulis, H. (2015). Dasar-dasar Kependidikan: Suatu Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Kalam Mulia

Redja Mudyahardjo. (2002). Pengantar Pendidikan Sebuah Studi Awal Tentang Dasar-Dasar Pendidikan Pada Umumnya dan Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo persada

Riduwan. (2012). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan, dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfaberta.

Sudjana, D. (2001). Pendidikan Formal. Bandung: Bina Ilmu

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, YULIANI NURANI. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks

Todaro, Michael. (2006). Pembangunan Ekonomi di Dunia Ketiga. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Totok Mardikanto. (2010). Metode Penelitian dan Evaluasi Pemberdayaan Masyarakat. Surakarta: UNS Press

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL

Wasistiono, Sadu, M. Irwan Tahir. (2019). Administrasi Pemerintahan Desa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Widyaningsih, Nur Dewi. (2013). Hubungan antara tingkat pendidikan masyarakat dengan kesadaran masyarakat dalam pembangunan desa (Studi Korelasi di Desa Temuwangi Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten Tahun 2009-2010). Educitizen, Vol 1(1), 69-77




DOI: https://doi.org/10.30998/jagaddhita.v2i1.1499

Article Metrics

Abstract Views : 176 | PDF Views : 212 | PDF Views : 677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kristiningsih Kristiningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.