Religiusitas Mahasiswa Milenial Dalam Penerapan Ahlak Dan Etika di Era Digital
Nini Adelia Tanamal(1*),
(1) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Setiap orang yang ingin menyelami seluk beluk agamanya atau religiusitas perlu mempelajari pemahaman yang ada pada religiusitas yang dianutnya. Di zaman modern, dimana materi lebih sebagai orientasi dan pusat hidup yang utama, kejernihan hati pun telah mulai sirna. Manusia bergerak semakin permisif dan norma kehidupan kian melonggar. Akibatnya manusia modern mengalami krisis kejiwaan dalam hidupnya yang merupakan manifestasi dari krisis spiritual dan ahlak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman mahasiswa dalam penerapan ahlak dan etika, serta mengetahui sejauh mana pengaruh religiusitas mahasiswa dalam kehidupannya dimasa era digital saat ini. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan analisis data secara analisis deskriptif dengan analisis kualitatif untuk 82 orang mahasiswa/responden. Peneliti melakukan wawancara langsung dan membagikan kuisioner pada mahasiswa, mempelajari buku-buku mengenai religiusitas dan teologi, internet yang berhubungan dengan penelitian penulis, dan lain sebagainya. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh media sosial 32%(sedang), pengaruh religiusitas terhadap mahasiswa 53% (kuat), dan penerapan dengan ahlak dan etika 57% (kuat). Dengan demikian religiusitas dapat diterapkan dan berpengaruh bagi mahasiswa milenial di era digital. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Teknologi dan manusia tak akan pernah bisa dipisahkan. Manusia selamanya akan tetap membutuhkan teknologi dalam memudahkan aktivitasnya. Tetapi religiusitas tidak dapat dilupakan karena semua manusia membutuhkan Tuhan dan hidup dalam ahlak dan etika serta berkembang dalam peradaban zaman.
Full Text:
PDFReferences
Aditiawan, A. R. (2019). Hubungan Intensitas Penggunaan Media Sosial dengan Akhlak Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 6 Sidrap. IAIN Parepare.
Ana Rizki, S. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Akhlak Siswa Mi Nurul Hidayah Majalangu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/ 2015 (pp. 1–84). UIN Walisongo.
Annur, A., Kurnianto, R., & Rohmadi, R. (2018). Penerapan Karakter Religius pada Peserta Didik di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 2(2), 1–11.
Aviyah, E., & Farid, M. (2014). Religiusitas, kontrol diri dan kenakalan remaja. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02).
Fatimah, F. (2021). Implementasi Budaya Religius dalam Membina Akhlak Siswa di MI Rahmatullah Kota Jambi.
Agustian, Ary Ginanjar. (2005). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan Spiritual: EQ (Emotional, Spiritual dan Quotient). Jakarta: Penerbit Agra
Benny, Prasetiya; Sofyan, R. (2017). Pendidikan Nilai: Konsep Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Imtiyaz, 1(2), 15–33.
Benny Prasetiya, S. R. (2018). Pendidikan Nilai: Konsep Dan Implementasinya Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Imtiyaz, 2(1), 15–33.
Hidayah, U. (2018). Rekonstruksi evaluasi pendidikan moral. Jurnal Pedagogik, 05(01), 69–81.
Humyana, Y. (2020). Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial terhadap Akhlak Siswa di Sekolah SMPN 2 Waringinkurung. UIN SMH BANTEN.
Jannah, M. (2017). Pengaruh Religiusitas Terhadap Akhlak Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri Tempel (MAN 5) Sleman Yogyakarta.
Jalaludin. (2012). Psikologi Religiusitas: Memahami Perilaku dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi Edisi Revisi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Kasetyaningsih, S. W., & Hartono, H. (2017). Dampak Sosial Media Terhadap Akhlaq Remaja. DutaCom, 13(1), 1–10.
Khoerunnisa, P. (2019). Intensitas penggunaan media sosial pengaruhnya terhadap akhlak peserta didik di sekolah: penelitian di Kelas X SMA 3 PGRI Kota Bandung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Muhammad Dzikron Fadhlurrohman, Y. I. (2019). Kecerdasan Spiritual Pada Pengguna Dan Pengedar Narkoba Di Lapas Kedungpane Semarang. Jurnal Empati, 8(1), 93–98.
Polri. (2007). Analisa dan Evaluasi Situasi Kamtibmas Tahun 2007; 2008 Dan 2009.
Prasetiya, B. (2018). Dialektika Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih dan Al-Gazali. Intiqad, 9950(December), 249–267.
Vaughan, F. (2002). What is Spiritual Intelligence? Journal of Humanistic Psychology, 42(16). https://doi.org/10.1177/0022167802422003
Goleman, Daniel. (2001). Working with Emotional Intelegence (Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Goleman, Daniel. (2004). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka
Goleman, Daniel. (2005). Emotional Intelegence (Mengapa EI lebih penting dari pada IQ). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Khan, Inayat. (2002). Kehidupan Spiritual, terj. Imron Rosjadi Yogyakarta: PustakaSufi
Margono. 1998. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Munthoha, P. Z., & Wekke, I. S. (2017). Pendidikan Akhlak Remaja bagi Keluarga Kelas Menengah Perkotaan. Cendekia: Journal of Education and Society, 15(2), 241. https://doi.org/10.21154/cendekia.v15i2.1153
Shaleh, Abdul Rahman. (2006). Pendidikan Religiusitas dan Pengembangan Watak Bangsa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Shapiro. (2003). Mengajarkan Emotional Intelegence Pada Anak. Jakarta: PT. Pustaka Utama
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suharsono. (2005). Melejitkan IQ, IE, dan IS. Depok: Insiasi Press
Sukandarrumidi. (2004). Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Tahaha, H., & Rustan, E. (2017). Orientasi Religiusitas dan Efikasi Diri dalam Hubungannya dengan Kebermaknaan Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa IAIN Palopo. Jurnal Studi Agama Dan Masyarakat, 13(2), 163. https://doi.org/10.23971/jsam.v13i2.551
Ummah, N. K., & Khuriyah, K. (2021). Hubungan antara Religiusitas dan Pendidikan Karakter di Rumah terhadap Akhlak Siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta. Cendekia: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 15(1), 117–127.
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia. (1991). Kamus Besar Bahasa
Umiarso, dan Wahad. (2011). Kepemimpinan Pendidikan dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Zohar, Danar dan Ian Marshall. (2007). SQ; Spiritual Intelligence-The Ultimate intelligence. Jakarta: PT. Oppo Cit
DOI: https://doi.org/10.30998/.v1i2.1018
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JAGADDHITA: Jurnal Kebhinnekaan dan Wawasan Kebangsaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.