Kesalahan Berbahasa pada Berita Media Massa Online Kompas.com dan Alternatif sebagai Bahan Ajar Siswa SMA



Alfandi Aditya Prayoga(1*), Suparmin Suparmin(2), Muhlis Fajar Wicaksana(3),

(1) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(2) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(3) Universitas Veteran Bangun Nusantara
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini menganalisis kesalahan berbahasa dalam penulisan berita di media massa online Kompas.com, dengan fokus pada kesalahan ejaan, pembentukan kata, pemilihan kata, dan penyusunan kalimat. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari berita di Kompas.com dengan menggunakan teknik baca dan catat. Hasil penelitian menunjukkan berbagai kesalahan berbahasa, seperti kesalahan pembentukan kata, pemilihan kata, dan penyusunan kalimat. Penelitian ini juga menyarankan penggunaan hasil analisis sebagai bahan ajar di SMA untuk meningkatkan keterampilan menulis berita siswa, dengan fokus pada penggunaan bahasa yang benar dan efektif. Implikasinya terhadap bahasa Indonesia SMA sebagai bahan ajar disusun berdasarkan temuan kesalahan tersebut untuk membantu siswa memahami dan memperbaiki kesalahan berbahasa dalam penulisan berita. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya mendalami kesalahan berbahasa dalam penulisan berita di Kompas.com, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap dunia pendidikan dengan menyediakan bahan ajar yang praktis dan dapat diaplikasikan dalam konteks pembelajaran siswa SMA.

Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Berita, Bahan Ajar


Full Text:

PDF

References


Abdurrahim, Ihsan et al. “Analisis Kesalahan Berbahasa Berita Ekonomi Bisnis pada Laman Detik.Com Edisi Desember 2020.” Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) 3.1 (2021): 37–42. Web.

Achsani, Ferdian. “Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Berita Online Sorot Sukoharjo Edisi Mei 2019.” Sirok Bastra 8.2 (2020): 246–255. Web.

Aji, Ananta Bayu et al. “Analisis Kesalahan Berbahasa Tataran Semantik pada Berita Daring Laman Sindonews.Com.” Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya) 2.2 (2021): 65–70. Web.

Anisa, Mala Nur, Sri Muryati, and Muhlis Fajar Wicaksana. “Kesalahan Penggunaan Ejaan Dalam Teks Ceramah Siswa Kelas XI SMK Tunas Bangsa Tawangsari.” Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra) 8.1 (2023): 9–16. Web.

Aprilia, Oky, Afifah Nuur Qoryah, and Oky Yahya Aprilia. “Analisis Kesalahan Berbahasa Bidang Morfologi pada Portal Radar Solo Tema Covid-19.” Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3.1 (2020): 82–92. Web.

Faizah, Nur, and Sari Ramadhan. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Berita Online Liputan6 Edisi 18 Juli 2022.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 5.1 (2023): 850–854. Web.

Harnia, Neng Tika, Ferina Meliasanti, and Hendra Setiawan. “Analisis Framing Berita Perundungan pada Media Online Detik.Com dan Tribunnews.Com sebagai Bahan Ajar Teks Berita di SMP.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.5 (2021): 3145–3153. Web.

Hidayat, Pandu, I Nyoman Sudiana, and Ade Asih Susiari Tantri. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Berita Detik Finance dan Detik News.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha 11.3 (2021): 318–326. Web.

Jaya, Indar, and Yunisa Oktavia. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Media Berita Berbasis Internet.” eScience Humanity Journal 2.1 (2022): 59–64. Web.

Juwita, Nivia Putri Ratna, and Agus Budi Wahyudi. “Penginovasian Bentuk Disfemisme pada Berita Online dan Relevansinya pada Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP.” Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra 7.2 (2018): 33–45. Web.

Meiranda, Pischa Putri et al. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita Media Lokal Kota Lubuklinggau Edisi 2022.” KASTRAL: Kajian Sastra Nusantara Linggau 2.2 (2022): 17–25. Web.

Nurcaya, Nurcaya et al. “Kesalahan Berbahasa pada Berita Daring/Online.” AIJER: Algazali International Journal of Educational Research 4.2 (2022): 191–198. Web.

Putri, Digita et al. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Harian Linggau Pos.” KASTRAL: Kajian Sastra Nusantara Linggau 2.2 (2022): 26–33. Web.

Rahayuningrum, Suci. “Analisis Kesalahan Morfofonemik dalam Acara Konferensi Pers BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) Tentang Covid-19 Edisi Mei 2020.” Student Repository 3.2 (2020): 1–16. Print.

Rimayanti, Ade Ina, and Jaja Jaja. “Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksplanasi Berdasarkan Berita Media Massa Cetak.” Jurnal Tuturan 7.2 (2018): 857–862. Web.

Sartika, Dewi, and Sabardila Atiqah. “Bentuk Kesalahan Berbahasa pada Pidato Mahasiswa yang Berperan sebagai Kepala Desa Terpilih.” Hortatori Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 7.2 (2023): 133–140. Print.

Sebayang, Sri Kurnia. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Sosial Media Instagram dalam Postingan, Komentar, dan Cerita Singkat.” Jurnal Serunai Bahasa Indonesia 16.1 (2019): 49–57. Web.

Septiana, Rahma Eka, and Laili Etika Rahmawati. “Implementasi Eufemisme dalam Berita Utama Surat Kabar Tempo sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia di SMP.” Prasi 16.01 (2021): 40–50. Web.

Sultan, and Dwi Yulianingsih. “Klasifikasi Kesalahan dan Hambatan Penggunaan Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Akademik pada Mahasiswa FTK UIN Mataram.” El-Tsaqafah: Jurnal Jurusan PBA 19.1 (2020): 72–87. Web.

Suparmin. “Bentuk Santun Berbahasa di Sekolah Dasar.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3.4 (2018): 331–339. Print.

Suparmin. “Kajian Kritis Terhadap Standarisasi Pendidikan di Indonesia.” Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 3.2 (2018): 154–161. Print.

Suparmin, Layla Lusia Ningrum, and Titik Sudiatmi. “Analisis Kesalahan Penulisan Bahasa Indonesia di Surat Kabar Solopos Bidang Ekonomi Edisi Oktober—Desember 2020.” LOA: Jurnal Ketatabahasaan dan Kesusastraan 17.2 (2022): 141–147. Web.

Suparmin, Sri Wahono Saptomo, and Sukarno. “Konsistensi Tata Tulis Karya Ilmiah Skripsi pada Program Studi PBSI FKIP Univet Bantara Sukoharjo.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4.2 (2022): 97–110. Web.

Uzer, Yuspar, and Yus Vernandes Uzer. “Pembelajaran Bahasa Inggris dalam Pengenalan Budaya Asing.” Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2.2 (2023): 30–36. Web.

Waruwu, Marinu. “Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method).” Jurnal Pendidikan Tambusai 7.1 (2023): 2896–2910. Print.

Wicaksana, Muhlis Fajar, Nurul Hidayah Laylatul Sifa, and Sukarno. “Strategi Penciptaan Humor ‘Lapor Pak’ Melalui Flouting Maxim dan Implikasinya sebagai Bahan Ajar.” Jurnal Ilmiah Fonema: Edukasi Bahasa dan Sastra Indonesia 6.2 (2023): 141–157. Web.

Wicaksana, Muhlis Fajar, and Titik Sudiatmi. “Budaya Kearifan Lokal Pada Cerita Rakyat Islami sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia.” Sawerigading 27.1 (2021): 45–53. Print.

Wulandari, Wiwin et al. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Berita dalam Media Surat Kabar Kompas.com.” KASTRAL: Kajian Sastra Nusantara Linggau 2.2 (2022): 1–8. Web.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i2.2805

Article Metrics

Abstract Views : 68 | PDF Views : 37

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.