Media Animasi sebagai Sarana Pembelajaran Teks Tanggapan untuk Siswa Kelas IX



Pasma Nababan(1*), Urip Sulistiyo(2), Priyanto Priyanto(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX yang meliputi beberapa materi yaitu teks laporan, teks pidato persuasif, cerpen, teks tanggapan, teks diskusi, teks narasi, dan juga literasi buku fiksi dan nonfiksi. Dari beberapa materi tersebut peneliti mengambil salah satu materi yang akan diteliti yaitu teks tanggapan. Teks tanggapan adalah teks yang berupa kritik, sanggahan ataupun pujian terhadap suatu fenomena yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  bagaimana pembelajaran teks tanggapan menjadi pembelajaran yang dapat membuat siswa menjadi tertarik dengan memanfaatkan media animasi, sehingga kemampuan, semangat, dan motivasi belajar mereka meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik berupa pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Data yang didapatkan berupa hasil wawancara guru mata pelajaran bahasa Indonesia kelas IX C dengan menggunakan media animasi. Hasil penelitian ini menunjukan media animasi sebagai sarana pembelajaran dalam pembelajaran teks tanggapan di kelas IX C SMPN 30 Muaro Jambi terlaksana dengan baik dan juga efektif digunakan. Hal tersebut dilihat dari proses pembelajaran dan hasil belajar yang lebih   baik.

Kata Kunci: Teks Tanggapan, Sarana Pembelajaran, Media Animasi.


Full Text:

PDF

References


Andiopenta. Metodologi Penelitian Kualitatif Kuantitatif Pengembagan Pendidikan. Gemulun, 2023.

Creswell W, J. Penelitian Kualitatif & Desain Riset (S. Qudsy Zuhri (ed.); Edisi ke 3). Pustaka Pelajar, 2015.

Budiartati, Agung. "Vlog Youtube Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Smp Pada Materi Teks Tanggapan Kritis." Jurnal Cakrawala Ilmiah 1.7 (2022): 1633-1658.

Dewi, Yusra, and Pamela Mikaresti. "Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Metode Pikir Bareng dan Berbagi." Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 9.1 (2019): 116-128.

Efendi, Neng Marlina. "Revolusi pembelajaran berbasis digital (Penggunaan animasi digital pada start up sebagai metode pembelajaran siswa belajar aktif)." Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi 2.2 (2018): 173-182.

Istiqomah, Siti. "Pengajaran Menulis Teks Tanggapan Melalui Aplikasi Zoom-Meeting Dan Whatsapp Grup: Sebuah Penelitian Perbandingan." Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 18.1 (2021): 107-113.

Maidah, Binti Ngafifatul, Sugiarti Sugiarti, and Basuki Agus Priyana Putra. "Peningkatan Aktivitas Dan Kemampuan Menulis Surat Lamaran Pekerjaan Melalui Metode Sibomber Berbantuan Kuis Interaktif Pada Peserta Didik Kelas I-4 Sma Negeri 3 Malang." JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran) 6.1 (2020): 87-100.

Mahnun, Nunu. "Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran)." Jurnal pemikiran islam 37.1 (2012).

Pierda, Gempita Anjaly, Irma Suryani, and Rasdawita Rasdawita. "Pengembangan Media Animasi Materi Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Berbasis Pembelajaran Abad 21 di Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi." Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 9.2 (2023): 80-87.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA, 2013.

Sukiyasa, Kadek, and Sukoco Sukoco. “Pengaruh Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif.” Jurnal Pendidikan Vokasi 3.1 (2013): 126–137. Web.

Susilo, Agus, and Mareta Widiya. "Video animasi sebagai sarana meningkatkan semangat belajar mata kuliah media pembelajaran di STKIP PGRI Lubuklinggau." Jurnal Eduscience 8.1 (2021): 30-38.




DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2749

Article Metrics

Abstract Views : 44 | PDF Views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta 
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.

Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.