Thematic Roles pada Penguasaan Kalimat Aktif dan Pasif Balita Usia 3-4 Tahun
Henny Trisna(1*), Ratu Wardarita(2), Siti Rukiyah(3),
(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman anak usia 3-4 tahun terhadap peran tematik yang terdapat dalam struktur kalimat aktif dan pasif bahasa Indonesia, serta melihat keterkaitan antara pengolahan jenis-jenis kalimat tersebut. Dengan menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, data ekspresi linguistik anak-anak pada kelompok usia ini dikumpulkan dari dua partisipan, dengan menggunakan pendekatan metodologi tunggal yang dikenal sebagai analisis studi kasus. Analisis dilakukan dalam kerangka teori peran tematik, seperti yang dikemukakan oleh Andrew (1958) dan Radford (1988), dan konseptualisasi tipe proses Halliday (2014). Hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak dalam kelompok usia ini menunjukkan kontrol atas berbagai peran tematik dalam kalimat aktif, termasuk agen, agen-pasien, agen-penerima, agen-instrumen, lokasi agen, dan konfigurasi grup agen. Sebaliknya, dalam konstruksi pasif, peran tematik yang diteliti terutama melibatkan peran pasien, terkadang digabungkan dengan peran agen. Selain itu, jika dilihat dari tipe proses, proses yang dominan digunakan dalam kalimat aktif dan pasif oleh anak usia 3-4 tahun meliputi proses material, psikologis, relasional, dan perilaku. Temuan ini menunjukkan bahwa anak-anak dalam rentang usia ini menunjukkan kemahiran dalam menggunakan struktur kalimat kompleks, yaitu konstruksi aktif dan pasif. Selain itu, kompetensi linguistik mereka lebih dari sekadar penguasaan kata kerja untuk mencakup pemahaman yang berbeda tentang semantik kata kerja.
Kata Kunci: Peran tematik; Jenis proses; Kalimat aktif; Kalimat Pasif; Anak usia 3-4 tahun
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu, and Munawar Sholeh. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Chaer, Abdul. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta, 2017.
Chomsky, Noam. Language and Mind. Cambridge University Press, 2019.
Chomsky, Noam. Language and Problem of Knowledge: the Managua Lectures. The MIT Press, MA, 2019.
Chomsky, Noam. Menguak Tabir Terorisme Internasional, Bandung. Mizan, 2018.
Chomsky, NoamSyntactic Structure. Nederland : Mo Utl & Co, 2018.
Dhuha and Hassan. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.
Fitriyani, Risa. Pemerolehan Kalimat Pasif Bahasa Sunda Pada Anak Usia Prasekolah: Studi Kasus pada 4 Anak Pengguna Bahasa Sunda sebagai Bahasa Ibu. Diss. Universitas Pendidikan Indonesia (2016).
Halid. Pemerolehan Semantik Pada Anak Usia Lima Tahun. Inovasi Pendidikan: Jurnal Penelitian 32.3 (2019): 13-18.
Haryadi, Ardi Mulyana. "Kompetensi Thematic Role Anak Autis dalam Memproduksi Kalimat." Caraka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia serta Bahasa Daerah 6.2 (2017): 11.
Impuni. "Pemerolehan Sintaksis Anak Usia Lima Tahun Melalui Penceritaan Kembali Dongeng Nusantara." Jurnal Penelitian Humaniora 13.1 (2012): 30-41.
Nugraha, Oktavian Aditya. "Pemerolehan Bahasa Anak Usia 4 Tahun Kajian Semantik Penyimpangan Tuturan Anak." Kajian Linguistik Dan Sastra 2.2 (2018): 104-110.
Suryanita, Mely Rizki. Thematic Roles pada Penguasaan Kalimat Aktif dan Kalimat Pasif Anak Usia 4 Tahun. Diss. Universitas Pendidikan Indonesia, 2020.
Tarigan, Henry Guntur. Pengajaran Semantik. Bandung: Angkasa, 2022.
Tarigan, Henry Guntur. Psikolinguistik. Bandung: Angkasa, 2020.
Yule, George. Aspects of the Theory of the Syntax. Cambridge: MIT Press, 2010.
DOI: https://doi.org/10.30998/jh.v8i1.2694
Article Metrics
Abstract Views : 91 | PDF Views : 60Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Kampus B Universitas Indraprasta PGRI Jl. Raya Tengah, Kel. Gedong, Pasar Rebo,, Jakarta Timur, Provinsi DKI Jakarta
Phone: +62 (021) 87797409 - 87781300 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.
Hortatori is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.