Kreatif Pesan Kampanye Sosial #NikahkanMaskerVaksin Sebagai Upaya Pengendalian Pandemi Covid 19



Khikmah Susanti(1*), Atiek Nur Hidayati(2),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(2) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pesan kampanye sosial #NikahkanMaskerVaksin yang dilakukan oleh Gerakan Pakai Masker. Gerakan Pakai Masker adalah Komunitas Sosial yang independen yang memiliki perhatian terhadap kesehatan dan ekonomi masyarakat selama Pandemi Covid 19. Kampanye #nikahkanmaskervaksin dilaksanakan di berbagai media massa dan pesan kampanye disesuaikan dengan media-media tersebut. Dalam artikel ini fokus pada pesan kampanye yang disebarkan melalui media sosial Instagram. Pesan Kampanye akan dianalisis berdasarkan spesifikasi kualitas pesan kampanye Charles. K. Atkins dan Ronald E. Rice. Hasilnya pesan kampanye #NikahkanMaskerVaksin memenuhi kredibilitas sumber pesan, gaya dan ide pesan, materi pesan, penafsiran pesan dan motivasi pesan. Dengan berjalannya kampanye sosial #NikahkanMaskerVaksin maka masyarakat akan lebih sadar akan pentingnya penggunaan masker dan melakukan vaksinasi.

Kata Kunci: Kreatif Pesan, Kampanye Sosial, #NikahkanMaskerVaksin, Pandemi Covid 19


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

ADT. (2021). Program Vaksinasi COVID-19 Mulai Dilakukan, Presiden Orang Pertama Penerima Suntikan Vaksin COVID-19. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. http://p2p.kemkes.go.id/program-vaksinasi-covid-19-mulai-dilakukan-presiden-orang-pertama-penerima-suntikan-vaksin-covid-19/

Bri. (2021). Gerakan Pakai Masker ajak masyarakat untuk “Nikahkan Masker & Vaksin.” Brilio.Net. https://www.brilio.net/serius/gerakan-pakai-masker-ajak-masyarakat-untuk-nikahkan-masker-vaksin-2109173.html

Fahmi, N. (2018). Melawan Aksi Terorisme Di Media Sosial: Penggunaan Tagar# Kamitidaktakut Di Twiter. KOMUNIKA, 1(1), 87–106.

Hasiholan, T. P., Pratami, R., & Wahid, U. (2020). Pemanfaatan media sosial tik tok sebagai media kampanye gerakan cuci tangan di indonesia untuk mencegah covid-19. Communiverse: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 70–80.

Letuna, M. A. N. (2021). Instragram sebagai Media Edukasi Vaksin Covid-19 di Indonesia. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 10(1), 88–106.

Mizanie, D., & Irwansyah, I. (2019). Penggunaan Social Network Site (SNS) Instagram Sebagai Media Pemasaran Geriliya Digital. Jurnal Komunikasi, 10(2), 89–98.

Nurfebiaraning, S., & Mutia, L. (2020). Analysis of Audience Response to Public Service Advertisement about Covid-19 in Instagram. 510(Icosaps), 24–30. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201219.004

Prakoso, A. A., & Noprianto, E. (2019). Penggunaan Hashtag Pada Akun Instagram Perpustakaan Universitas Gadjah Mada. Edulib, 9(1), 54–66.

Rica El Chidtian, A. S. C., Nisa, D. A., & Dewi, R. S. (2021). Kampanye Pentingnya Gerakan 5m Di Kawasan Wisata.

Rice, R. E., & Atkin, C. K. (2009). Public communication campaigns: Theoretical principles and practical applications. In Media effects (pp. 452–484). Routledge.

Rice, R. E., & Atkin, C. K. (2012). Public communication campaigns. SAGE publications.

Satuan Tugas Penanganan COVID-19. (2022). Data Sebaran Kasus Covid 19 di Indonesia. https://covid19.go.id/

Suri, A., & Irwansyah, I. (2021). Kampanye Kesehatan Covid 19 Di Media Sosial dalam Perspektif Interaksionisme Simbolik. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 578–587.

Zhong, B. (2021). Social Media Communication: Trends and Theories. John Wiley & Sons.




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v1i2.921

Article Metrics

Abstract Views : 389 | PDF Views : 364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 GANDIWA: Jurnal Komunikasi



Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.