Dampak Pandemi Terhadap Komunikasi Pemasaran Penjual Online Shop di Media Sosial Instagram
Ananda Nurul Fauziyah(1), Annisya Maharani Dewi(2), Nur Aulia Rahman(3), Muhammad Rizki Mukhlis Mubarrok(4), Rayhan Rimosan Kamal Putra(5*),
(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(3) Universitas Telkom
(4) Universitas Telkom
(5) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Burhan, F. A. (2020). Penggunaan WhatsApp dan Instagram Melonjak 40% Selama Pandemi Corona. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/febrinaiskana/digital/5e9a41f84eb85/penggunaan-whatsappdaninstagram-melonjak-40-selama-pandemi-corona
Christin,M., Hidayat, D., & Rachmiatie, A. (2021). Construction of Social Reality for Physical Distancing During the COVID-19 Pandemic. Komunikasi, 13(1), 10–19.
Effendy, O. U. (2000). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In Komunikasi dalam sebuah organisasi.
Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 5, 213– 222.
Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (2021). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(2), 126–131. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4575272
Grant, A. E., & Meadows, J. H. (2018). Communication Technology Update and Fundamentals [16th ed.].
Hadiwinata, K., Mundzir, H., & Muslim, S. (2020). Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran dan Branding Bisnis di Era Pandemi Covid-19. Senabisma, 6(2), 62–68.
Hannah, R., Ortiz-Ospina, E., Beltekian, D., Mathieu, E., Hasell, J., Macdonald, B., Giattino, C., Appel, C., Rodés-Guirao, L., & Roser, M. (2021). Coronavirus Pandemic (COVID19) – the data. https://ourworldindata.org/coronavirus-data
Hohtoulas. (2020). Survei PwC: Pendemi Mengubah Perilaku Konsumen. https://www.pwc.com/id/en/media-centre/pwc-in-news/2020/indonesian/surveipwcpandemi-mengubah-perilaku-konsumen.html
KPCPEN. (2021). Pandemi Dorong Pelaku UMKM Adaptasi Menuju Digitalisasi. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/berita/pandemi-dorong-pelaku-umkmadaptasimenuju-digitalisasi
Ludwianto, B. (2021). Begini Cara Kerja Algoritma Instagram yang Bikin Pengguna Kecanduan. Kumparan. https://kumparan.com/kumparantech/begini-carakerjaalgoritma-instagram-yang-bikin-pengguna-kecanduan-1vuhrJCEa3E/full
Muntazah, A., Novalia, & Emeilia, R. I. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Brand Loyalty pada Perusahaan Travel di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada CV. Khairil Tour & Travel). Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699.
Nasrullah, R. (2016). Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger Di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Mahasiswi Dalam Merias Wajah. Universitas Muhammadiyah Malang, 2008, 7–24. http://eprints.umm.ac.id/40601/3/BAB II.pdf
Nugroho, A. (2020). Teori New Media: Pegertian, Konsep dan Karakteristiknya. Qwords.Com. https://qwords.com/blog/teori-new-media/
Prinada, Y. (2021). Cara Kerja Algoritma Instagram 2021: Tingkat Interest & Following. Tirto.Id. https://tirto.id/cara-kerja-algoritma-instagram-2021-tingkat-interestfollowingf9PG
Rohadian, S. dan Amir, M. T. (2019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram ( Studi kasus : online shop yang menjual produknya sendiri ). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 2(4), 179–186.
Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. K., Romindo, Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=usbSDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5& dq=komunikasi+bisnis&ots=drPnxf10Hm&sig=zsmzHGrOIYZdnsyS74ylgbp889o&red ir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi bisnis&f=true
Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134
Supradono, B., & Hanum, A. N. (2011). Peran Sosial Media untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan pada Layanan E-Commerce. 7(2), 33–45.
DOI: https://doi.org/10.30998/g.v1i2.880
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 GANDIWA: Jurnal Komunikasi
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.