Dampak Pandemi Terhadap Komunikasi Pemasaran Penjual Online Shop di Media Sosial Instagram



Ananda Nurul Fauziyah(1), Annisya Maharani Dewi(2), Nur Aulia Rahman(3), Muhammad Rizki Mukhlis Mubarrok(4), Rayhan Rimosan Kamal Putra(5*),

(1) Universitas Telkom
(2) Universitas Telkom
(3) Universitas Telkom
(4) Universitas Telkom
(5) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author

Abstract


This research is motivated by the changes of marketing communication between online shop sellers and customers in the pandemic era. The discussed issue is the form of marketing communication used by online shop sellers to attract customers especially in the pandemic era. The methods used in this article are literature review and distributing questionnaires to online shop sellers that are using Instagram as their selling platform. The purpose of this study is to analyze the changes of online shop seller marketing communication on selling their products in the pandemic era. Based on the results, it was found there were changes of selling media from offline to online that requires the sellers who sell on Instagram to understand the communication technology of the social media. There are still some shop owners who have not understood the concept of communication technology on social media, for example Instagram algorithm. The communication on Instagram is going smoothly because it’s recorded that most respondents said 63,3% agree, 26,7% very much agree, and 10% disagree. The changes from selling offline to online trigger the changing of communication between sellers and the customers. Online shop owners use the social media platform not only for selling products, but they must give benefits such as interesting contents that are capable of attracting customers to stay and feel comfortable by the services from the online shop owners. Keywords: Marketing communication, Online shop, PandemicABSTRAKKajian ini dilatarbelakangi oleh perubahan bentuk komunikasi pemasaran yang terjadi antara penjual online shop kepada konsumen selama masa pandemi. Masalah yang dibahas adalah bentuk komunikasi pemasaran seperti apa yang digunakan penjual online shop untuk menarik konsumen terutama di masa pandemi. Metode yang digunakan dalam penulisan artikel ini adalah dengan kajian literatur dan penyebaran kuisioner kepada penjual online shop yang menggunakan media sosial Instagram sebagai platform penjualan. Tujuan dari kajian ini adalah untuk menganalisis perubahan perilaku komunikasi pemasaran oleh penjual online shop dalam memasarkan barang dagangannya selama masa pandemi. Berdasarkan hasil kajian, ditemukan bahwa adanya peralihan media penjualan dari offline ke online mengharuskan para penjual selaku pelaku usaha yang berjualan di media sosial Instagram memahami teknologi komunikasi media sosial tersebut. Masih ada beberapa penjual yang belum memahami konsep teknologi komunikasi pada media sosial Instagram, seperti algoritma Instagram. Komunikasi yang dilakukan di media sosial Instagram dapat dikatakan lancar karena tercatat hasil terbanyak adalah 63,3% setuju, 26,7% sangat setuju, dan 10% tidak setuju. Adanya peralihan dari berjualan offline ke online ini menimbulkan terjadinya perubahan komunikasi antara penjual dengan konsumen. Para pedagang online shop tidak hanya sebatas memanfaatkan platform media sosial untuk berjualan saja, tetapi mereka juga harus memberikan manfaat, konten-konten positif dan juga menarik agar para konsumen merasa betah dan nyaman dengan layanan yang diberikan oleh penjual online shop. Kata kunci: Komunikasi pemasaran, Online shop, Pandemi  

Full Text:

PDF

References


Burhan, F. A. (2020). Penggunaan WhatsApp dan Instagram Melonjak 40% Selama Pandemi Corona. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/febrinaiskana/digital/5e9a41f84eb85/penggunaan-whatsappdaninstagram-melonjak-40-selama-pandemi-corona

Christin,M., Hidayat, D., & Rachmiatie, A. (2021). Construction of Social Reality for Physical Distancing During the COVID-19 Pandemic. Komunikasi, 13(1), 10–19.

Effendy, O. U. (2000). Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. In Komunikasi dalam sebuah organisasi.

Fadly, H. D., & Sutama. (2020). Membangun pemasaran online dan digital branding ditengah pandemi covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Management, 5, 213– 222.

Fantini, E., Sofyan, M., & Suryana, A. (2021). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Sarana Promosi Usaha Kecil Menengah Meningkatkan Penjualan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Sosial, 1(2), 126–131. https://doi.org/10.5281/ZENODO.4575272

Grant, A. E., & Meadows, J. H. (2018). Communication Technology Update and Fundamentals [16th ed.].

Hadiwinata, K., Mundzir, H., & Muslim, S. (2020). Analisis Peran Media Sosial Instagram Sebagai Media Pemasaran dan Branding Bisnis di Era Pandemi Covid-19. Senabisma, 6(2), 62–68.

Hannah, R., Ortiz-Ospina, E., Beltekian, D., Mathieu, E., Hasell, J., Macdonald, B., Giattino, C., Appel, C., Rodés-Guirao, L., & Roser, M. (2021). Coronavirus Pandemic (COVID19) – the data. https://ourworldindata.org/coronavirus-data

Hohtoulas. (2020). Survei PwC: Pendemi Mengubah Perilaku Konsumen. https://www.pwc.com/id/en/media-centre/pwc-in-news/2020/indonesian/surveipwcpandemi-mengubah-perilaku-konsumen.html

KPCPEN. (2021). Pandemi Dorong Pelaku UMKM Adaptasi Menuju Digitalisasi. Covid19.Go.Id. https://covid19.go.id/berita/pandemi-dorong-pelaku-umkmadaptasimenuju-digitalisasi

Ludwianto, B. (2021). Begini Cara Kerja Algoritma Instagram yang Bikin Pengguna Kecanduan. Kumparan. https://kumparan.com/kumparantech/begini-carakerjaalgoritma-instagram-yang-bikin-pengguna-kecanduan-1vuhrJCEa3E/full

Muntazah, A., Novalia, & Emeilia, R. I. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Brand Loyalty pada Perusahaan Travel di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus pada CV. Khairil Tour & Travel). Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699.

Nasrullah, R. (2016). Pengaruh Terpaan Video Beauty Vlogger Di Youtube Terhadap Perilaku Imitasi Mahasiswi Dalam Merias Wajah. Universitas Muhammadiyah Malang, 2008, 7–24. http://eprints.umm.ac.id/40601/3/BAB II.pdf

Nugroho, A. (2020). Teori New Media: Pegertian, Konsep dan Karakteristiknya. Qwords.Com. https://qwords.com/blog/teori-new-media/

Prinada, Y. (2021). Cara Kerja Algoritma Instagram 2021: Tingkat Interest & Following. Tirto.Id. https://tirto.id/cara-kerja-algoritma-instagram-2021-tingkat-interestfollowingf9PG

Rohadian, S. dan Amir, M. T. (2019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram ( Studi kasus : online shop yang menjual produknya sendiri ). Journal of Entrepreneurship, Management, and Industry (JEMI), 2(4), 179–186.

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. K., Romindo, Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=usbSDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5& dq=komunikasi+bisnis&ots=drPnxf10Hm&sig=zsmzHGrOIYZdnsyS74ylgbp889o&red ir_esc=y#v=onepage&q=komunikasi bisnis&f=true

Siswanto, T. (2018). Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Liquidity, 2(1), 80–86. https://doi.org/10.32546/lq.v2i1.134

Supradono, B., & Hanum, A. N. (2011). Peran Sosial Media untuk Manajemen Hubungan dengan Pelanggan pada Layanan E-Commerce. 7(2), 33–45.




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v1i2.880

Article Metrics

Abstract Views : 356 | PDF Views : 486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 GANDIWA: Jurnal Komunikasi



Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.