Pengaruh Terpaan Iklan BTS Meal Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Analisis Pada Followers Akun Instagram @7bts.Updates2)



Salsabila Paramitha Yuwana(1*), Nuriyati Samatan(2), Ramitha Hapsari(3),

(1) Universitas Gunadarma
(2) Universitas Gunadarma
(3) Universitas Gunadarma
(*) Corresponding Author

Abstract


Perkembangan teknologi semakin maju dengan adanya sebuah media baru yang muncul saat ini, seperti media sosial Instagram yang menjadi salah satu kebutuhan bagi yang menggunakannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan iklan BTS Meal terhadap keputusan pembelian produk. Responden penelitian ini adalah followers akun Instagram @7bts.updates2 dikarenakan akun Instagram tersebut merupakan salah satu fanbase dari boyband korea BTS. Penelitian ini menggunakan teori uses and effect. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dengan jenis penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai instrument pengumpulan data. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah purposive sampling dan ditentukan dengan rumus Slovin untuk populasi yang sudah diketahui dengan total sampel sebanyak 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh variabel X (Terpaan Iklan) ke Y (Keputusan Pembelian) sebesar 53,4%.

 


Keywords


Instagram;BTS Meal;Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Alalwan, A. A., Rana, N. P., Dwiveidi, Y. K., & Algharabat, R. (2017). Social media in marketing: A review and analysis of the existing literature. Telematics and Informatics, 34(7), 1177–119ab0. https://doi.org/10.1016/j.teilei.2017.05.008

Ambar. 20 Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli. (January 12, 2020). https://pakarkomuinikasi.com/peingeirtian-meidia-sosial-meinuiruit-para-ahli.

Anjarsari, D. F., & Hendriyani, C. T. (2021). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Image, Terpaan Iklan, Dan Lingkungan Sosial Terhadap Keputusan Berlangganan. Universitas Sebelas Maret. http://www.juirnalkommas.com/docs/Juirnal D0216027.pdf

Darma, F. A., & Uitomo, D. M. (2021). Buku Ajar Pengantar Ilmu Komunikasi.

Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Fanatisme Fans K-Pop: Candu dan Bumbu Remaja | kumparan.com. (n.d.). Retrieved December 1, 2021, from https://kumparan.com/kumparankpop/fanatisme-fans-k-pop-candu-danbumbu-remaja/1

Ginting, R. (2021). Etika Komunikasi dalam Media Sosial : Saring Sebelum Sharing. Cireibon: INSANIA.

Hootsuite (we are social) Indonesian Digital Report. Diambil kembali dari https://andi.link/hootsuiite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/.

Ismanto, H., & February, S. (2021). Aplikasi SPSS dan Eviews dalam Analisis Data Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Jessica Apolia Prayogi, Rino Rinaldo, & Silvia Fardiana. (2022). Pengaruh Terpaan Iklan Promosi Shopee “flash Sale” di Televisi dan Brand Image Terhadap Loyalitas Konsumen dalam Menggunakan Aplikasi Shopee. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(2), 32–41. https://doi.org/10.56127/juikim.v1i2.93

Liyono, A. (2022). Pengaruh Brand Image, Electronic Word Of Mouth (Ei-WOM) dan Harga Teirhadap Keipuituisan Peimeilian Produik Air Minuim Galon Crystalline Pada PT. Pancaran Kasih Abadi. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 73–91. https://doi.org/10.32815/juibis.v3i1.1089

Mukarom, Z. (2020). Teori-Teori Komuinikasi. Bandung: Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UN Sunan Gunung Djati Bandung.

Muislim, S. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Brand Ambassador Dan Brand Imagei Idol K-pop Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Perusahaan E-commerce Tokopedia ). 1–12

Okezone, T. (2021, June 11). Berikut Analisis Pakar Advertising UNS Terkait Hebohnya Pembelian BTS Mail. Https://Eiduikasi.okeizonei.com/;Okeizonei.com.https://eiduikasi.okeizonei.com/reiad/2021/06/11/65/2423706/beirikuit-analisispakar-adveirtising-uins-teirkait-heibohnya-peimbeilian-bts-meial

Randy Hermawan Saputra, Warhi Pandapotan Rambe, Mohammad Solihin. "Peingaruih Teirpaan Iklan Youituibei Shopeiei Teirhadap Minat Beili Mahasiswa Ilmui Komuinikasi Uinriyo" , massively: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2022

Rosady, R. (2013). Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. In Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. PT. Raja Grafindo Persada.

Sendari, Anugrah Ayu. Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. January 4, 2020. https://www.lipuitan6.com/teikno/reiad/3906736/instgram-adalahplatformbeirbagi-foto-dan-videio-ini-deireitan-fituir-canggihnya.

Veren, Rachil Vanadya. Pengaruh Iklan pada Social Media Platform Instagram terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Pengikut Sociolla). Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Komunikasi. Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, 2019.

Zahra, R., & Rina, N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Hamidah Rachmayanti Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online Shop MAYOUTFIT Di Kota Bandung. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1). https://doi.org/10.30656/lontar.v6i1.648




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v4i1.2825

Article Metrics

Abstract Views : 63 | PDF Views : 39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Salsabila Paramitha Yuwana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.