Fenomena Minat Hijrah Melalui Media Sosial Instagram (Studi Kasus Pada Followers @Xbank.Indonesia)



Mikke Setiawati(1*),

(1) Universitas Indraprasta PGRI
(*) Corresponding Author

Abstract


Jurnal ini mengangkat fenomena minat hijrah yang terjadi melalui media sosial Instagram, dengan melakukan studi kasus terhadap para followers akun @XBANK.INDONESIA. Penelitian ini bertujuan untuk memahami motivasi dan faktor-faktor minat hijrah di kalangan individu, dengan fokus pada followers akun @XBANK.INDONESIA. Penelitian ini menggunakan teori fenomenologi Alfred Schutz melalui pendekatan kualitatif, informan yang dalam penelitian ini sepuluh orang yaitu  pengurus inti, followers akun @Xbank.indonesia sebagai informan pendukung dan analisis konten dari postingan Instagram untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang pengalaman dan pandangan individu tersebut. Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa konten @XBANK.INDONESIA memiliki peran penting dalam menciptakan kesadaran dan minat hijrah di kalangan followers-nya. Selain itu, penelitian ini juga mengungkapkan berbagai faktor seperti prospek ekonomi, jaringan sosial, dan aspirasi pribadi yang berkontribusi terhadap minat hijrah pengguna Instagram. Dalam penelitian ini, terdapat dua jenis motif yang diidentifikasi, yaitu motif yang berkaitan dengan masa lalu dan motif yang berkaitan dengan masa depan. Penelitian ini juga mengklasifikasikan pengikut Xbank.Indonesia menjadi tiga kelompok berbeda, yaitu pengikut yang sudah mengundurkan diri dari lembaga keuangan konvensional, pengikut yang masih aktif bekerja di lembaga tersebut, juga di luar lembaga keuangan konvensional.


Keywords


Minat hijrah; media sosial; Instagram; Followers@XBANK.INDONESIA

Full Text:

PDF

References


Kuswarno, E. (2009). Fenomenologi, Metode Penelitian Komunikasi konsepsi, pedoman, dan contoh penelitiannya. Bandung: Widya Padjajaran.

Mulyana, D. (2006). Metodologi penelitian kualitatif, paradigma baru ilmu komunikasi dan ilmu sosial lainnya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Musahadah, Z. S., & Triyono, S. (2019). Fenomena Hijraj Di Indonesia Konten Persuasif Dalam Instagram. Jurnal Bahasa, Sastradan Pengajaranya, Volume 12, Nomor 2 Agustus 2019, hlm. 117-127 DOI: 10.26858/retorika.v12i2,7874.

Nuraeni, N., Ramdhani, F., & Trimulato, T. (2022). FENOMENA HIJRAH PEGAWAI BANK PADA KOMUNITAS XBANK DI KOTA MAKASSAR. Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, Desember 2022, Vol.11, No.2: 169-183 https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i2.811.

Nursalikah. (2020). Tajir Tawarkan Pembekalan Dagang Syariah untuk Milenial. Retrieved from https://republika.co.id/berita/q4cxa5366/tajir-tawarkan- pembekalan-dagang-syariah-untuk-milenial

Sari, A. N., & Mahadian, A. B. (2018). Perilaku Komunikasi Pelaku Hijrah (Studi Fenomenologipelaku hijrah dalam Shift Gerakan Pemuda Hijrah di Kota Bandung). Jurnal Linimasa, 1(1), 1-21. DOI: https://doi.org/10.23969/linimasa.v1i1 https://www.jurnal.unpas.ac.id.

Sarwono, S. W. (2006). Psikologi remaja. Jakarta: Grafindo Persada.

Setiawati, M., & Putra, A. M. (2021). Pola Komunikasi Komunitas di Media Sosial Dalam Menciptakan Minat Entepreneur, Studi fenomenologi followers xbank pada instagram. Retrieved from https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/communications/article/view/Communications.4.1.3

We are Social & Hootsuite. (2023). Indonesia Digital Report 2023. Retrieved from https:wearesocial.com/digital-2023 Xbank-Indonesia. (2023). Retrieved from https://www.instagram.com/xbank.indonesia/




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v3i1.1852

Article Metrics

Abstract Views : 244 | PDF Views : 292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Mikke Setiawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.