Pola Komunikasi Guru Bahasa Inggris Dalam Membentuk Konsep Diri Siswa Melalui English Public Speaking



Nicky Wulan Dari(1*), Irmulan Sati Tomoharjo(2),

(1) Universitas Mercubuana
(2) Universitas Mercubuana
(*) Corresponding Author

Abstract


Pola Komunikasi Guru Bahasa Inggris dalam Membentuk Konsep Diri melalui English Public Speaking. Studi ini bertujuan untuk menggambarkan pola komunikasi guru Bahasa Inggris dengan siswa dalam membentuk konsep diri melalui English Public Speaking. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, ditemukan siswa yang masih memiliki kosnsep diri yang rendah, belum percaya diri, takut di dalam berbahasa Inggris. Walaupun memiliki nilai yang bagus belum tentu kemampuan berbahasa inggrisnya baik. Penelitian ini bersifat penelitian kualitatif dengan pendekatan metode deskriptif. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dari sekolah menengah kejuruan dengan Key Informan dan beberapa informan dari masing-masing sekolah, dimana peneliti menemukan secara umum ada kesamaan jawaban secara mendalam. Pembelajaran English Public Speaking masih dianggap menjadi hal sangat menakutkan bagi siswa dalam berbahasa inggris, sehingga dibutuhkan sebuah pola komunikasi yang baik antara guru dengan siswa dalam proses pembelajaran tersebut sehingga terbangun konsep diri yang tinggi pada siswa. Pentingnya kemampuan English Public Speaking bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan adalah dapat meningkatkan kualitas diri siswa dalam berbahasa inggris dan dapat menunjang karir siswa nanti pada saat di terima lapangan pekerjaan. Dengan adanya pola komunikasi guru yang dapat memberikan penguatan konsep diri terhadap siswa melalui English Public Speaking, siswa dapat termotivasi untuk dapat berbicara Bahasa Inggris.


Keywords


Pola komunikasi guru; Konsep diri; English Public Speaking

Full Text:

PDF

References


Ardiyanti, Niken. 2017. Peran Penting Konsep Diri dalam Membentuk Track Record. Jakarta: Salemba Humanika.

Berlo, David K. 1960. The Process of Communication: An Introduction to Theory and Practice. Holt, Rinehart and Winston, New York.

Devito, Joseph A. 2015.Essential Elements of Public Speaking. New York.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam keluarga. Jakarta: PT. Reneka Cipta.

McQuail, Denis. 2011. Teori Komunikasi Massa McQuail, Edisi 6 Buku 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Morrisan dan Wardhany, Andy Corry. 2009. Teori Komunikasi Tentang Komunikator, Pesan, Percakapan dan Hubungan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mulyana, Deddy. 2012. Ilmu Komunikasi (Suatu Pengantar). Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Murwani, Arita. 2008. Pengantar Konsep Dasar Keperwatan. Yogyakarta: Fitramaya.

Pambudi, P.S. & Wijayanti D.Y. 2012. Hubungan Konsep Diri dengan Prestasi Akademik pada Mahasiswa Keperawatan. Jurnal Nursing Studies.

Soenarto, 2006, Metode Penelitian Komunikasi Kontemporer. CV Andi Yogyakarta




DOI: https://doi.org/10.30998/g.v2i2.1187

Article Metrics

Abstract Views : 428 | PDF Views : 437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nicky Wulan Dari, Irmulan Sati Tomoharjo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM


View Gandiwa Jurnal Komunikasi Stats

 

Creative Commons License

Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.