Komunikasi Efektif Dalam Membangun Strategi Customer Relationship Management
Fadiyah Zahra(1*), Iwan Sukoco(2), Lina Auliana(3), Cecep Barkah(4),
(1) Universitas Padjadjaran
(2) Universitas Padjadjaran
(3) Universitas Padjadjaran
(4) Universitas Padjadjaran
(*) Corresponding Author
Abstract
Komunikasi adalah hal penting yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, begitupun saat manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Perkembangan dunia bisnis dalam globalisasi ekonomi mebuat perusahaan takut akan konsumennya berpindah kepada perusahaan lainnya. Saat ini, dengan penyebaran informasi yang cepat, para konsumen lebih cepat berpindah ke merek produk atau jasa lainnya. Dalam perusahaan perlu adanya komunikasi antar elemen perusahaan dan juga konsumen perusahaan. Komunikasi tersebut dapat dilakukan dengan strategi customer relationship management yang bertujuan untuk membangun dan menjalin hubungan antara perusahaan dan konsumen. Kunci dari kesuksesan perusahaan adalah komunikasi yang baik antar internal perusahaan dan juga komunikasi dengan eksternal perusahaan agar pesan yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik dan dapat menggapai tujuan perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran komunikasi efektif dalam membangun strategi customer relationship magamenent. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode literatur review dengan cara mengumpulkan, membaca, memahami, dan menganalisis artikel jurnal yang berhubungan dengan penelitian ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asriadi. (2020). Komunikasi Efektif Dalam Organisasi. Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam, 36-49.
Ary Mulyani Putri, P. R. (2019). Strategi Komunikasi Bisnis Dalam Meningkatkan Kepuasan Tenant . Journal of Creative Communication, 1-17.
Claudia Trenggono, C. (2020). Analisis Strategis Customer Relationship Management oleh BMW Astra International Serpong dalam Menciptakan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus: Joy Experience untuk Membership BMW Astra International Serpong). Universitas Multimedia Nusantara.
Dinanti Nanda Pertiwi Siregar, W. C. (2020). Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Loyalitas Pengguna Irian Card (I-Card) Pada Irian Dept Store & Supermarket Medan Marelan. Jurnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer), 17-23.
Dodi Ngelyaratan, D. S. (2022). Customer Relationship Management(CRM) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry: A Literature Review. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 1-18.
Hartiwi Agustina, M. J. (2019). Pengaruh Karakteristik Individu, Komunikasi Efektif Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada PT Tambang Batubara Bukit Asam). Jurnal Ilmiah Manajemen, 33-40.
Jihan Afizha, A. K. (2021). Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jakarta II. Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi (JRMDK), 111-125.
Muhammad Alfarizi, A. N. (2019). Komunikasi Efektif Interprofesi Kesehatan Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit. Ettisal. Journal of Communication, 152-161.
Paramitha, A. (2020). Komunikasi Efektif Komunitas Rumah Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Pada Anak-Anak Di Dusun Kanoman. COMMICAST, 1-5.
Rajhans, K. (2018). Effective Communication Management: A Key to Stakeholder Relationship Management in Project-Based Organizations. The IUP Journal of Soft Skills, 48-64.
Sugiono, S. (2020). Strategi Komunikasi Membangun Customer Relationship Pada Inkubator Bisnis Puspiptek. ETTISAL: Journal of Communication, 292-306.
Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan Mahasiswa . Lectura: Jurnal Pendidikan, 1-8.
Suprapto, H. A. (2018). Pengaruh Komunikasi Efektif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Nasional UMP, 13-23.
Wibowo Soedjono, F. L. (2018). Analisis Kegiatan Customer Relationship Management Melalui Membership Card Untuk Meningkatkan Loyalitas Konsumen: Studi Kasus Pada Sogo Premier Card. EXPOSE – Jurnal Ilmu Komunikasi, 123-133.
Wisman, Y. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. JURNAL NOMOSLEC
DOI: https://doi.org/10.30998/g.v2i1.1074
Article Metrics
![](https://i.imgur.com/ByiOTCG.png)
![](https://i.imgur.com/7rHZuOo.png)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Fadiyah Zahra, Iwan Sukoco, Lina Auliana, Cecep Barkah
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Editorial Office:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM)
Universitas Indraprasta PGRI
Address: Campus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530
Phone: (021) 7818718 – 78835283 ext. 123 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hour: 09.00 AM – 08.00 PM
Gandiwa Jurnal Komunikasi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.