Integrasi Ilmu Pendidikan Islam dan Psikologi Pendidikan dalam Membentuk Karakter dan Kecerdasan Spritual Siswa
Muhammad Aldi(1*), Retisfa Khairanis(2),
(1) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(2) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi Ilmu Pendidikan Islam dan Psikologi Pendidikan dalam membentuk karakter dan kecerdasan spiritual peserta didik. Fokus penelitian adalah menggali pendekatan holistik yang memadukan nilai-nilai Islam dengan prinsip psikologi modern untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi literatur dan wawancara mendalam terhadap pendidik dan pakar di bidang pendidikan Islam dan psikologi. Data dianalisis menggunakan metode analisis tematik untuk mengidentifikasi pola dan hubungan antara kedua disiplin ilmu tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi ini memberikan landasan yang kokoh untuk pembentukan karakter berbasis nilai-nilai Islam sekaligus memperhatikan aspek psikologi perkembangan anak. Strategi integrasi yang efektif mencakup penggunaan metode pendidikan Islami yang selaras dengan teori motivasi, perkembangan emosi, dan pembelajaran kognitif dari psikologi pendidikan. Penelitian ini juga menemukan bahwa pemahaman mendalam tentang Psikologi Pendidikan membantu pendidik Islam dalam menyampaikan materi pembelajaran secara lebih relevan dan efisien. Implikasi dari penelitian ini adalah pengembangan kurikulum pendidikan yang lebih integratif dan inklusif, yang tidak hanya berfokus pada pencapaian akademik tetapi juga membangun kecerdasan spiritual dan sosial peserta didik. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan baru bagi pengembangan pedagogi Islami modern yang dapat diterapkan secara praktis di berbagai jenjang pendidikan, serta menjadi dasar untuk studi lebih lanjut di bidang integrasi ilmu pendidikan dan psikologi.
Full Text:
PDFReferences
Aldi, M. (2024a). INNOVATIVE TECHNOLOGY-BASED TEACHING METHODS IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN PADANG CITY: SHAPING THE GOLDEN GENERATION. As-Sulthan Journal of Education, 1(2), 239–252.
Aldi, M. (2024b). Peran Pidato Islam dalam Penguatan Pendidikan Agama Islam: Membangun Karakter Generasi Berakhlak Mulia. Jurnal Ragam Pengabdian, 1(3), 293–303.
Aldi, M., & Khairanis, R. (2024). Implication of Didikan Shubuh Program: An Analytical Study of MDTA Masjid Nurul Hidayah Pagambiran Padang City. QOUBA: Jurnal Pendidikan, 1(2), 271–279.
Ardiansyah, A., & Iskandar, I. (n.d.). Contribution Of Educational Psychology To The Development Of The Islamic Education Curriculum. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 100–110.
Hadi, A., Anim, S., & Yasin, H. (2024). Integration of islamic principles and modern educational theories in islamic education. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 16(2), 1385–1398.
Hasan, K. (2023). THE FOUR PILLARS OF EDUCATION BY UNESCO AND THE METAVERSE: REPOSITIONING ISLAMIC EDUCATION. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu KeIslaman, 85–105.
Hollstein, B. (2011). Qualitative approaches. The SAGE Handbook of Social Network Analysis, 404–416.
Isohätälä, J. (2020). The interplay of cognitive and socio-emotional processes in social interaction: Process-oriented analyses of collaborative learning.
Khomsi, K., Bouzghiba, H., Mendyl, A., Al-Delaimy, A. K., Dahri, A., Saad-Hussein, A., Balaw, G., El Marouani, I., Sekmoudi, I., & Adarbaz, M. (2024). Bridging research-policy gaps: An integrated approach. Environmental Epidemiology, 8(1), e281.
Lindström, N. (2024). Controversial issues in social study subjects: Conveying values and facilitating critical thinking. Ethics and Education, 1–19.
Niyazova, G. B., Utemov, V. V., Savina, T. N., Karavanova, L. Z., Karnaukh, I. S., Zakharova, V. L., & Galimova, E. G. (2022). Classification of open mathematical problems and their role in academic achievement and motivation of students. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(8), em2143.
Walker, R. A., & Debus, R. L. (2002). Educational psychology: Advances in learning, cognition and motivation. Change (Sydney, NSW), 5(1), 1–25.
Warsah, I., Morganna, R., Warsah, B. A. A., & Warsah, B. H. H. (2024a). Applying Positive Psychology Principles in Islamic Education: A Conceptual Review. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 87–118.
Warsah, I., Morganna, R., Warsah, B. A. A., & Warsah, B. H. H. (2024b). Islamic Psychology-Based Educational Strategies For Student Character Development. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 9(2), 305–354.
Warsah, I., Morganna, R., Warsah, B. A. A., & Warsah, B. H. H. (2024c). Islamic Psychology-Based Educational Strategies For Student Character Development. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 9(2), 305–354.
Warsah, I., Morganna, R., Warsah, B. A. A., & Warsah, B. H. H. (2024d). Islamic Psychology-Based Educational Strategies For Student Character Development. AJIS: Academic Journal of Islamic Studies, 9(2), 305–354.
Yanmei, Z., Muhamad, M. M., Mustakim, S. S., Wenling, L., & Xuanyi, W. (2023). Analyzing the Comparison and Integration of the Holistic Education Approach with Liberal, Specialized, and Quality Educational Modes. International Journal of Academic Reserach in Economics and Management Sciences, 12(4).
Article Metrics
Abstract Views : 11 | PDF Views : 13Refbacks
- There are currently no refbacks.
Akhlak: Journal of Education Behavior and Religious Ethics indexed by:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.
View My Statis