Pengaruh Pendidikan Life Skill dan Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Santri Pondok Pesantren Murottal Tahfidz dan Entrepreneurship Depok



Deden Fajar Badruzzaman(1*), Muhammad Arifin(2), Syahril Syahril(3),

(1) Universitas Islam Depok Jawa Barat
(2) Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
(3) Universitas Islam Depok
(*) Corresponding Author

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Menganalisis pengaruh signifikan pendidikan kecakapan hidup terhadap kemandirian santri di Pondok Murottal Depok, (2) Menganalisis pengaruh signifikan pendidikan kewirausahaan terhadap kemandirian santri di Pondok Murottal Depok, (3) Menganalisis pengaruh signifikan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dan kewirausahaan terhadap kemandirian santri di Pondok Murottal Depok secara simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian: (1) Pendidikan kecakapan hidup secara parsial berpengaruh secara signifikan terhadap kemandirian santri di Pondok Murottal Depok Pendidikan kecakapan hidup mampu meningkatkan variabel kemandirian santri sebesar 46,6%. Sedangkan sisanya sebesar 53,4% ditentukan variabel lain. (2) Pendidikan kewirausahaan secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kemandirian santri. Pendidikan kewirausahaan mampu meningkatkan nilai variabel motivasi berwirausaha sebesar 34,9%. Sedangkan sisanya sebesar 65,1% ditentukan oleh variabel lain. (3) pendidikan kecakapan hidup dan kewirausahaan berpengaruh positif signifikan secara simultan/bersama-sama terhadap kemandirian santri di Pondok Pesantren Murottal Depok


Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. K., & Ma’rifataini, L. (2022). Pendidikan Life Skill di Madrasah Aliyah. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 20(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v20i2.1252

Anggriani, S., & Jumrah. (2022). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Fisika. Al-Irsyad Journal of Physics Education, 1(1). https://doi.org/10.58917/ijpe.v1i1.10

Buntoro, F., & Shobaruddin, D. (2023). Dampak Keberadaan Pondok Pesantren terhadap Perkembangan Masyarakat di Dusun. Nuansa, 16(1). https://doi.org/10.29300/njsik.v16i1.11255

Chairoel, L., Hastini, L. Y., & Fitri, M. E. Y. (2023). Evaluasi Pemahaman Tentang Kewirausahaan Studi Kasus Mahasiswa Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 25(2). https://doi.org/10.47233/jebd.v25i2.1000

Hidayat, A., Hanif, A., & Bustamam, R. (2022). Pendidikan Life Skill Santri di Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan Pakandangan. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2). https://doi.org/10.31958/atjpi.v3i2.7472

Julhadi, J. (2019). PONDOK PESANTREN: Ciri Khas, Perkembangan, dan Sistem Pendidikannya. Mau’izhah, 9(2). https://doi.org/10.55936/mauizhah.v9i2.26

Muttaqin, M. N. S., Malik, F. A., & Fikri, A. K. (2022). Strategi Pendidikan Life Skill Di Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. JoEMS (Journal of Education and Management Studies), 5(2). https://doi.org/10.32764/joems.v5i2.694

Permadhy, Y. T., & Sugianto. (2020). Faktor Penyebab Pengangguran Dan Strategi Penanganan Permasalahan Pengangguran Pada Desa Bojongcae, Cibadak Lebak Provinsi Banten. IKRA-ITH Ekonomika, 2(3).

Setyoningrum, A. A. D., Nindita, K., Sirait, E., & Herdawan, D. (2023). Model Pendidikan Kewirausahaan yang Ideal untuk Menumbuhkan Entreprenuer Muda. JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 8(1). https://doi.org/10.32503/jmk.v8i1.3167

Sugiyono. (2018). Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Prof. Dr. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract Views : 9 | PDF Views : 5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Akhlak: Journal of Education Behavior and Religious Ethics indexed by:



 


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.

 


View My Statis
Flag Counter